IMPLEMENTASI DIGITAL SIGNAGE UNTUK INFORMASI KEGIATAN DAN PRODUK KWT 09 DEWI SRI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.40965Keywords:
Promosi Produk, Digital signage, Konten DigitalAbstract
Pemasaran berbasis digital telah menjadi solusi efektif dalam mendukung promosi produk dan penyebaran informasi. Digital signage, sebagai salah satu bentuk teknologi komunikasi visual modern, menawarkan kemampuan untuk menyampaikan pesan secara dinamis, mudah diperbarui, dan menarik bagi audiens. Makalah ini berfokus pada penerapan teknologi digital signage di Kelompok Wanita Tani (KWT) 09 Dewi Sri, sebuah komunitas lokal yang aktif dalam kegiatan pertanian dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di wilayahnya. Tantangan utama yang dihadapi KWT 09 Dewi Sri adalah keterbatasan metode komunikasi tradisional dalam menyebarluaskan informasi terkait kegiatan, produk, dan program pelatihan mereka. Proses implementasi digital signage di KWT 09 Dewi Sri dilakukan melalui beberapa tahapan, meliputi identifikasi kebutuhan dan tujuan, perancangan konten, pengembangan dan instalasi perangkat, serta pelatihan dan pendampingan bagi anggota komunitas. Konten digital yang ditampilkan dalam digital signage dirancang dengan mempertimbangkan aspek visual dan kejelasan pesan, sehingga dapat menarik perhatian audiens dan memberikan informasi yang relevan secara real-time. Penerapan digital signage di KWT 09 Dewi Sri tidak hanya memperkuat kapasitas komunikasi komunitas, tetapi juga mendorong transformasi digital di tingkat lokal. Penerapan teknologi ini menciptakan peluang baru bagi KWT 09 Dewi Sri dalam memperluas jangkauan informasi dan memperkuat posisi mereka sebagai pusat inovasi lokal berbasis ekonomi kerakyatan.References
Andrade, A., Bullon, H., Barrientos, A., & Cuadros, M. (2021). Implementation of a customized content management system for digital marketing based on LG webOS Signage and beacons usage. 2021 IEEE Sciences and Humanities International Research Conference (SHIRCON), 1–4. https://doi.org/10.1109/SHIRCON53068.2021.9652218
Fadli, A., Purnomo, W. H., Sugiyanto, G., & Aliim, M. S. (2020). Utilization of Digital Information Boards as Media Information in Rural Areas: Pemanfaatan Papan Informasi Digital Sebagai Media Informasi di Wilayah Perdesaan. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang173
Fadli, A., Siswantoro, H., Nugraha, A. W. W., Suroso, S., & Asriani, F. (2024). Implementasi Papan Informasi Digital Sebagai Sarana Pengunjung dan Branding Potensi Lokawista. RENATA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 2(3). https://doi.org/10.61124/1.renata.9
Hendriyanto, R., Muhamad, W., Nugroho, H., Agung, A. A. G., Handayani, R., Hapsari, G. I., Sisilia, K., Hidayat, A. M., & Aulia, P. (2022). Implementasi Digital Signage untuk Digital Marketing Produk UMKM pada Komunitas Sentra Kreasi Bandung. 1.
Mirgorodskaya, O., Ivanchenko, O., & Dadayan, N. (2020). Using Digital Signage Technologies in Retail Marketing Activities. Proceedings of the International Scientific Conference - Digital Transformation on Manufacturing, Infrastructure and Service, 1–7. https://doi.org/10.1145/3446434.3446476
Rosman, E. (2023). Implementasi Digital Signage Sebagai Media Informasi Dilengkapi Sensor Pir Berbasis Microprocessor Raspberry Pi. 3(1).
Yoo, S.-C. (2019). Building an understanding of major advertising strategies for location-based digital signage: A study of Korean marketing practitioners’practice. Dalam Test Engineering and Management (Vol. 81, Nomor 11–12, hlm. 2522–2533).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Heru Nugroho, RA. Paramita Mayadewi, Tedi Gunawan, Robbi Hendriyanto, M Yusuf Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.