PEMBERDAYAAN PELAKU UMKM DESA SEI MUKA MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN USAHA, DIGITAL MARKETING, DAN BRANDING PRODUK

Authors

  • Dailami Dailami Universitas Asahan
  • Helmina Simanjuntak Universitas Asahan
  • Syamsinah Sirait Universitas Asahan
  • Saria Sinaga Universitas Asahan
  • Nur Fiqi Ahlansyah Universitas Asahan
  • Alsyadea Alsyadea Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i6.53448

Keywords:

Manajemen Usaha, Digital Marketing, Branding Produk, UMKM, Pemberdayaan Masyarakat

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Sei Muka, Kecamatan Datuk Tanah Datar dalam mengelola usaha secara efektif melalui pelatihan manajemen usaha, pemasaran digital, dan strategi branding produk. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, pelatihan, dan praktik langsung dengan pendekatan komunikasi informatif dan persuasif. Kegiatan dilaksanakan pada 29 September 2025 di Aula Balai Desa Sei Muka dengan melibatkan 22 peserta yang terdiri dari 17 orang Tim Penggerak PKK dan 5 orang pelaku UMKM. Materi pelatihan mencakup pengenalan jiwa wirausaha, tantangan UMKM tradisional, strategi content marketing, branding produk, dan diskusi permasalahan UMKM lokal. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang pentingnya pemanfaatan internet dan media sosial untuk promosi, pentingnya digital marketing dan branding produk, serta strategi meningkatkan penjualan. Program ini memberikan kontribusi nyata dalam pemberdayaan UMKM agar lebih profesional, berdaya saing, dan berkelanjutan di era digital.

References

Alma, B. (2018). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Handoko, T. H. (2019). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Keller, K. L. (2013). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity (4th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Kuncoro, M. (2020). Manajemen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, F. (2016). Business plan: Teknik membuat perencanaan bisnis dan analisis kasus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Terry, G. R. (2010). Prinsip-prinsip manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-12-10

How to Cite

Dailami, D., Simanjuntak, H., Sirait, S., Sinaga, S., Ahlansyah, N. F., & Alsyadea, A. (2025). PEMBERDAYAAN PELAKU UMKM DESA SEI MUKA MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN USAHA, DIGITAL MARKETING, DAN BRANDING PRODUK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(6), 5972–5976. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i6.53448

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.