MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN PSIKOSOSIAL GURU PAUD MELALUI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i6.52908Keywords:
Digitalisasi Pendidikan, PAUD, Psikologi Perkembangan Anak, Sistem Informasi Manajemen SekolahAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran strategis dalam membentuk fondasi perkembangan anak, namun banyak lembaga PAUD di wilayah pedesaan masih menghadapi keterbatasan sarana manajemen dan literasi digital. Kondisi tersebut ditemukan di Kober Bhakti Sasama, Desa Guranteng, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, di mana seluruh proses administrasi dilakukan secara manual dan guru belum memiliki keterampilan untuk memantau perkembangan psikososial anak secara terstruktur. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kapasitas kelembagaan melalui pengembangan dan implementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah berbasis web yang dilengkapi modul observasi psikososial anak. Metode pelaksanaan meliputi lima tahapan utama: sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi, serta keberlanjutan program. Pada kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini telah dilakukan koordinasi, pengumpulan dan analisis kebutuhan, demonstrasi sistem, hosting, pengujian internal, User Acceptance Test, serta pembuatan poster dan video dokumentasi. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan signifikan pada efisiensi administrasi sekolah, kemandirian guru dalam mengelola data digital, dan keterlibatan orang tua melalui laporan perkembangan anak yang lebih komprehensif. Program ini membuktikan bahwa integrasi teknologi informasi dan pendekatan psikologi perkembangan anak dapat menjadi model pemberdayaan masyarakat yang efektif untuk meningkatkan kualitas layanan PAUD di wilayah pedesaan.References
Anand, G., Atluri, A., Crawfurd, L., Pugatch, T., & Sheth, K. (2023). Improving school management in low and middle income countries: A systematic review. Economics of Education Review, 97, 102464. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2023.102464
Chen, J. J., & Rivera-Vernazza, D. E. (2023). Communicating Digitally: Building Preschool Teacher-Parent Partnerships Via Digital Technologies During COVID-19. Early Childhood Education Journal, 51(7), 1189–1203. https://doi.org/10.1007/s10643-022-01366-7
Erdreich, L. (2021). Managing Parent Capital: Parent-Teacher Digital Communication Among Early Childhood Educators. Italian Journal of Sociology of Education, 13(02/2021), 135–159. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2021-1-6
Gladh, M., Allodi, M. W., Siljehag, E., & Odom, S. L. (2022). Social validity and psychometric properties of Teacher Impression Scale – A pilot study. European Journal of Special Needs Education, 37(3), 461–476. https://doi.org/10.1080/08856257.2021.1894401
Luo, W., Berson, I. R., Berson, M. J., & Li, H. (2021). Are early childhood teachers ready for digital transformation of instruction in Mainland China? A systematic literature review. Children and Youth Services Review, 120, 105718. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105718
Traxler, J. (2007). Educational Management Information Systems: An Example for Developing Countries. Dalam W. Wojtkowski, W. G. Wojtkowski, J. Zupancic, G. Magyar, & G. Knapp (Ed.), Advances in Information Systems Development (hlm. 325–334). Boston, MA: Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-70802-7_27
Wang, J. (2023). Research on preschool education management information system based on big data algorithm. Dalam K. Zhang (Ed.), International Conference on Mathematics, Modeling, and Computer Science (MMCS2022) (hlm. 122). Wuhan, China: SPIE. https://doi.org/10.1117/12.2671238
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erna Hikmawati, Cahyana Cahyana, Sri Widaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










