Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12631Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). CTL adalah salah satu strategi pembelajaran yang menekankan siswa kepada prospek keterlibatan secara penuh menghubungkan materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas V SDN 003 Suka Ramai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 003 Suka Ramai tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Peneitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan menulis karangan narasi siswa pra siklus sebesar 63, 88. Setelah guru menerapkan pendekatan CTL, nilai rata-rata siswa pada siklus I meningkat menjadi 69 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,28. Pada pra siklus siswa yang tuntas belajar sebanyak 9 siswa, siklus I sebanyak 14 siswa dan siklus II sebanyak 22 siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 003 Suka Ramai.Downloads
Published
2022-02-28
How to Cite
Usman, A. ., Nurmalina, N., Daulay, M. I., & Daulay, . M. I. . (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 706–711. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12631
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Andi Usman, Nurmalina, Musnar Indra Daulay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).