FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) MENGUKUR KEPUASAN PENGGUNA PORTAL AKADEMIK PERGURUAN TINGGI DI TANGERANG SELATAN DENGAN METODE PIECES
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40303Keywords:
PIECES, portal akademik, kepuasan pengguna, evaluasi sistem, Tangerang SelatanAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna portal akademik di perguruan tinggi di Kota Tangerang Selatan dengan menggunakan metode PIECES (Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, dan Service). Kegiatan ini dilaksanakan pada 21 September 2024 mulai pukul 08.30 WIB hingga 15.00 WIB di Aula Meeting Restoran Taman APSG, Ciputat Timur, dengan diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, pengelola portal akademik, dan praktisi dari empat perguruan tinggi. Metode yang digunakan adalah Diskusi Kelompok Terarah (Focus Group Discussion/FGD) dan survei kepuasan pengguna. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa aspek performa sistem dan layanan merupakan keluhan utama yang dirasakan oleh pengguna portal akademik. Temuan ini memberikan rekomendasi strategis berupa peningkatan infrastruktur teknologi dan pelatihan bagi pengelola portal untuk memperbaiki kualitas layanan dan pengalaman pengguna. Kegiatan ini juga menggarisbawahi pentingnya evaluasi berkala menggunakan metode PIECES untuk mengidentifikasi kekurangan dan meningkatkan kepuasan pengguna dalam penggunaan portal akademik. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa metode PIECES dapat digunakan sebagai alat evaluasi yang komprehensif untuk meningkatkan kualitas layanan portal akademik berbasis teknologi informasi. Implikasi dari kegiatan ini diharapkan mampu mendorong perguruan tinggi untuk terus berinovasi dalam pengelolaan sistem akademik yang efisien dan efektif.References
Anantasia, S. K., & Suhermanto, S. (2022). Penerapan Model V dalam Pengembangan Sistem Penjualan Online pada Toko Lapak Teknik Tools. Jurnal Informasi Dan Komputer, 10(2), 82–89. https://doi.org/10.35959/jik.v10i2.331
Azzahra, S. A. (2024). The Role Of Information Technology In Improving The Efficiency Of Academic Portals: A Case Study In South Tangerang City. JAMS: JOURNAL OF APPLIED MULTYDISCLIPNARY STUDIES, 1(1), 13–17. http://jurnal.stieganesha.ac.id/index.php/jams/article/view/95
Darwi, M., Islamiyah, Jundillah, M. L., & Kunci, K. (2023). Penerapan Metode PIECES Framework Sebagai Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik. Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi (ATASI), 2(1), 59–70. https://doi.org/10.30872/ATASI.V2I1.459
Erika, W., Pembangunan Panca Budi Jl Jend Gatot Subroto Km, U., Sikambing Kota Medan, S., & Korespondensi, P. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode PIECES Framework (Studi Kasus: Universitas Pembangunan Panca Budi). JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.51544/JURNALMI.V8I1.3963
Fitrah, N., Muawwal, A., Informasi, S., & KHARISMA Makassar, S. (2022). Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Website Gepo Menggunakan Metode Pieces. KHARISMA Tech, 17(2), 172–183. https://doi.org/10.55645/KHARISMATECH.V17I2.306
Ilham, I., Suparni, S., Kaafi, A. Al, & Rachmi, H. (2023). Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Tokopedia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(2), 119–128. https://doi.org/10.31294/IJSE.V9I2.18038
Irawan, A., Mantala, R., Risa, M., Informatika, M., Banjarmasin, P. N., & Bisnis, A. (2023). Analisis Kepuasan User Dalam Layanan Sistem Informasi Akademik Terpadu (Simpadu) Pada Politeknik Negeri Banjarmasin Menggunakan Pieces Framework. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi.
Jayaun, J. (2024). Peran Kampus Dalam Pengembangan Karir Dan Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen & Bisnis, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.60023/sa967850
Kartini, A., Sanmorino, A., & Terttiavini. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Akademik Stebis Igm Menggunakan Metode Pieces Framework. AnoaTIK: Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 2(1), 51–59. https://doi.org/10.33772/ANOATIK.V2I1.21
Kinanti, N., Putri1, A., & Dwi, A. (2021). Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(2), 78–84. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/39730
Rinov Cuhanazriansyah, M., & Cahyaningrum, Y. (2023). Optimalisasi pengembangan website program studi pendidikan teknologi informasi dengan integrasi data center. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), Vol. 8, No. 2, 217–220. https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.29210/023472jpgi0005
Rusmanto, D. E., Zakariyya, A. Y., & Nurrahman, S. (2024). Implementasi Sistem Informasi Dengan Menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) Odoo di PT. XYZ Purwodadi. TeknoIS : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.36350/jbs.v14i2.263
Saksana, J. C. (2024). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar, Kemampuan Kognitif dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Nusantara, 2(4), 160–169. https://doi.org/10.38035/jpkn.v2i4.805
Susilo, A., & Danny, M. (2023). Evaluasi Sistem Informasi Akademik E-Campus Universitas Pelita Bangsa Dengan Metode Pieces. Sigma (Jurnal Teknologi Pelita Bangsa), 14(2).
Tafsiruddin, M., Saefullah, A., Noor, M. A., Syafran, S., & Nurhakim, R. (2024). Consumer perceptions of product and service quality; a case study of AS Photography’s management information system. Jurnal Mantik, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.35335/mantik.v8i1.5000
Wicaksono, A., Saefullah, A., Candra, H., & Tahang, M. (2024). Penggunaan Platform Akademik Untuk Meningkatkan Publikasi Karya Ilmiah; Evaluasi Kinerja Dosen STIE Ganesha. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i2.195
Wira, D., Putra, T., Bulkis, H., Mandarani, P., & Syahrani, A. (2021). Metode Pieces Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna Portal Akademik. Dalam Jurnal Sains dan Teknologi (Vol. 21, Nomor 1).
Wulandari, D., Lesmana, A. S., Saefullah, A., Rifia, T. N. I., Fatmasari, I., Safitri, E. D., Azzahra, L. P., & M.Tafsiruddin. (2024). Penerapan Sistem Evaluasi Kinerja Bagi Guru Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Hayah. Student Scientific Creativity Journal, 2(2), 01–12. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i2.2945
Yansyah, M., Raditya, A., Tafsiruddin, M., Rochmatun, S., Agustina, P., & Alfiansari, A. (2023). Orientasi Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Peningkatan Kreativitas Guru Pada Proses Pembelajaran. Journal on Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3457
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sitti Aliyah Azzahra, Aep Saefullah, M. Tafsiruddin, Joned Ceilendra Saksana, Syafran Nurrahman, Tohiroh Tohiroh, Suharmanto Suharmanto, Sutaryono Sutaryono, Suhermanto Suhermanto, Jayaun Jayaun, Alifi Restu Putera, Nurhayati Nurhayati, M. Nurhidayat, Rianti Salima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.