EDUKASI MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI SEIMBANG DI SD NEGERI 1 MOJOPANGGUNG BANYUWANGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40907Keywords:
Anak, Edukasi, Gizi, SeimbangAbstract
Anak usia sekolah sangat penting dalam pemenuhan gizi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Anak yang memiliki status gizi yang kurang baik akan berpengaruh pada proses pertumbuhan dan perkembangan seperti daya konsentrasi dan kecerdasan anak. Permasalahan gizi pada usia sekolah dasar salah satunya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan gizi. Upaya peningkatan pengetahuan tentang gizi dilakukan melalui pendidikan gizi. Salah satu hal yang perlu disampaikan kepada anak sekolah adalah makanan yang bergizi seimbang. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara offline melalui metode penyampaian materi yang dibagikan dalam metode power point melalui ceramah, pemutaran video singkat, permainan dalam bentuk ice breaking, dan pemberian pre test dan post test. Hasil kegiatan edukasi ini menujukkan rata-rata penilaian pre-test sebesar 56 dan rata-rata penilaian post-test sebesar 83. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan pengetahuan siswa berdasarkan penilalaian rata-rata pre-test dan post-test. Kegiatan edukasi gizi diharapkan dapat dilakukan secara rutin dan dapat dilakukan monitoring dan evaluasi pada pola konsumsi dan status gizi siswa sekolah dasar.References
Abdullah, A. A., & Richardo, R. (2017). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memilih Makanan Sehat Dengan Pembelajaran Literasi Matematika Berbasis Konteks. II(2). http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index
Aditianti, Prihatini, S., & Hermina. (2016). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Individu Tentang Makanan Beraneka Ragam sebagai Salah Satu Indikator Keluarga Sadar Gizi (KADARZI). 44(2), 117–126. https://media.neliti.com/media/publications-test/67944-pengetahuan-sikap-dan-perilaku-individu-07e65773.pdf
Darsini, Fahrurozi, & Cahyono, A. E. (2019). Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1). http://lppmdianhusada.ac.id/e-journal/index.php/jk/article/view/96/89
Devriany, A. (2021). Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar tentang Dampak Jajan Sembarangan Bagi Kesehatan. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 35–41. https://doi.org/10.33860/pjpm.v2i2.395
Faisal, E., Alna, & Aldyanti. (2022). Edukasi Gizi Seimbang Melalui Media Video Pada Siswa SDN 20 Balaesang Kabupaten Donggala Balanced Nutrition Education Through Video Media for Students at SDN 20 Balaesang, Donggala Regency. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Svasta Harena, 2. https://doi.org/10.33860/jpmsh.v2i1.3407
Fitriana, V., Cahyanti, L., Yuliana, A. R., Holifah, Y. H., Cahyaningrum, Z., & Rusmiyanti, E. (2022). Pengetahuan Gizi Seimbang Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 3(2). https://ejournal.bhamada.ac.id/index.php/JABI/article/view/443
Indraswari, S. H. (2019). The Effects Of Nutrition Education With Poster And Nutrition Card To Increase Children’s Knowledge And Attitude Of Balanced Nutrition At Sdn Ploso I-172 Surabaya. The Indonesian Journal of Public Health, 14, 211. https://doi.org/10.20473/ijph.vl14il.2019.210-220
Irianto, I. D., & Asiyah, S. (2023). Pengetahuan Remaja Tentang Pencegahan Anemia Dengan Isi Piringku. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(6). https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/7551/5135
Jatmika, S. E. D., & Safrilia, F. E. (2019). Perbedaan Edukasi Konsumsi Sayur dan Buah pada Anak SD Menggunakan Metode Ceramah dengan Alat Peraga dan Media Audiovisual. Journal of The Indonesian Nutrition Association, 42(1), 53–60. http://ejournal.persagi.org/index.php/Gizi_Indon
Kartini, T. D., Manjilala, & Yuniawati, S. E. (2019). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Dan Praktik Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Pangan, 26, 201. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/91599526/pdf-libre.pdf?1664233893=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPengaruh_Penyuluhan_Terhadap_Pengetahuan.pdf&Expires=1736319439&Signature=RNx1tXubgJZODRZhw8Byot82HjSXk0IRt870yPJOzwAc160S5SIPBBBrMbUapj4wquQbFaauHIb-hwELlIW2Ko7uZG3Fbo24mhcNXMXKEdI64ocaCAunBi2nBnRsS-6OAjL23B19041Yb-llf7xPKB0AD0hGk8sQlBgoGf6T3hIrDNNSdyFu7hYjYNTUyv88s~5U3IYniJuBC4KUNAhj4qtKkh8kl~NdKnu0IDtRKnbRwDBf9iAT-w1zJutaqwuNBk1-h88zNvgxNxcAg9jJF25vpUUxxmhe03f1FL3uR~CmKcZKf0v8Gs7VBDe~CtyZjoY4YDQEqT233Cmwt30hKQ__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
Kemenkes, & BKPK. (2023). Dalam Angka Tim Penyusun Ski 2023 Dalam Angka Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/ski-2023-dalam-angka/
Kurniasari, R., & Rahmatunnisa, R. (2021). Pendidikan Gizi Menggunakan Media Nutriedutainment Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Dan Kuliner (GIZIKU), 1(2), 33–40. https://journal.unsika.ac.id/index.php/gizi/article/view/4755
Landi, S., Andreas, T., Regaletha, L., & Muntasir, M. (2023). Pencegahan Penyakit Infeksi Menular Melalui Upaya Sanitasi Dan Higiene Personal Untuk Pencegahan Stunting Di Desa Tablolong Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang NtT. 4(2), 71–83. https://indonesiabaik.id/infografis/sanitasi-untuk-
Mardiana, Yuniarti, H., & Susanto, E. (2021). Improvement Of Balanced Nutritional Knowledge And Skills Through The Demonstration Of Isi Piringku In Basic School Children. Journal of Character Education Society, 4(2), 495–503. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.4314
Muthi’ah, Negara, T. D. W., & Albadi, M. F. (2023). 1172-74-2407-1-10-20231201. Prosiding Lokakarya, 3, 71–80. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/piaud/article/view/1172/588
Nurkarsa, A. H. A., Jannah, R., Yusup, A., & Pahira, H. S. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Jajan Sembarangan pada Anak di Sekolah Dasar Negeri Tengket 1 Kabupaten Bangkalan. Jurnal Forum Kesehatan : Media Publikasi Kesehatan Ilmiah, 2, 57–62. http://e-journal.poltekkes-palangkaraya.ac.id/jfk/
Ramy, A. H. (2020). Nutritional Education of Balanced Nutrition Guidelines and My Plate in Elementary School Children 06 Batang Anai Padang Pariaman District. https://www.researchgate.net/publication/349052127
Salsabila, S. T., Rahmat, M., Suprihartono, F. A., Gumilar, M., Safaatun, N. E., & Wardatul, J. E. (2019). Edukasi Dengan Media Video Animasi Dan Powerpoint. Jurnal RIset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11, 183. https://www.juriskes.com/index.php/jrk/article/view/696/91
Sulistiawati, Y., Pratiwi, A. R., & Fitriana. (2019). Edukasi Gizi Seimbang pada Anak Usia Sekolah di SDN 2 Wonosari Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun 2019. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu (ABDI KE UNGU), 1(1), 60–64. https://journal.aisyahuniversity.ac.id/index.php/Abdi/article/view/edukasigizi/edukasigizi
Suprapto, Mulat, T. C., & Hartaty. (2021). Edukasi Gizi Seimbang Menggunakan Media Video terhadap Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 Balanced Nutrition Education Using Video Media on Student Knowledge and Attitudes during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Keperawatan Profesional, 3(1), 96–102. https://doi.org/10.36590/v3i1.303
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Citta Nabila Rafida Putri, Indi Rahma Febrina, Septa Indra Puspikawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.