PENDAMPINGAN SUMBER DAYA MANUSIA USAHA KULINER DALAM REBRANDING DAN PENYUSUNAN MENU DAN HARGA UNTUK OPTIMALISASI DAYA TARIK KONSUMEN

Authors

  • Adimas Bara Alfansa Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Zandra Dwanita Widodo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Muhammad Tio Wilian Assidiq Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rayana Muhammad Hasan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Muhammad Ikhsan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Retnoning Ambarwati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Muhammad Faiz Hardiansyah Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Muhammad Sultan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Dwinanda Ripta Ramadhan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • FA Luky Primantari Universitas Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49487

Keywords:

Pendampingan Sumber Daya Manusia Usaha Kuliner dalam Rebranding dan Penyusunan Menu dan Harga untuk Optimalisasi Daya Tarik Konsumen, Daya Tarik Konsumen, Sumber Daya Manusia, Usaha Kuliner, Rebranding dan Penyusunan Menu dan Harga

Abstract

Usaha mikro di bidang kuliner tradisional sering menghadapi tantangan dalam menarik minat konsumen karena kurangnya perhatian terhadap visual branding dan penyajian informasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membantu pemilik warung soto dan sayur meningkatkan daya tarik usahanya melalui strategi rebranding dan penyusunan daftar menu dan harga yang informatif dan menarik. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dan edukatif, yang mencakup observasi, diskusi perancangan, implementasi rebranding, serta pelatihan singkat kepada pemilik usaha. Hasil kegiatan menu dan harga menunjukkan peningkatan signifikan dalam daya tarik visual warung melalui pemasangan banner baru dan penyediaan daftar menu dan harga yang terstruktur. Respon positif dari pemilik usaha dan pelanggan mengindikasikan adanya peningkatan kesadaran terhadap pentingnya branding serta pertumbuhan dalam jumlah pelanggan dan pendapatan harian. Kesimpulannya, pendekatan visual dan informasional yang tepat terbukti efektif dalam mendorong peningkatan performa usaha kecil, serta memberikan pembelajaran praktis dalam penerapan ilmu kewirausahaan di masyarakat.

References

Ananditya W, P., Angga S, R., Farhan N, A., Eko J, A., Nisa, K., Rizky K, T., Widodo, Z. D., Saifuddin, Karsono, D., Luky Primantari, F. A., & Kusumawati, E. D. (2024). PENDAMPINGAN BRANDING DAN EDUKASI SUMBER DAYA MANUSIA KEWIRAUSAHAAN BAGI PELAKU UMKM. TUNAS MEMBANGUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 22–28. https://doi.org/https://doi.org/10.36728/tm.v4i2.4491

Arifa, I., Ahmad Choiri, Wahyu Wibowo, Aminuddin, A., & Nur Azizah Panggabean. (2025). Peran UMKM dalam Meningkatkan Perekonomian Nasional. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 4(4), 5376–5385. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i4.9530

Haris, M., & Lestari, D. I. T. (2023). REBRANDING DAN UPAYA PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN. Solusi, 21(1), 30–39. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6125

Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). VISUAL BRANDING PRODUK BELIMBING OLAHAN UMKM DEPOK MELALUI DESAIN LOGO. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 3(02), 199. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548

Megaputri, S. D., Andriyanto, & Prastiwinarti, W. (2023). Desain Identitas Visual Sebagai Media Branding UMKM Foodey’s. Jurnal Katamata, 1(1), 30–38. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/jkm/article/view/6403

Nuriyanti, W., & Maya, S. (2018). Pengaruh Desain Daftar Menu dan harga Terhadap Keputusan Pembelian. Sosio e-kons, 9(3), 216. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v9i3.1544

Purnamasari, K. P., Deta, R. R. P., Fernandes, P., & Prawiromaruto, I. G. (2024). Perancangan Logo sebagai Bagian dari Brand Identity UMKM “Laris Rest Area” dengan Pendekatan Semiotika. Nirmana, 24(1), 48–59. https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.48-59

Suci Ramadani, Dilla Amelia Ramadhani, Muhammad Ikrom, & Lokot Muda Harahap. (2025). Peran Strategis UMKM dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 4(1), 158–166. https://doi.org/10.58192/ebismen.v4i1.3183

Widodo, Z. D., Maryanti, I. E., Harsono, M., Darmaningrum, K., Adiyani, R., & Wijiastuti, S. (2022). PENDAMPINGAN DIGITALISASI KEWIRAUSAHAAN UMKM TERDAMPAK COVID-19. PRIMA : PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(3), 51–58. https://doi.org/10.55047/prima.v1i3.198

Widodo, Z. D., Wijiastuti, S., Adiyani, R., Sumarto, L., Alhusin, S., & Ramadhan, D. R. (2024). EDUKASI, PENDAMPINGAN, DAN OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA KEWIRAUSAHAAN EKONOMI KREATIF KOMUNITAS GEN-Z. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 264–267.

Widodo, Z. D., Wijiastuti, S., Handoko, T., Al Husin, S., Vanesa, P. R., & Rahmadani, N. (2024). Sosialisasi Kewirausahaan untuk Mengembangkan Potensi Ibu Rumah Tangga Mandiri dalam Ekonomi Kreatif. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 94–98. https://doi.org/10.36728/ganesha.v4i1.3159

Widodo, Z. D., Zaelani, A., Wijiastuti, S., Adiyani, R., Alhusin, S., & Choiri, D. U. (2023). PELATIHAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DALAM MENINGKATKANKUALITAS (SDM) PADA INDUSTRI KREATIF CETAK SARING SABLON MANUAL. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 137–142. https://doi.org/10.36728/ganesha.v3i2.2586

Zetira, N. A., Gusti, D. T., & Kurnia, D. W. (2025). PENGUATAN IDENTITAS VISUAL UMKM “SANDWICH YUSUF” MELALUI PERANCANGAN LOGO DAN MEDIA PROMOSI VISUAL. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 9(4), 1–10. https://doi.org/10.2238/66nmh362

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Alfansa, A. B., Widodo, Z. D., Assidiq, M. T. W., Hasan, R. M., Ikhsan, M., Ambarwati, R., … Primantari, F. L. (2025). PENDAMPINGAN SUMBER DAYA MANUSIA USAHA KULINER DALAM REBRANDING DAN PENYUSUNAN MENU DAN HARGA UNTUK OPTIMALISASI DAYA TARIK KONSUMEN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5224–5229. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.49487

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.