PENDAMPINGAN BREAK EVEN POINT ANALYSIS DAN TARGET PROFIT PRICING DALAM MENINGKATKAN HARGA PRODUK DAN BRAND KEARIFAN LOKAL BATIK CIREBON PADA UMKM BATIK PLERED CIREBON

Authors

  • Dheni Dwi Pangestuti Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Suarifqi Diantama Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43515

Keywords:

Analisis Break Even Point, Brand Kearifan Lokal, Manajemen Keuangan, Pendampingan, Target Profit Pricing, UMKM

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini berfokus pada pendampingan Analisis Break Even Point (BEP) dan Target Profit Pricing untuk meningkatkan strategi penetapan harga produk serta memperkuat merek kearifan lokal Batik Plered Cirebon pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sebelum program ini dilaksanakan, banyak pelaku UMKM belum memahami pentingnya analisis BEP, sehingga mengalami kesulitan dalam menentukan volume penjualan minimum yang diperlukan untuk mencapai titik impas. Selain itu, strategi penetapan harga sering kali didasarkan pada tren pasar atau perkiraan semata, yang mengakibatkan margin keuntungan yang tidak stabil. Melalui pelatihan dan simulasi yang diberikan, pelaku UMKM mengalami peningkatan signifikan dalam literasi keuangan dan manajemen bisnis. Mereka kini mampu menghitung BEP dengan akurat, menetapkan harga produk yang kompetitif sekaligus menguntungkan, serta menyusun perencanaan keuangan yang lebih strategis. Selain itu, penerapan Target Profit Pricing telah membantu meningkatkan posisi pasar Batik Plered, sehingga berkontribusi dalam pelestarian dan promosi warisan budaya Cirebon. Program ini menunjukkan bahwa pelatihan analisis keuangan sangat penting dalam memberdayakan UMKM agar mampu mengambil keputusan bisnis yang lebih terarah. Keberlanjutan inisiatif ini dapat dijaga melalui pendampingan berkelanjutan, kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait, serta integrasi program literasi keuangan untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang UMKM Batik Plered.

References

Artinah, B., Mujennah, Safriansyah, Firdausi, I., Boedi, S., Asiah, A. N., & Hayati, N. (2023). Bimbingan Teknis Menghitung Break Even Point Kerupuk Ikan Haruan di Kelurahan Kuin Utara Kecamatan Banjar Utara. Jurnal Pengabdian Aceh, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.63168/jpa.v2i3.145

Erari, A., & Kuddy, A. L. (2022). Pelatihan Break Even Point Analysis Sebagai Alat Perencanaan Laba Bagi Pelaku Usaha Pemula: Strategi Keuangan Menghadapi Masa Pandemi Covid-19. https://www.academia.edu/download/96473312/14.pdf

Fatkhurahman, F., Suroto, B., & Hadiyati, H. (2018). Wirausaha Muda Terdidik: Masalah Dan Solusi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 102–109. https://doi.org/10.31849/jieb.v15i2.1464

Lestari, D. D. (2017). Strategi inovasi dan pricing sebagai kunci keberlangsungan usaha (studi kasus pada UMKM Batik Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo) [Skripsi, Sanata Dharma University]. https://repository.usd.ac.id/11969/

Lestari, M., Rudiyanto, Herlina, Widasari, E., & Mudawanah, S. (2022). Pendampingan Perhitungan Break Even Point Pada Bumdes Terus Jaya Parage Desa Parage Kecamatan Cikulur. PEMTEKDIKMAS (PENGABDIAN EKONOMI MULTIDISIPLIN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNTUK MASYARAKAT), 3(2), Article 2. https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/PEMTEKDIKMAS/article/view/1326

Lestari, N. I. P., Mulyadi, A., & Lhutfi, I. (2022). Analisis Optimalisasi Laba UMKM BT Batik Trusmi Kabupaten Cirebon Melalui Pendekatan Kontribusi Margin Pada Laporan Keuangan 2018-2020. Fineteach: Journal of Finance, Entrepreneurship, and Accounting Education Research, 1(1), 65–80.

Ratnasih, C., Ananda, S., Nuralita, S., Seftia, P. P., Ibrahim, A. L., Maulana, N. I., & Anwar, S. (2024). Implementasi Analisis Impas dan Target Laba dan Relevansi Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan PT Jaya Abadi. Karimah Tauhid, 3(8), 9150–9163.

Sari, V. F., Pebriyani, D., & Delfiani, S. (2023). Financial Literacy for Young Entrepreneurs in Calculating Cost of Production and Break Event Point. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 439–444.

Sudirman, S. (2024). Analisis Break Even Point Dalam Mendorong Optimalisasi Laba Menuju Kemandirian Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 13(2), 593–606.

Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Pub. L. No. 20 (2008).

Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101–110. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i1.120

Yuliari, K., Eferyn, K., Denakrisnada, S. G., & Yunanto, F. (2023). Pelatihan Break Even Point Analysis Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada UMKM “Kue Mochi-Q.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12295–12298. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23100

Downloads

Published

2025-03-08

How to Cite

Pangestuti, D. D., & Diantama, S. (2025). PENDAMPINGAN BREAK EVEN POINT ANALYSIS DAN TARGET PROFIT PRICING DALAM MENINGKATKAN HARGA PRODUK DAN BRAND KEARIFAN LOKAL BATIK CIREBON PADA UMKM BATIK PLERED CIREBON. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 1674–1678. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43515

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.