PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBAHASA INGGRIS BERBASIS PERCAKAPAN BEBAS (FREE CONVERSATION)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29512Keywords:
Grammar, Kosakata, Percakapan, Sumber Daya ManusiaAbstract
Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan kemampuan mahir dalam berbahasa Inggris menggunakan percakapan bebas (free conversation). Percakapan bebas yang dimaksud disini adalah mengubah sistem belajar siswa atau pemelajar bahasa menjadi lebih aktif, bebas dalam memilih topik atau ide, berani tampil serta percaya diri. Siswa atau pemelajar bahasa diharapkan lebih difokuskan kepada percakapan (Conversation) sebanyak 80% dan selebihnya Tata Bahasa (Grammar) 20% agar kelas lebih komunikatif. Percakapan bebas membutuhkan pengetahuan kosakata (vocabulary) yang cukup banyak dan memahami tata bahasa atau grammar yang baik. Era globalisasi mengharuskan setiap individu di dunia agar dapat mempersiapkan dan menghasilkan sumber daya yang berkualitas terutama di bidang komunikasi. Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang diakui sebagai bahasa Internasional. Oleh karena itu, Bahasa Inggris memegang peranan penting dalam menghadapi arus global ini baik untuk berkomunikasi dengan dunia luas. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif, artinya yang dianalisis dan hasil analisisnya berbentuk deskripsi, dengan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Data kualitatif adalah bersifat induktif, yaitu suatu analisa berdasarkan data yang diperoleh. Kegiatan pengabdian ini mendapat respon yang baik dari pihak kepala desa Meranti and anggota masyarakat setempat. Berharap dengan pengabdian ini dapat memberikan manfaat besar bagi kemajuan desa Meranti khususnya dan menjadi pembelajaran bagi siswa di sekolah serta pemelajar bahasa lainnya.References
Afrianto, Sujatna, E. T. S., Darmayanti, N., & Ariyani, F. (2021). Configuration Of Lampung Mental Clause: A Functional Grammar Investigation. Ninth International Conference On Language And Arts (Icla 2020), 222–226. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.210325.039
Anggraini, N., Arianto, P., & Hidayanto, H. N. (2020). Pengembangan Online Application Berbasis Android Dalam Pembelajaran Grammar. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(2), 117–125. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33061/J.W.Wacana.V15i2.3995
Bali, E. N. (2023). Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Penggerak Di Sumba Timur Ntt. Kelimutu Journal Of Community Service, 3(1), 28–34. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35508/Kjcs.V3i1.11275
Bavi, F. (2018). The Effect Of Using Fun Activities On Learning Vocabulary At The Elementary Level. Journal Of Language Teaching And Research, 9(3), 629. Https://Doi.Org/10.17507/Jltr.0903.24
Berry, R. (2018). English Grammar: A Resource Book For Students. Routledge.
Budiyono, S. (2021). Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Utbk Tahun 2021. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unsiq, 8(3), 291–299. Https://Doi.Org/10.32699/Ppkm.V8i3.1870
Favero, T. G., & Cesar, C. E. (2022). Using The Study Cycle Model To Support Better Student Learning: A Faculty Guide. Advances In Physiology Education, 46(4), 735–741. Https://Doi.Org/10.1152/Advan.00168.2022
Gao, Y.-L., Wang, F.-Y., & Lee, S.-Y. (2020). The Effects Of Three Different Storytelling Approaches On The Vocabulary Acquisition And Response Patterns Of Young Efl Students. Language Teaching Research, 1(1), 136216882097178. Https://Doi.Org/10.1177/1362168820971789
García, E., & Weiss, E. (2019). The Teacher Shortage Is Real, Large And Growing, And Worse Than We Thought. The First Report In" The Perfect Storm In The Teacher Labor Market" Series. Economic Policy Institute. Http://Www.Epi.Org
Hakim, R., Ritonga, M., Khodijah, K., Zulmuqim, Z., Remiswal, R., & Jamalyar, A. R. (2022). Learning Strategies For Reading And Writing The Quran: Improving Student Competence As Preservice Teachers At The Faculty Of Tarbiyah And Teacher Training. Education Research International, 2022, 1–7. Https://Doi.Org/10.1155/2022/3464265
Halil, N. I., Suryadi, R., Nasir, A., Tundreng, S., Pratiwi, A., Reskiawan, B., Andas, N. H., & Syam, H. (2023). English Camp Sebagai Pendekatan Inovatif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Dalam Berkomunikasi Bahasa Inggris. Benua Etam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 97–105. Https://Ta.Pbi.Umkt.Ac.Id/Index.Php/Etam/Article/View/101
Hasibuan, R. H., Dwiningsih, A., & Annisa, A. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (Kosp) Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Guru Paud Se-Kota Medan. Altafani, 2(2), 90–99. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59342/Jpkm.V2i2.186
Lestari, W. I. S., Hermita, N., & Kurniaman, O. (2019). Application Of Paikem Gembrot Learning Model To Improve Fifth Graders’ Science Learning Motivation. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (Jtlee), 2(2), 164–173.
Mortazavi, M., Nasution, M. K. M., Abdolahzadeh, F., Behroozi, M., & Davarpanah, A. (2021). Sustainable Learning Environment By Mobile-Assisted Language Learning Methods On The Improvement Of Productive And Receptive Foreign Language Skills: A Comparative Study For Asian Universities. Sustainability, 13(11), 6328. Https://Doi.Org/10.3390/Su13116328
Promadi, P., Rusdi, R., Firdaus, D., & Kasdi, J. (2022). Inovasi Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Di Dynamic English Course Flamboyan Nine (Dec-Fn) Dan Lembaga Kursus Bahasa Arab Al-Farisi Pare, Kediri, Jawa Timur. Jurnal Al Ma’any, 1(2), 44–60.
Rejeki, D. S., Yusup, P. M., Saepudin, E., & Pitasari, D. N. (2020). Komunikasi Pembelajaran Berbasis Online Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris Bagi Para Ibu Rumah Tangga (Depth Interview Di Sekolah Inggris Online). Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2), 277–292. Https://Doi.Org/10.24002/Jik.V18i2.1453
Salem, A. A. (2019). A Sage On A Stage, To Express And Impress: Ted Talks For Improving Oral Presentation Skills, Vocabulary Retention And Its Impact On Reducing Speaking Anxiety In Esp Settings. English Language Teaching, 12(6), 146–160. Http://Www.Ccsenet.Org/Journal/Index.Php/Elt
Sundari, H. (2018). Interaksi Kelas Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Pada Jenjang Smp (Penelitian Grounded Theory). Http://Repository.Unj.Ac.Id/Id/Eprint/36521
Warni, S., & Apoko, T. W. (2022a). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Masyarakat Kawasan Wisata Berbasis Alam Dan Budaya Betawi Di Pbb Setu Babakan Jakarta. Jurnal Pengabdian Undikma, 3(1), 22–29.
Warni, S., & Apoko, T. W. (2022b). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Masyarakat Kawasan Wisata Berbasis Alam Dan Budaya Betawi Di Pbb Setu Babakan Jakarta. Jurnal Pengabdian Undikma, 3(1), 22. Https://Doi.Org/10.33394/Jpu.V3i1.4940
Widya, T., Fatimah, A. S., & Santiana, S. (2020). Students’feedback As A Tool For Reflection: A Narrative Inquiry Of An Indonesian Pre-Service Teacher. Tlemc (Teaching And Learning English In Multicultural Contexts), 4(1), 1–11. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37058/Tlemc.V4i1.1775
Wulan, R., Saputra, E., & Ali, N. (2017). Implementasi Sistem Aplikasi Dan Metode Pembelajaran Paikem Gembrot Berjas (Berbasis Jaringan Sosial). String (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.30998/String.V2i1.1718
Yusuf, Q., Yusuf, Y. Q., Erdiana, N., & Pratama, A. R. (2018). Engaging With Edmodo To Teach English Writing Of Narrative Texts To Efl Students. Problems Of Education In The 21st Century, 76(3), 333.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Susi Masniari Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.