RANCANGAN MODUL STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42477Keywords:
library promotion, library promotion strategy, library promotion strategy module, module designAbstract
Program promosi perpustakaan sudah banyak dilaksanakan di perpustakaan-perpustakaan di Indonesia. Namun demikian, promosi yang efektif memerlukan perencanaan dan strategi yang baik. Perpustakaan Nasional telah menyusun pedoman strategi promosi perpustakaan umum pada Agustus- November 2023 dimana penulis menjadi salah satu narasumbernya. Sebagai salah seorang narasumber, penulis telah menyampaikan setidaknya delapan hal, yaitu definisi strategi promosi perpustakaan untuk menyamakan persepsi tentang strategi promosi, tujuan promosi, sasaran promosi, bauran pemasaran, strategi promosi perpustakaan, media promosi, desain pesan dalam media promosi, evaluasi dan contoh penerapan strategi promosi perpustakaan. Pada artikel ini, penulis mengembangkan rancangan modul strategi promosi perpustakaan yang terdiri atas 12 topik, yaitu tujuan perancangan modul, pemahaman strategi promosi, kepatuhan terhadap regulasi, analisis masyarakat sasaran dan segmentasi, bauran promosi, media dan saluran promosi, penyusunan pesan dan branding, kolaborasi dan kemitraan, penjadwalan, implementasi dan manajemen promosi, evaluasi, adaptasi dan pengembangan. Rancangan modul strategi promosi perpustakaan ini diharapkan dapat membantu perpustakaan menyusun modul strategi perpustakaan yang efektif dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki oleh perpustakaan.References
Çınar, K., Yetimo˘glu, S., & U˘gurlu, K. (2019). The Role of Market Segmentationand Target Marketing Strategiesto Increase Occupancy Rates and SalesOpportunities of Hotel Enterprises. In Strategic Innovative Marketing and Tourism (Issue 8th ICSIMAT, pp. 521–528). Springer Book. https://doi.org/10.1007/978-3-030-36126-6
Green, M. (2023). The Power of Collaboration: Fostering Effective Partnerships. https://doi.org/10.37421/2169-026X.2023.12.416
Karaxha, Ms., Tolaj, Ms., & Kristo, D. S. (2017). Promotion through Marketing Channels – The Case of Kosovo. ILIRIA International Review, 6. https://doi.org/10.21113/iir.v6i2.253
Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Campaign Management BT - Customer Relationship Management: Concept, Strategy, and Tools (V. Kumar & W. Reinartz (eds.); pp. 207–235). Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-662-55381-7_11
Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 2 Tahun 2024, Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 2 Tahun 2024 tentang Standar Nasional Perpustakaan Umum (2024). https://peraturan.bpk.go.id/Details/288891/perka-perpusnas-no-2-tahun-2024
Rajagopal. (2016). Promotion Strategies BT - Sustainable Growth in Global Markets: Strategic Choices and Managerial Implications (Rajagopal (ed.); pp. 280–306). Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1057/9781137525956_10
Undang-Undang RI No 43 Tahun 2007, UNDANG-UNDANG RI NOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN (2007). https://peraturan.bpk.go.id/Details/39968/uu-no-43-tahun-2007
Vinerean, S. (2017). Content Marketing Strategy. Definition, Objectives and Tactics. Expert Journal of Marketing, 5(2), 92–98.
Ziliani, C. (2006). Target promotions: How to measure and improve promotional effectiveness through individual customer information. Journal of Targeting, Measurement and Analysis for Marketing, 14(3), 249–259. https://doi.org/10.1057/palgrave.jt.5740185
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nuning Kurniasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.