PROGRAM MOBILE LIBRARY UNTUK MENGAJARKAN AL-QUR'AN KEPADA MASYARAKAT PEDESAAN DI NUSA TENGGARA TIMUR

Authors

  • Arafik Syaif Rofik STAI Kupang
  • Siti Asyiah STAI Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.41948

Keywords:

Mobile Library, Literasi Al-Qur'an, Desa Terpencil NTT

Abstract

Penelitian ini mengkaji program Mobile Library dalam meningkatkan literasi Al-Qur'an di desa-desa terpencil di NTT, dengan fokus pada kondisi literasi, faktor penyebab rendahnya literasi, dampak program, serta mekanisme keberlanjutannya. Penelitian ini penting untuk memahami kondisi literasi yang ada, faktor-faktor penyebab rendahnya literasi, serta dampak program dalam meningkatkan keterampilan membaca dan memahami Al-Qur'an. Selain itu, kajian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi keberlanjutan program agar manfaatnya dapat dirasakan secara jangka panjang oleh masyarakat pedesaan. Metode pengabdian ini menggunakan metode Service Learning. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan analisis tematik untuk menganalisis data kualitatif dari wawancara dan observasi, dengan fokus pada tema-tema yang muncul terkait dengan tantangan literasi serta respons terhadap program mobile library. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi Al-Qur'an di pedesaan masih rendah, dengan tantangan seperti keterbatasan penguasaan tajwid pada orang dewasa, kesulitan membaca pada anak-anak, dan rendahnya motivasi pada remaja. Faktor pendukung rendahnya literasi meliputi keterbatasan infrastruktur dan prioritas ekonomi masyarakat. Program Mobile Library berhasil meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an melalui pendekatan kreatif, seperti permainan dan lagu untuk anak-anak, diskusi tafsir untuk remaja, serta pembelajaran bersama untuk orang dewasa. Keberlanjutan program diperkuat dengan pemberdayaan tokoh masyarakat, seperti imam masjid dan guru ngaji, yang didukung bahan ajar dan pendampingan. Penelitian merekomendasikan pengembangan pelatihan untuk tokoh masyarakat, peningkatan infrastruktur, dan akses bahan ajar.

References

Abuddin Nata, Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2005

Adriyana, L. (2022). Inovasi Mobile Library untuk Mendukung Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Media Informasi, 31(2), 215–222. https://doi.org/10.22146/mi.v31i2.5896

Agustian, R., Hasyim, Mappaompo, A. M., Rahmi, S., Oualeng, A., Silaban, P. S. M., Suyuti, Iswati, & Rukmini, B. S. (2023). Pendidikan Inklusif: Konsep, Implementasi, dan Tujuan. In CV. Rey Media Grafika (Issue 1).

Ainin Munawaroh, M. (2023). Kurangnya Minat Remaja Dalam Belajar Al-Qur’an Akibat Pengaruh Canggihnya Teknologi Informasi. Al-Mau’izhoh, 5(2), 460–475. https://doi.org/10.31949/am.v5i2.7535

Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1)

Ajhuri, K. F., & Saichu, M. (2018). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran ( TPQ ) melalui Penguatan SDM di Masjid Nurul Fikri Watu Bonang, Badegan, Ponorogo. QALAMUNA-Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(2), 178.

Akbar, A. (2018). Pengelolahaan Perpustakaan Pengembangan Koleksi. 82–122.

Al-munawwar, S. A. H., & Al-munawwar, S. A. H. (2016). Al-Qur’an Sebagai Mukjizat Terbesar. 01, 1–26.

Al-Qur’an Terjemah dan Tafsir, Jakarta: Darul Kutubil Islamiyah, 2006

Anwar, R. K. (2015). Penyediaan Bahan Bacaan Masyarakat Melalui Perpustakaan Keliling (Mobile Library) Di Kabupaten Cianjur. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 3(2), 137.

Arikarani, Y. (2017). Implementasi Edutainmen Dalam Pembelajran AL-Qur’an Bagi Siswa SDIT Mutiara Cendekia Lubuklinggau. El-Ghiroh, XIII, No.(September), 67–69.

Azifa, N., & Wahyuni, S. (2025). Peran Mesjid dalam Meningkatkan Akses Pendidikan bagi Masyarakat : Solusi untuk Tantangan Zaman.

Baharudiin. (2012). Metode pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an. In Экономика Региона.

Dewi, L. L. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Menurunnya Minat Remaja Membaca Al-Qur’an.

Dr. Firman Hadiansyah dkk. (2022). Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewargaan. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 3, Issue 1).

Farida, S. N. (2016). Hadits-Hadits Tentang Pendidikan. Ilmu Hadis, 1(September), 35–42.

Fatmawati, N. M., Azzaky, W. H., Azizah, S., & Abdullah, S. (2025).Membangun Budaya Literasi Baca Tulis Berbasis Iman Kepada Kitab Al - Qur ’ an Menuju Era Revolusi 5 . 0.

Fauzi. (2024). Pembelajaran al-Qur’an dan Budaya Lokal dalam Penguatan Identitas Keagamaan. 4(3), 60–68.

Fitriani, A. (2019). Evaluasi Layanan Perpustakaan Keliling.

Gafur, A., Switri, E., Bahasa Sastra Indonesia, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Sriwijaya, U., & Bahasa Sastra Inggris, P. (2023). Pentingnya ilmu tajwid dalam mempelajari al-qur’an. Communnity Development Journal, 4(6), 13337–13343.

Hidayah, A., & Zumrotun, E. (2024). Peran Perpustakaan Keliling Daerah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Negeri Demangan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 649–655.

Ibrahim, M. N., & Islamiah, R. (2024). Problematika Pendidikan Agama Islam di Daerah 3T ( Terluar , Tertinggal , dan Terdepan ). 6(2).

Journal, D., Education, O., Maha, L. N., Halimah, S., & Ananda, R. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS. 8(1),

Karimah, A. R. (2023). Manajemen perpustakaan keliling dalam meningkatkan minat baca pelajar di Kabupaten Jember.

Ke-sd-an, J. P. (1907). Metodik Didaktik Pangandaran. 18(2), 21–36.

Khairiah. (2018). Kesempatan mendapatkan pendidikan. 221.

Komariah, N., Saepudin, E., & Rukmana, E. N. (2021). Pelayanan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Perpustakaan Desa Jendela Dunia Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(1),

Lolla, F., Hasanah, U., Rohman, F., & Fahmi, M. (2025). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur ’ an Bagi Guru Dan Siswa Melalui Program Kegiatan Gemajuza di SMPN 1 Sooko Mojokerto. 3, 43–56.

Lubis, P., Mardianto, M., & Nasution, M. I. P. (2023). Gerakan Literasi Sekolah: Tantangan Literasi Di Era Digital Dan Cara Mengatasinya. Jurnal Media Infotama, 19(2), 487–496. https://doi.org/10.37676/jmi.v19i2.4399

M. Ridho Ulya, D. (2021). Pengadaan Ruang Baca Tpa Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Dalam Mempelajari Al–Qur’an. … Minat Baca …, 3(1),

Madrasah, D. I., Negeri, I., & Besar, A. (2022). Meningkatkan Kinerja Guru Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Mardhiyaturrositaningsih, D. (2016). Membangun Ekonomi Desa, Pengembangan Kompetensi dan Inovasi UMKM.

Mujriah. (2016). Peranan TPA Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an. Skripsi, UIN Alaudin Makassar, 85(1), 6.

Nasution, S., & Samosir, F. (2016). Perkembangan Layanan Perpustakaan Mobile Phone Berbasis Android di Beberapa Perguruan Tinggi Indonesia di Era Net Generation. Tranformasi Perpustakaan Digita Di Era Digital Native, November, 1–29.

Ningsih, dkk. (2023). Transformasi Digital Media Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Berbasis Android pada Aplikasi Tilawati Mobile. In Edukasi Islami (Vol. 12, Issue 1).

Oktafiana, D., Islam, U., Sulthan, N., Syaifuddin, T., Rohim, J. A., Marsyalena, J. R., Sulthanthaha, N., Jambi, S., & Anwar, K. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Menurut Al-Qur’an. Journal of Student Research (JSR), 1(5), 403–

Putri, R. Z., Afrizal, M., Guru, P., Ibtidaiyah, M., & Riau, U. M. (2024). Menggali Keutamaan Al- Qur ’ an : Pondasi Ajaran Yang Menyatukan Umat dalam mendekatkan diri kepada-Nya melalui Al-Quran . Membaca , memahami , dan. 1(4).

Rachman, M. A., & Rachman, Y. B. (2019). Peran Perpustakaan Umum Kota Depok pada era teknologi digital. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi,

Rahma, L. V., & Zahroh, A. (2019). Problematika Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Innovative, 8.

Ramli, A. (2024). Optimalisasi Manajemen Perpustakaan : Strategi dan Inovasi untuk Pelayanan Prima. 07(01), 6760–6773.

Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85.

Septina, A., Muyasaroh, M., Noviani, D., & Wulandari, D. (2023). Al-Qur’an Dan Urgensinya Dalam Kehidupan Manusia. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(3), 127–135.

Shabur, A., Amadi, M., & Anwar, N. (2023). Perbandingan Metodologi Studi Islam Tradisional dan Modern di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 22519–22526.

Sodli, O. A. (2009). Penelitian k erukunan u mat b eragama di p rovinsi n usa t enggara t imur ( ntt ). Xvi(01), 64–73.

Sudarmono, Mu. A., Wahab, A., & Azhar, M. (2020). Upaya peningkatan minat belajar baca tulis al-qur’an. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(2), 162. https://doi.org/10.33096/jiir.v17i2.92

Sujono, S., Miftachuddin, A. A. A., Amrullah, M. M. F., Imansyah, B., Rahmadianti, R. W., & Jalil, M. A. (2024). Pelatihan Tajwid untuk Pengajar dan Santri TPQ di Desa Turipinggir. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 22–26.

Syahrizal. (2024). Integrasi nilai-nilai al- qur’an dan hadits dalam kurikulum merdeka pada lembaga pendidikan islam. 7, 15535–15542.

Syarifuddin, U. H., Munir, & Haddade, H. (2021). Implementasi Literasi Al-Qur’an Dlam Pembinaan Karakter Religiusitas Peserta Didik Pada Sma/Smk Di Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 30.

Tukinem, T. (2020). Mendidik anak dalam perspektif Islam (Kajian syarah Riyadhu-sh-Shalihin). Journal of Islamic Education and Innovation, 1(2), 39.

Umar, Z. (2019). Panduan Ilmu Tajwid Praktis. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).

Ummah, M. S. (2019a). Potensi Pertanian Provinsi NTT. BPS Provinsi NTT, 11(1), 1–14.

Ummah, M. S. (2019b). Statistik Pertanian Provinsi NTT. Statistik Pertanian Provinsi NTT, 11(1), 1–14.

Usman, U., Arwani, M. M., & Samosir, F. T. (2020). The Effectiveness of Utilization WhatsApp Application As Media Discussion (Study of “Kelas Prestasi” Community in the scope of University of Bengkulu).

Jurnal PSN. (2019). Pengelolaan Perpustakaan Keliling dalam Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat.

Bukhari, I. (2012). Shahih Bukhari. Jakarta: Darussalam.Muslim, I. H. (2011). Mukhtasar Shahih Muslim. Jakarta: Gema Insani Press.

Miftahul Khair, Muhammad Tang, Usman Alwi, Peran Tokoh Agama Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Remaja Di Desa Naru Barat Kecamatan Sape Kabupaten Bima, Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4 No. 3 Agustus 2024

Abdul Aziz Abdul Rauf al-Hafiz, Pedoman Daurah Al-Qur‟an : Panduan Ilmu Tajwid Aplikatif. (Jakarta :Markaz Al-Qur’an, 2015

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Rofik, A. S., & Asyiah, S. (2025). PROGRAM MOBILE LIBRARY UNTUK MENGAJARKAN AL-QUR’AN KEPADA MASYARAKAT PEDESAAN DI NUSA TENGGARA TIMUR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2142–2154. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.41948

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.