Pengaruh Model Siklus Belajar Berbasis Media KAKLI (Kartu Kuartet Literasi) Pada Materi Atmosfer Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6805Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mencari perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan perlakuan model siklus belajar berbasis media KAKLI (kartu kuartet literasi) pada materi atmosfer dengan siswa yang hanya mendapat perlakuan dengan pembelajaran ceramah di SDN 56 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sample penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setiap kelas akan diberikan pretest sebelum diberikan perlakuan dan mendapatkan posttest setelah mendapatkan perlakuan penggunaan model siklus belajar berbasis media KAKLI (kartu kuartet literasi) pada materi atmosfer. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa terdapat pengaruh model siklus belajar berbasis media KAKLI (kartu kuartet literasi) pada materi atmosfer terhadap hasil belajar siswa di SDN 56 Pekanbaru dengan nilai signifikasi yaitu 0,000 < 0,05 dengan rata-rata kelas eksperimen memperoleh rata-rata pretest 51,8 dan rata-rata posttest 85,8 sedangkan kelas kontrol mendapatkan rata-rata pretest 46,0 dan rata-rata posttest 57,0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model siklus belajar berbasis media KAKLI (kartu kuartet literasi) pada materi atmosfer terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol.Downloads
Published
2022-09-13
How to Cite
Hasanah, A., Putra, M. J. A. ., & Fendrik, M. . (2022). Pengaruh Model Siklus Belajar Berbasis Media KAKLI (Kartu Kuartet Literasi) Pada Materi Atmosfer Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1523–1531. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6805
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Atikah Hasanah, M. Jaya Adi Putra, Muhammad Fendrik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).