EKSPRESIKAN IDE DALAM KARYA TULIS MELALUI LOMBA MENULIS

Authors

  • Nuning Kurniasih Universitas Padjadjaran
  • Saleha Rodiah Universitas Padjadjaran
  • Fitri Perdana Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42370

Keywords:

Lomba Menulis Esai, Keterampilan Menulis, Menulis Esai, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Sains Informasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menyelenggarakan lomba menulis esai dalam dua sesi, dari Agustus – Oktober 2024. Lomba sesi pertama diikuti oleh dua kelompok dan lomba sesi kedua diikuti oleh 20 mahasiswa. Kami berpartisipasi sebagai juri dalam dua sesi lomba tersebut dan kami integrasikan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Sebagai juri, kami tidak hanya memberikan poin nilai tetapi juga mengkritisi dan memberikan masukan untuk perbaikan pada esai-esai. Kami menggunakan pendekatan kompetisi yang ramah (Friendly Competition Model), dengan mendorong kompetisi yang kreatif dan inovatif, mendorong peserta bekerja sama dalam tim (pada sesi I), memberikan umpan balik yang konstruktif, memberi apresiasi pada peserta dan menciptakan lingkungan yang mendukung penyampaian ide-ide mereka di dalam karya tulis.  Hasil penilaian menunjukkan peserta lomba dapat menuliskan ide secara sistematis ke dalam sebuah esai. Namun, beberapa hal perlu dikembangkan, yaitu pengembangan ide dilakukan melalui beberapa cara, dari freewriting, brainstrorming sampai  melakukan pemetaan  ide pada sejumlah topik; memunculkan tesis pada bagian awal esai akademik; mengembangkan ide yang mendukung tesis utama; menggunakan bahasa yang sederhana dan jelas; menggunakan sumber-sumber kredibel dan mencantumkan sumber-sumber data atau kutipan dengan jelas;  menghindari  pengulangan kalimat; meningkatkan analisis kritis; memperbaiki struktur penulisan; mengikuti format penulisan. Melalui lomba ini, keterampilan menulis mahasiswa diharapkan dapat berkembang.

References

Corno, L., & Anderman, E. M. (2016). Handbook of educational psychology. Routledge.

Dweck, C. (2019). Mindset. Gramedia.

Elbow, P. (1998). Writing With Power Techniques for Mastering the Writing Process. Writing With Power Techniques for Mastering the Writing Process. https://doi.org/10.1093/oso/9780195120172.001.0001

Harvard College Writing Centrer. (2024). Strategies for Essay Writing. Harvard College Writing Centrer. https://writingcenter.fas.harvard.edu/sites/g/files/omnuum451/files/2024-03/Strategies for Essay Writing--Complete_0.pdf

Irfawandi, I., Hirwan, I., Aziz, Z. M., Syukur, M., & Arifin, I. (2023). Analisis Jenis Jenis Dan Penyebab Kekerasan Seksual Di Lingkungan Kampus. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04), 383–392. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1747

Khuzaemah, E. (2017). PEMBELAJARAN MENULIS ESAI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS LIFE SKILLS. Nurjati Press. ttps://repository.syekhnurjati.ac.id/6411/1/BUKU Pembelajaran Menulis Essai.pdf

Kurniasih, N., Nurislsminingsih, R., & Andriyanto, A. (2024). Keterampilan Menulis Esai Bagi Mahasiswa. Communnity Development Journal, 5(1), 2121–2125. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/25714/18189

Patel, B. C. (2020). The Writing Place Guide to Essay Writing. Howard College. https://sahs.ukzn.ac.za/wp-content/uploads/2018/06/Essay-Writing-Guide.pdf

Ryan, R. M. R., & Deci, E. L. (2020). Self-determination theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being. Routledge Handbook of Adapted Physical Education, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.4324/9780429052675-23

Sulistiani, L. (2022). Faktor Penyebab Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus Ditinjau dari Perspektif Viktimologis. In Laporan Penelitian Mandiri. https://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2023/05/16_Faktor_Penyebab_Kekerasan_Seksual_Di_Lingkungan_Kampus.pdf

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Kurniasih, N., Rodiah, S., & Perdana, F. (2025). EKSPRESIKAN IDE DALAM KARYA TULIS MELALUI LOMBA MENULIS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1205–1208. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42370

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.