EFEKTIFITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI OHOI WEARLILIR KECAMATAN KEI KECIL KABUPATEN MALUKU TENGGARA

Authors

  • Julia Theresia Patty Universitas Pattimura
  • Iriane Sosiawaty Ponto Universitas Pattimura
  • Pieter Sammy Soselisa Universitas Pattimura
  • Rugaya Alhamid Universitas Pattimura
  • Stanislaus Kostka Ohoiwutun Universitas Pattimura
  • Ivonny Yeany Rahanra Universitas Pattimura
  • Ahmad Rosandi Sakir Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40829

Keywords:

Pelayanan Administrasi, Teknologi Informasi, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Ohoi Wearlilir, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi di tingkat desa. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat terkait dengan lambatnya proses administrasi dan kurangnya pengetahuan aparatur desa dalam penggunaan teknologi modern menjadi latar belakang kegiatan ini. Melalui metode sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, dan evaluasi, program ini berfokus pada pengenalan sistem manajemen informasi dan aplikasi mobile untuk mempermudah akses layanan administrasi bagi masyarakat. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas pelayanan, dengan adanya pengurangan waktu pengurusan dokumen dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam proses administrasi. Para aparatur desa yang dilatih menunjukkan peningkatan keterampilan dalam menggunakan teknologi, yang berdampak positif pada interaksi dengan warga. Selain itu, evaluasi berkala yang dilakukan juga memberikan umpan balik konstruktif untuk perbaikan berkelanjutan. Di akhir program, diharapkan bahwa inovasi dan teknologi yang diterapkan tidak hanya meningkatkan pelayanan administrasi, tetapi juga menciptakan budaya pelayanan yang lebih baik dan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model bagi desa lain dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penerapan teknologi dan inovasi

References

Aditiyawarman, D., Setiadi, D. R., Kumbara, R., Umbara, I., & Pambudi, N. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Desa Terpadu Pada Desa Karoya Kabupaten Purwakarta. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).

Asmana, A. T., Sholikin, A., Fahrudin, A. D., Habibah, V. S., & Vella, A. M. (2023). Pelatihan Digitalisasi Pengarsipan Data Penduduk dan Pelayanan Pengajuan Surat di Desa Bluluk. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 4(2), 29-36.

Ediwijoyo, S. P., Yuliyanto, W., & Waluyo, A. (2020). Meningkatkan pelayanan publik Di Desa Padureso Kec. Padureso Kebumen dengan Sosialisasi dan PenyuluhanTata Kelola Administrasi Desa. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 354-363.

Fajri, R. F. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI DESA. PROSIDING SNAST, 220-231.

Isandi, A. A. P. (2019). Mengukur Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Desa Karangkates Kecamatan Sumberpucung. Jurnal Valtech, 2(1), 7-15.

Nurdyansa, N., Fatma, F., Erniwati, E., & Amri, N. F. (2024). Pelatihan Digitalisasi Data Administrasi dan Analisis Data Sederhana Menggunakan Google Workspace dan Kecerdasan Buatan Pada Staf Administrasi Universitas Pancasakti Makassar. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(9), 1407-1416.

Patty, J. T., Ponto, I. S., Soselisa, P. S., Alhamid, R., Rahanra, I. Y., & Sakir, A. R. (2023). Tiga Unsur Pembangunan Desa di Negeri Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon. Lok Seva: Journal of Contemporary Community Service, 2(2), 65-74.

Rahmawati, A. D., & Fatmawati, A. (2020). Sistem Administrasi Desa Mendiro Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi Berbasis Web. Emit. J. Tek. Elektro, 20(02).

Rohmah, Y. S., & Hadiyoso, S. (2022, August). Digitalisasi Pencatatan Data Warga Untuk Mendukung Pelaporan Data Pkk Dan Posyandu Di Pesona Bali Residence Bojongsoang. In Prosiding COSECANT: Community Service and Engagement Seminar (Vol. 2, No. 1).

Rohmantika, N., Yulyanti, E., Wahyuni, H., & Pratiwi, U. (2022). Pelatihan Digitalisasi Data Desa bagi Perangkat Desa Condongsari untuk Mengoptimalkan Layanan Administrasi Desa. Jurnal TEPAT: Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat, 5(2), 310-322.

Sakir, A. R. (2024). Tinjauan Literatur: Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis, 6(2), 165-171.

Styawati, S., Samsugi, S., Rahmanto, Y., Surahman, A., Andraini, L., & Ismail, I. (2022). Penerapan Aplikasi Administrasi Desa Pada Desa Mukti Karya Mesuji. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1), 123-131.

Wulansari, T. T., Rakasiwi, K., Zidan, M. N., Fauzi, M., Perdana, M. F., & Aditya, R. P. (2021). Pembuatan dan pelatihan web sistem informasi sebagai media digitalisasi data pada posyandu kembang sepatu kelurahan Gunung Kelua Samarinda. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 423-431.

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Patty, J. T., Ponto, I. S., Soselisa, P. S., Alhamid, R., Ohoiwutun, S. K., Rahanra, I. Y., & Sakir, A. R. (2025). EFEKTIFITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI OHOI WEARLILIR KECAMATAN KEI KECIL KABUPATEN MALUKU TENGGARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 491–496. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40829

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.