Analisis Keterbacaan Buku Teks Siswa Kelas IV Pada Tema I Dengan Menggunakan Grafik Fry

Authors

  • Putri Hana Pebriana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1340

Keywords:

Grafik Fry, Kurikulum 2013, Buku Siswa,

Abstract

Salah satu ciri buku teks yang baik dapat dianalisis dari penggunaan strukturnya dan simbol-simbol kebahasaan. Artinya segala informasi yang ada dalam buku teks akan mudah dipahami isinya karena kemudahan pembaca atau siswa dalam membaca. Dengan kata lain, buku teks yang baik apabila memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi (wacana yang mudah dipahami). Wacana harus memenuhi aspek-aspek keterbacaan. Hal ini perlu diperhatikan karena wacana merupakan percakapan antara pembaca dan penulis. Salah satu cara mengukur keterbacaan pada buku teks dapat dilakukan dengan menggunakan grafik fry. Data yang dijadikan sumber pada penelitian ini berupa teks yang terdapat pada buku model Bahasa Indonesia Tematik Kurikulum 2013 Kelas IV tema 1 Sekolah Dasar. Berdasarkan dari hasil analisis grafik fry bahwa tingkat keterbacaan yang sesuai dengan kelas IV dari 15 teks hanya 2 teks saja yang cocok ataupun sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia SD yaitu pada teks dengan judul Mozaik kreasi bersama dan Si hijau dari sumatera selatan.

References

Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta

Echols, John M and Hassan Shadily. 2000. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Hadari Nawawi & Mimi Martini. 1994. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajahmada University.

Harjasujana dkk. 1997. Membaca 2. Modul Universitas Terbuka. Jakarta: Depdikbud

Ibnu, Mukhadis, S. Dan Dasna, I,W. 2003. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Klare, G.R. 1984. Readability Handbook of reading research. New York: Longman Inc

Muchlisoh, dkk. 1996. Pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta: UT

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Muslich, Masnur. 2010. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Nurlalili. 2011. Pengukuran Tingkat Keterbacaan Wacana dalam LKS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4-6 dan Keterampilannya. 1,167

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyatinah. 2001. Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas II. Yogyakarta

Tarigan, H.G. 1989. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa

Tarigan, H.G. 2008. Membaca. Bandung:Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa

Downloads

Published

2021-02-02

How to Cite

Pebriana, P. H. (2021). Analisis Keterbacaan Buku Teks Siswa Kelas IV Pada Tema I Dengan Menggunakan Grafik Fry. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 28–35. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1340

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)