Analisis Keterbacaan Buku Teks Siswa Kelas IV Pada Tema I Dengan Menggunakan Grafik Fry
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1340Keywords:
Grafik Fry, Kurikulum 2013, Buku Siswa,Abstract
Salah satu ciri buku teks yang baik dapat dianalisis dari penggunaan strukturnya dan simbol-simbol kebahasaan. Artinya segala informasi yang ada dalam buku teks akan mudah dipahami isinya karena kemudahan pembaca atau siswa dalam membaca. Dengan kata lain, buku teks yang baik apabila memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi (wacana yang mudah dipahami). Wacana harus memenuhi aspek-aspek keterbacaan. Hal ini perlu diperhatikan karena wacana merupakan percakapan antara pembaca dan penulis. Salah satu cara mengukur keterbacaan pada buku teks dapat dilakukan dengan menggunakan grafik fry. Data yang dijadikan sumber pada penelitian ini berupa teks yang terdapat pada buku model Bahasa Indonesia Tematik Kurikulum 2013 Kelas IV tema 1 Sekolah Dasar. Berdasarkan dari hasil analisis grafik fry bahwa tingkat keterbacaan yang sesuai dengan kelas IV dari 15 teks hanya 2 teks saja yang cocok ataupun sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia SD yaitu pada teks dengan judul Mozaik kreasi bersama dan Si hijau dari sumatera selatan.References
Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta
Echols, John M and Hassan Shadily. 2000. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Hadari Nawawi & Mimi Martini. 1994. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajahmada University.
Harjasujana dkk. 1997. Membaca 2. Modul Universitas Terbuka. Jakarta: Depdikbud
Ibnu, Mukhadis, S. Dan Dasna, I,W. 2003. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.
Klare, G.R. 1984. Readability Handbook of reading research. New York: Longman Inc
Muchlisoh, dkk. 1996. Pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta: UT
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Muslich, Masnur. 2010. Fonologi Bahasa Indonesia Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Nurlalili. 2011. Pengukuran Tingkat Keterbacaan Wacana dalam LKS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4-6 dan Keterampilannya. 1,167
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suyatinah. 2001. Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas II. Yogyakarta
Tarigan, H.G. 1989. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa
Tarigan, H.G. 2008. Membaca. Bandung:Angkasa
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa