PENGUATAN KETERAMPILAN SANTRI DALAM MENERAPKAN SOP PENGEMASAN PRODUK GUNA MENJAGA KUALITAS DAN DAYA SAING
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.39691Keywords:
Pelatihan, SOP Pengemasan, Keterampilan Santri, Kualitas Produk.Abstract
Pengembangan kemandirian ekonomi pesantren menjadi langkah strategis dalam memberdayakan santri untuk menghadapi tantangan ekonomi. Yayasan Pondok Pesantren Tahfidzul Quran (PPTQ) Al-Itqon Jogoroto Jombang dipilih sebagai mitra program pengabdian masyarakat dengan fokus dalam pembuatan, pengemasan, dan pemasaran abon tongkol sebagai produk pertama pesantren. Program ini dilakukan karena belum adanya inisiatif kemandirian ekonomi di pesantren, kurangnya pemahaman dan keterampilan santri dalam penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengemasan produk yang berkualitas. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui Teknik observasi dan wawancara,sosialisasi, pelatihan dan dokumentasi, pelaksanaan dan evaluasi di PPTQ Al Itqon, Jogoroto, Jombang. Santri dilatih membuat abon tongkol, melakukan pengemasan menggunakan botol kemasan dan alumunium foil, mendesain label yang menarik, dan pemasaran produk. Hasilnya, penguatan keterampilan santri melalui pelatihan SOP pengemasan dapat meningkatkan pemahaman santri akan pentingnya meningkatkan kualitas produk dan keberlanjutan usaha. Dengan penerapan SOP yang baik produk yang dihasilkan akan menambah nilai jual dan daya Tarik yang tinggi dalam persaingan pasar. Produk abon tongkol dengan kemasan botol dan kemasan alumunium foil membuka peluang pemasaran yang lebih luas. Melalui program ini dapat membangun pondasi bagi kemandirian ekonomi pesantren, memperkuat pemberdayaan santri, dan menciptakan pondok pesantren yang berdaya saing di pasar modern.References
Ardianto, R. (2021). Pengembangan Produk Pesantren Berbasis Pengemasan Profesional. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 58-66.
hartatik. (2014). Buku Pintar Membuat S.O.P. Jogjakarta: Flashbooks.
Hidayat M., &. P. (2019). Pengaruh Pengemasan terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk UMKM.
Jurnal Manajemen dan Pemasaran 6(3), 50-59.
Hidayat R & Pratama, D. (2019). Peran Kemasan dalam Meningkatkan Brand Image dan Daya Saing Produk UMKM. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(3), 15-22.
Oktaviani, L. &. (2017). Penerapan SOP Pengemasan pada UMKM Produk Makanan di Jombang. Jurnal Industri Kreatif, 5(2), 23-35.
Perindustrian., K. (2022). One Pesantren One Product: Pengembangan Ekonomi Pesantren melalui Produk Lokal. Laporan Tahunan OPOP.
Siregar, T. S. (2021). Peningkatan Keterampilan Wirausaha Santri melalui Pelatihan Pengemasan Produk.
Jurnal Pengabdian Masyarakat, 10(3), 55-62.
Siti & Nia, M. (2020). Pengaruh Pengemasan terhadap Daya Saing Produk UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 7(2), 120-130.
Suparman, M. e. (2019). Analisis Faktor Penghambat Daya Saing Produk UKM. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 21(4), 30-40.
Susanto E & Hidayah, R. (2016). Pelatihan Pengemasan Produk di Pesantren untuk Peningkatan Daya Saing Produk. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 112-125.
Winarno, F. (2015). Kemasan sebagai Strategi Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wulandari, R. (2018). Pengembangan Produk Berbasis Pesantren Melalui Pengemasan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 98-110.
Wulandari, S. (2018). Inovasi Kemasan sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan, 7(2), 45-53.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Silfia Novita Dewi, Rahman Amrullah Suwaidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.