LITERASI ASEAN: PENDAMPINGAN PENULISAN BAGI ANGGOTA MALANG-ASEAN YOUTH COMMUNITY (MAYCOMM)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3775Keywords:
ASEAN, Literasi, Maycomm, BukuAbstract
Program pengabdian ini diarahkan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan penulisan bagi anggota Malang-ASEAN Youth Community (Maycomm). Tujuannya untuk menghasilkan publikasi buku sebagai media diseminasi informasi tentang ASEAN dalam rangka membangun ASEAN We Feeling. Maycomm sendiri merupakan komunitas pemuda-mahasiswa yang memiliki ketertarikan pada kajian tentang ASEAN dan Asia Tenggara. Permasalahan yang dihadapi adalah adanya program kerja berupa publikasi namun belum dapat direalisasikan sejak tahun 2018. Untuk itu, solusi yang ditawarkan adalah perlunya pendampingan penulisan hingga publikasi buku antologi. Adapun metode pelaksanaan adalah pelatihan penulisan dan pendampingan naskah hingga terbit. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa buku yang dilahirkan dari program ini tidak hanya membantu menyelesaikan permasalahan Maycomm, tetapi juga memberikan nilai ekonomis bagi Maycomm karena buku tersebut diperjualbelikan yang hasilnya digunakan untuk operasional realisasi kegiatan. Dengan demikian, melalui pengabdian ini juga terjadi proses pemberdayaan organisasi.References
Hadiyanti, P. (2008). Stratei Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Keterampilan Produktivitas di PKBM Rawasari, Jakarta Timur. Perspektif Ilmu Pendidikan, 17(IX), 90–99. https://doi.org/10.21009/PIP.171.10
Khanisa. (2016). Strategi Peningkatan Pemahaman Masyarakat tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Penelitian Politik, 13(1), 105–118.
L.Toruan, G. T. (2020). Peran Strategis Indonesia dalam Penyelesaian Konflik Laut China Selatan dalam Perspektif Stabilitas Keamanan Regional. Jurnal Keamanan Nasional, 6(1), 111–129. https://doi.org/10.31599/jkn.v6i1.449
Rijal, N. K. (2017). Tantangan Implementasi ASEAN Community: Kasus di Kota Malang. Insignia Journal of International Relations, 4(01), 53–67. https://doi.org/10.20884/1.ins.2017.4.01.486
Rijal, N. K. (2018). Kepentingan Nasional Indonesia dalam Inisiasi ASEAN Maritime Forum (AMF). Indonesian Perspective, 3(2), 159–179. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/ip.v3i2.2235
Rijal, N. K., Kurniawati, D. E., & Suhermanto, D. F. (2018). Pengembangan ASEAN We Feeling di SMA Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Balireso, 3(2), 151–165.
Rijal, N. K., Prasodjo, H., & Cahyani, R. A. T. (2020a). ASEAN Class Program Bagi Guru di SMA Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang, Jawa Timur. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 135–142.
Rijal, N. K., Prasodjo, H., & Cahyani, R. A. T. (2020b). Asean Class Program Bagi Guru di SMA Diponegoro Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 135–141.
Rijal, N. K., Prasodjo, H., & Cahyani, R. A. T. (2022). Pembuatan Aplikasi Smadita ASEAN School sebagai Media Pembelajaran ASEAN di SMA Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(1), 40–48.
Rijal, N. K., Prasodjo, H., & Prinanda, D. (2020). ASEAN Class Program di MTs. Muhammadiyah 1 Malang. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 90–97. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.17518
Sari, S. (2019). PERAN INDONESIA DALAM IMPLEMENTASI ASEAN POLITICAL SECURITY COMMUNITY. Jurnal Dinamika Global, 4(01), 24–65. https://doi.org/10.36859/jdg.v4i01.100
Sekretariat GTK. (2021). Buku Bahan Ajar ASEAN Mendapat Respons Positif dari Kalangan Guru. Https://Gtk.Kemdikbud.Go.Id/Read-News/Buku-Bahan-Ajar-Asean-Mendapat-Respons-Positif-Dari-Kalangan-Guru.
Sonya, E. R., & Wulan, E. R. (2018). Pemberdayaan Organisasi Sosial Kepemudaan Karang Taruna Bina Swakarsa Kecamatan Solokan Jeruk Melalui Program Keagamaan. Al-Khidmat, 1(1), 53–58. https://doi.org/10.15575/jak.v1i1.3324
Syelvia, Y. (2013). Pemahaman Masyarakat tentang ASEAN Community Masih Rendah. Sindonews.Com. http://international.sindonews.com/read/752223/40/pemahaman-masyarakat-tentang-komunitas-asean-masih-rendah-1371734723
Utami, F., & Prsetyo, I. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pengabdian Masyarakat dalam Meningkatkan Kemampuan Pemasaran Produk. Journal of Millennial Community, 2(1), 20. https://doi.org/10.24114/jmic.v2i1.16866
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-25 (2)
- 2022-02-28 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Najamuddin Khairur Rijal, Haryo Prasodjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.