LITERASI ASEAN: PENDAMPINGAN PENULISAN BAGI ANGGOTA MALANG-ASEAN YOUTH COMMUNITY (MAYCOMM)

Authors

  • Najamuddin Khairur Rijal Universitas Muhammadiyah Malang
  • Haryo Prasodjo Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3775

Keywords:

ASEAN, Literasi, Maycomm, Buku

Abstract

Program pengabdian ini diarahkan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan penulisan bagi anggota Malang-ASEAN Youth Community (Maycomm). Tujuannya untuk menghasilkan publikasi buku sebagai media diseminasi informasi tentang ASEAN dalam rangka membangun ASEAN We Feeling. Maycomm sendiri merupakan komunitas pemuda-mahasiswa yang memiliki ketertarikan pada kajian tentang ASEAN dan Asia Tenggara. Permasalahan yang dihadapi adalah adanya program kerja berupa publikasi namun belum dapat direalisasikan sejak tahun 2018. Untuk itu, solusi yang ditawarkan adalah perlunya pendampingan penulisan hingga publikasi buku antologi. Adapun metode pelaksanaan adalah pelatihan penulisan dan pendampingan naskah hingga terbit. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa buku yang dilahirkan dari program ini tidak hanya membantu menyelesaikan permasalahan Maycomm, tetapi juga memberikan nilai ekonomis bagi Maycomm karena buku tersebut diperjualbelikan yang hasilnya digunakan untuk operasional realisasi kegiatan. Dengan demikian, melalui pengabdian ini juga terjadi proses pemberdayaan organisasi.

References

Hadiyanti, P. (2008). Stratei Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Keterampilan Produktivitas di PKBM Rawasari, Jakarta Timur. Perspektif Ilmu Pendidikan, 17(IX), 90–99. https://doi.org/10.21009/PIP.171.10

Khanisa. (2016). Strategi Peningkatan Pemahaman Masyarakat tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Penelitian Politik, 13(1), 105–118.

L.Toruan, G. T. (2020). Peran Strategis Indonesia dalam Penyelesaian Konflik Laut China Selatan dalam Perspektif Stabilitas Keamanan Regional. Jurnal Keamanan Nasional, 6(1), 111–129. https://doi.org/10.31599/jkn.v6i1.449

Rijal, N. K. (2017). Tantangan Implementasi ASEAN Community: Kasus di Kota Malang. Insignia Journal of International Relations, 4(01), 53–67. https://doi.org/10.20884/1.ins.2017.4.01.486

Rijal, N. K. (2018). Kepentingan Nasional Indonesia dalam Inisiasi ASEAN Maritime Forum (AMF). Indonesian Perspective, 3(2), 159–179. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/ip.v3i2.2235

Rijal, N. K., Kurniawati, D. E., & Suhermanto, D. F. (2018). Pengembangan ASEAN We Feeling di SMA Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Balireso, 3(2), 151–165.

Rijal, N. K., Prasodjo, H., & Cahyani, R. A. T. (2020a). ASEAN Class Program Bagi Guru di SMA Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang, Jawa Timur. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 135–142.

Rijal, N. K., Prasodjo, H., & Cahyani, R. A. T. (2020b). Asean Class Program Bagi Guru di SMA Diponegoro Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 135–141.

Rijal, N. K., Prasodjo, H., & Cahyani, R. A. T. (2022). Pembuatan Aplikasi Smadita ASEAN School sebagai Media Pembelajaran ASEAN di SMA Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(1), 40–48.

Rijal, N. K., Prasodjo, H., & Prinanda, D. (2020). ASEAN Class Program di MTs. Muhammadiyah 1 Malang. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 90–97. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.17518

Sari, S. (2019). PERAN INDONESIA DALAM IMPLEMENTASI ASEAN POLITICAL SECURITY COMMUNITY. Jurnal Dinamika Global, 4(01), 24–65. https://doi.org/10.36859/jdg.v4i01.100

Sekretariat GTK. (2021). Buku Bahan Ajar ASEAN Mendapat Respons Positif dari Kalangan Guru. Https://Gtk.Kemdikbud.Go.Id/Read-News/Buku-Bahan-Ajar-Asean-Mendapat-Respons-Positif-Dari-Kalangan-Guru.

Sonya, E. R., & Wulan, E. R. (2018). Pemberdayaan Organisasi Sosial Kepemudaan Karang Taruna Bina Swakarsa Kecamatan Solokan Jeruk Melalui Program Keagamaan. Al-Khidmat, 1(1), 53–58. https://doi.org/10.15575/jak.v1i1.3324

Syelvia, Y. (2013). Pemahaman Masyarakat tentang ASEAN Community Masih Rendah. Sindonews.Com. http://international.sindonews.com/read/752223/40/pemahaman-masyarakat-tentang-komunitas-asean-masih-rendah-1371734723

Utami, F., & Prsetyo, I. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pengabdian Masyarakat dalam Meningkatkan Kemampuan Pemasaran Produk. Journal of Millennial Community, 2(1), 20. https://doi.org/10.24114/jmic.v2i1.16866

Downloads

Published

2022-02-28 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Rijal, N. K. ., & Prasodjo, H. . (2022). LITERASI ASEAN: PENDAMPINGAN PENULISAN BAGI ANGGOTA MALANG-ASEAN YOUTH COMMUNITY (MAYCOMM). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 264–270. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3775 (Original work published February 28, 2022)