Pelatihan Membaca Kritis Untuk Mahasiswa PGSD Semester 1 Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11743Abstract
Membaca adalah aktivitas yang melibatkan kemampuan pikiran dan melatih kemampuan berpikir logis. Melalui membaca, diharapkan mahasiswa dapat menggali informasi atau pesan yang terkandung di dalam bahan tulisan. Semakin banyak kita membaca, maka semakin banyak pula informasi yang kita peroleh. Permasalahannya adalah membaca merupakan kegiatan yang sulit dilakukan dan membosankan, banyak orang suka membaca tetapi sulit memahami isi bacaan. Hal yang sama juga terjadi pada mahasiswa PGSD semester 1 Universitas Pahlawan. Ketika mereka kurang menyadari bahwa keterampilan membaca sangat penting dalam menunjang prestasi belajar. Mereka membaca ketika diberi tugas oleh dosen dan ketika mereka berdiskusi. Sehingga permasalahan ini membutuhkan solusi yaitu dengan melaksanakan pelatihan terkait membaca kritis. Sebagai hasilnya, pelatihan teknik membaca scanning dan skimming diberikan dengan format webinar singkat yang diikuti oleh teknisi pelayanan darah dari seluruh Indonesia. Acara ini dihadiri oleh 32 mahasiswa PGSD Semester 1 Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Kegiatan dilakukan dengan memberikan ceramah singkat diikuti diskusi dan tanya jawab. Dari hasil pengamatan yang dilakukan, peserta memiliki minat dan ketertarikan terhadap kegiatan ini. Diskusi interaktif terjadi pada dua sesi, yaitu sesi saat presentasi setelah satu topik selesai. Diskusi kedua terjadi saat sesi tanya jawab.Downloads
Published
2023-01-18
How to Cite
Pebriana, P. H. ., & Mulyani, E. A. . (2023). Pelatihan Membaca Kritis Untuk Mahasiswa PGSD Semester 1 Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4796–4800. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11743
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Putri Hana Pebriana, Eva Astuti Mulyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).