EKSPRESIKAN IDE DALAM KARYA TULIS MELALUI LOMBA MENULIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42370Keywords:
Lomba Menulis Esai, Keterampilan Menulis, Menulis Esai, Pengabdian Kepada MasyarakatAbstract
Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Sains Informasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menyelenggarakan lomba menulis esai dalam dua sesi, dari Agustus – Oktober 2024. Lomba sesi pertama diikuti oleh dua kelompok dan lomba sesi kedua diikuti oleh 20 mahasiswa. Kami berpartisipasi sebagai juri dalam dua sesi lomba tersebut dan kami integrasikan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Sebagai juri, kami tidak hanya memberikan poin nilai tetapi juga mengkritisi dan memberikan masukan untuk perbaikan pada esai-esai. Kami menggunakan pendekatan kompetisi yang ramah (Friendly Competition Model), dengan mendorong kompetisi yang kreatif dan inovatif, mendorong peserta bekerja sama dalam tim (pada sesi I), memberikan umpan balik yang konstruktif, memberi apresiasi pada peserta dan menciptakan lingkungan yang mendukung penyampaian ide-ide mereka di dalam karya tulis. Hasil penilaian menunjukkan peserta lomba dapat menuliskan ide secara sistematis ke dalam sebuah esai. Namun, beberapa hal perlu dikembangkan, yaitu pengembangan ide dilakukan melalui beberapa cara, dari freewriting, brainstrorming sampai melakukan pemetaan ide pada sejumlah topik; memunculkan tesis pada bagian awal esai akademik; mengembangkan ide yang mendukung tesis utama; menggunakan bahasa yang sederhana dan jelas; menggunakan sumber-sumber kredibel dan mencantumkan sumber-sumber data atau kutipan dengan jelas; menghindari pengulangan kalimat; meningkatkan analisis kritis; memperbaiki struktur penulisan; mengikuti format penulisan. Melalui lomba ini, keterampilan menulis mahasiswa diharapkan dapat berkembang.References
Corno, L., & Anderman, E. M. (2016). Handbook of educational psychology. Routledge.
Dweck, C. (2019). Mindset. Gramedia.
Elbow, P. (1998). Writing With Power Techniques for Mastering the Writing Process. Writing With Power Techniques for Mastering the Writing Process. https://doi.org/10.1093/oso/9780195120172.001.0001
Harvard College Writing Centrer. (2024). Strategies for Essay Writing. Harvard College Writing Centrer. https://writingcenter.fas.harvard.edu/sites/g/files/omnuum451/files/2024-03/Strategies for Essay Writing--Complete_0.pdf
Irfawandi, I., Hirwan, I., Aziz, Z. M., Syukur, M., & Arifin, I. (2023). Analisis Jenis Jenis Dan Penyebab Kekerasan Seksual Di Lingkungan Kampus. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04), 383–392. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1747
Khuzaemah, E. (2017). PEMBELAJARAN MENULIS ESAI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS LIFE SKILLS. Nurjati Press. ttps://repository.syekhnurjati.ac.id/6411/1/BUKU Pembelajaran Menulis Essai.pdf
Kurniasih, N., Nurislsminingsih, R., & Andriyanto, A. (2024). Keterampilan Menulis Esai Bagi Mahasiswa. Communnity Development Journal, 5(1), 2121–2125. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/25714/18189
Patel, B. C. (2020). The Writing Place Guide to Essay Writing. Howard College. https://sahs.ukzn.ac.za/wp-content/uploads/2018/06/Essay-Writing-Guide.pdf
Ryan, R. M. R., & Deci, E. L. (2020). Self-determination theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being. Routledge Handbook of Adapted Physical Education, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.4324/9780429052675-23
Sulistiani, L. (2022). Faktor Penyebab Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus Ditinjau dari Perspektif Viktimologis. In Laporan Penelitian Mandiri. https://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2023/05/16_Faktor_Penyebab_Kekerasan_Seksual_Di_Lingkungan_Kampus.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nuning Kurniasih, Saleha Rodiah, Fitri Perdana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.