PERAN LEMBAGA INTERNASIONAL DALAM PERDAMAIAN: EDUKASI UNTUK GURU SDN 179 PEKANBARU

Authors

  • Muhammad Arsy Ash Shiddiqy Universitas Islam Riau
  • Alficandra Alficandra Universitas Islam Riau
  • Annisa Nur Sukma Universitas Islam Riau
  • Siti Rahmawati Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40513

Keywords:

Lembaga Internasional, Perdamaian, Guru SDN 179 Pekanbaru

Abstract

Perdamaian adalah fondasi utama bagi pembangunan masyarakat yang harmonis dan berkelanjutan. Dalam konteks pendidikan, guru memiliki peran strategis untuk menanamkan nilai-nilai perdamaian kepada generasi muda. Artikel ini membahas kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di SDN 179 Pekanbaru, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang peran lembaga internasional, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNESCO, dan UNICEF, dalam menjaga perdamaian dunia. Kegiatan ini meliputi seminar, diskusi kelompok, dan pelatihan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis nilai perdamaian. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru mengenai peran lembaga internasional serta kemampuan mereka mengintegrasikan nilai-nilai perdamaian ke dalam pembelajaran. Program ini diharapkan menjadi model untuk pengembangan pendidikan berkarakter yang mendukung terciptanya budaya damai di lingkungan sekolah dasar.

References

Amorrolin Monica, D. A. , & A. S. P. (2023). Peran Organisasi Internasional dalam Pemeliharaan Perdamaian. Jurnal Gender Dan Hak Asasi Manusia, 1(1), 41–49.

Carissa Adelia. (2024). Peran Organisasi Internasional di Dalam Suatu Negara. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(6).

Eric Kaunan. (2023). Pendidikan Perdamaian Sebaiknya Diajarkan Sejak Dini. Journal Od UGM, 5(2).

Supian Ramli. (2023). Pendidikan untuk Merawat Perdamaian. Journal Of Alhikam, 1(2).

Syaputri, O. M. (2024). Peran Organisasi Internasional dalam Mempromosikan Perdamaian dan Keamanan. Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 4(9), 91–100.

Taat Wulandari. (2020). Menciptakan Perdamaian Melalui Pendidikan Perdamaian di Sekolah. MOZAIK, 5(1).

Zaenal Abidin. (2019). Pembentukan Pendidikan Perdamaian dari Sekolah. SUHUF, 31(2), 187–206.

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Shiddiqy, M. A. A., Alficandra, A., Sukma, A. N., & Rahmawati, S. (2025). PERAN LEMBAGA INTERNASIONAL DALAM PERDAMAIAN: EDUKASI UNTUK GURU SDN 179 PEKANBARU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 375–379. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40513

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.