PENGEMBANGAN KARIR AKUNTAN MENUJU INDONESIA EMAS 2045

Authors

  • Muhammad Muhammad Universitas Bina Insani
  • Huda Aulia Rahman Universitas Bina Insani
  • Surya Hadi Kurniawan Universitas Bina Insani

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.43221

Keywords:

Akuntan, Indoneisa Emas 2045, Pengembangan Karir

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dengan judul "Pengembangan Karir Akuntan Menuju Indonesia Emas 2045" yang dilaksanakan di SMK Al-Muhtadin Bekasi ditujukan untuk siswa kelas 11 jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB). Program ini berfokus pada peningkatan pemahaman siswa mengenai prospek karir di bidang akuntansi dalam kerangka visi Indonesia Emas 2045, serta menggali tantangan dan peluang yang ada di sektor tersebut. Kegiatan PkM ini diikuti oleh 39 peserta dan dibagi menjadi tiga sesi penyampaian materi. Sesi pertama memaparkan materi mengenai prospek karir sebagai akuntan dalam konteks Indonesia Emas 2045. Sesi kedua berfokus pada perencanaan karir untuk mengantisipasi perubahan di masa depan dalam bidang akuntansi. Pelatihan Pengembangan Karir Akuntan Menuju Indonesia Emas 2045 berjalan sukses dan meningkatkan pemahaman para peserta akan akuntansi dan prospek karir sebagai akuntan dalam konteks Indonesia Emas 2045 sebesar 19,9%, sehingga mereka dapat merencanakan karir yang lebih baik.

References

Alawi, M. R., Aryani, S. P., & Raharja, R. M. (2024). Mewujudkan Generasi Muda yang Berdaya Saing untuk Masa Depan Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 1(1), 82–87.

Alfathani, A. S., Ali, M., Roiyyaan, R. A., Christian, A. B., Mahardika, M. A., Prayogo, A., Worsito, S. B., Utama, R. Y., Ramadhani, P., & Nadia, R. (2021). Indonesia Emas Berkelanjutan 2045: Kumpulan Pemikiran Pelajar Indonesia Sedunia Seri 9 Teknologi.

Anjani, I. E., Natalia, D., Suprima, S., Tarina, D. D. Y., Anam, A. K., & Lewoleba, K. K. (2023). Sosialisasi pentingnya pendidikan bagi generasi muda demi mewujudkan Indonesia emas 2045. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 322–331.

Cikka, H., Ismail, M. J., Zaifullah, Z., Kahar, M. I., & Idris, I. (2024). MEWUJUDKAN GENERASI EMAS TAHUN 2045 MELALUI PENDIDIKAN BERKUALITAS DAN BERKARAKTER. Indonesian Journal of Religion Center, 2(1), 7–18.

Ferdianto, M. (2024). Problematika Pendidikan Di Indonesia Dalam Gelora Membangun Generasi Emas 2045. Journal of Social Science and Education Research, 1(1), 9–14.

Kementerian, P. P. N. (2019). Indonesia 2045: Berdaulat, maju, adil, dan makmur. Bappenas. Jakarta.

Mayangsari, F. R., Muhammad, P. A., Dharmaputra, R., Hidayat, A., Pratamasari, A., Sekaringrat, A., Malahayati, B. M., Juanara, E., Afendi, I., & Yudhonegoro, K. T. (2021). Indonesia Emas Berkelanjutan 2045: Kumpulan Pemikiran Pelajar Indonesia Sedunia Seri 3 Hubungan Internasional. Indonesia Emas Berkelanjutan 2045: Kumpulan Pemikiran Pelajar Indonesia Sedunia Seri 3 Hubungan Internasional.

Putro, G. M. H., Imawan, A., Bait, J. F., Febrianti, D., Megasyara, I., Mas’ adah, N., & Astuti, S. Y. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan pada Gen Z untuk Menuju Indonesia Emas 2045 pada Seluruh Sekolah SMA/SMK/MA di Kabupaten Lamongan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(3), 2961–2965.

Sudarma, U. (2022). Pendidikan karakter dalam mewujudkan sumber daya manusia berdaya saing menuju Indonesia Emas 2045. Sharia: Jurnal Kajian Islam, 1(1), 37–55.

Sutarjo, S. (2023). Mengoptimalisasikan Pendidikan Karakter Siswa Sebagai Fondasi Kebangkitan Generasi Emas 2045. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(4), 257–262.

Tanjung, R., Mulyanti, K., & Casmadi, Y. (2019). Analisis Perbedaan Persepsi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Profesi Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Pos Indonesia Sebelum dan Sesudah Menempuh Mata Kuliah Auditing: Analisis Perbedaan Persepsi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Profesi Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Pos Indonesia Sebelum dan Sesudah Menempuh Mata Kuliah Auditing. Competitive, 14(1), 14–23.

Wena, I. M. (2020). Pembelajaran berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) di era revolusi industri 4.0 untuk mewujudkan generasi indonesia emas 2045. Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Wijiyanti, R. (2023). Risk Potency of Lead Exposure to Decrease Cognitive Ability of Productive Age Community in Indonesia Emas 2045. EKSAKTA: Journal of Sciences and Data Analysis, 49–55.

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

Muhammad, M., Rahman, H. A., & Kurniawan, S. H. (2025). PENGEMBANGAN KARIR AKUNTAN MENUJU INDONESIA EMAS 2045. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1605–1611. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.43221

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.