PEMBERDAYAAN PELAKU UMKM DESA SEI MUKA MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN USAHA, DIGITAL MARKETING, DAN BRANDING PRODUK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i6.53448Keywords:
Manajemen Usaha, Digital Marketing, Branding Produk, UMKM, Pemberdayaan MasyarakatAbstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Sei Muka, Kecamatan Datuk Tanah Datar dalam mengelola usaha secara efektif melalui pelatihan manajemen usaha, pemasaran digital, dan strategi branding produk. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, pelatihan, dan praktik langsung dengan pendekatan komunikasi informatif dan persuasif. Kegiatan dilaksanakan pada 29 September 2025 di Aula Balai Desa Sei Muka dengan melibatkan 22 peserta yang terdiri dari 17 orang Tim Penggerak PKK dan 5 orang pelaku UMKM. Materi pelatihan mencakup pengenalan jiwa wirausaha, tantangan UMKM tradisional, strategi content marketing, branding produk, dan diskusi permasalahan UMKM lokal. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang pentingnya pemanfaatan internet dan media sosial untuk promosi, pentingnya digital marketing dan branding produk, serta strategi meningkatkan penjualan. Program ini memberikan kontribusi nyata dalam pemberdayaan UMKM agar lebih profesional, berdaya saing, dan berkelanjutan di era digital.References
Alma, B. (2018). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.
Handoko, T. H. (2019). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Keller, K. L. (2013). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity (4th ed.). New Jersey: Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). New Jersey: Pearson Education.
Kuncoro, M. (2020). Manajemen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jakarta: Erlangga.
Rangkuti, F. (2016). Business plan: Teknik membuat perencanaan bisnis dan analisis kasus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.
Terry, G. R. (2010). Prinsip-prinsip manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dailami Dailami, Helmina Simanjuntak, Syamsinah Sirait, Saria Sinaga, Nur Fiqi Ahlansyah, Alsyadea Alsyadea

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










