PENDAMPINGAN SADAR WISATA DAN PENGEMBANGAN WEBSITE DESA WISATA DI KECAMATAN BANDA KABUPATEN MALUKU TENGAH

Authors

  • Muhammad Bugis Universitas Pattimura
  • Zainuddin Latuconsina Universitas Pattimura
  • Saleh Tutupoho Universitas Pattimura
  • Arsad Matdoan Universitas Pattimura
  • Abdul Azis Laitupa Universitas Pattimura
  • Ferry H. Basuki Universitas Pattimura
  • Ani Sijabat Universitas Pattimura
  • Roy Seleky Universitas Pattimura
  • Etvin R. Tamhe Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29158

Keywords:

Sadar Wisata, Pembuatan Website, Motivasi Siswa, Aktif Dan Kolaboratif.

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan kegiaatan pengabdian meningkatkan kemampuan Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dalam pengelolaan wisata, meningkatkan perilaku sadar wisata masyarakat, meningatkan kegiatan-kegiatan yang menunjang giat wisata seperti ekonomi kreatif, keamanan, ketertiban, kebersihan dan even-even di destinasi wisata, meningkatkan partisipasi kegiatan masyarakat dalam semua kegiatan kepariwisataan termasuk tokoh-tokoh masyarakat, meningkatkan pengelolaan web desa. Sosialisasi  dan  pendampingan  Sadar  Wisata  di  Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah dengan cara sosialisasi, ceramah dan diskusi, pengenalan produk, pemasaran, pembuatan website. Pengabdian  kepada  Masyarakat  yang  merupakan  amanah  Tri  Dharma  Perguruan  Tinggi mendapat respon positif oleh mitra untuk Sosialisasi sadar wisata di Desa Wisata Budaya Desa Rajawali dan Sekaligus sebagai pendampingan yang berkelanjutan. Pelatihan Teknik Pemanduan dilakukan secara kontinuitas sebagai upaya professional pelaku pariwisata. Terbentuk  kelompok  interpreter  pada  masyarakat,  terbentuknya  Sekeretariat  &  Sanggar. Budaya serat masyarakat berwirausaha di Desa Rajawali. Program  sosilaisasi  dan  pendampingan  melibatkan  stakeholder  dapat  berlanjut  sebagai manifestasi kerjasama pentahelix. PKM Pendampingan sadar Wisata dan Website desa di Desa Rajawali telah berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Rajawali, yang pada akhirnya bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Harapan kedepan adanya sinergi yang lebih baik lagi antara semua lapisan masyarakat, pemerintah, swasta dan pihak investor maupun dari bumdes.

References

Adrian, D., & Mulyandi, M. R. (2021). Manfaat pemasaran media sosial instagram pada pembentukan brand awareness toko online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(02), 215–222.

Anuraga, J. L. Y. (2021). Jalur Rempah Banda, Antara Perdagangan, Penaklukan Dan Percampuran: Dinamika Masyarakat Banda Neira Dilihat Dari Sosio-Historis Ekonomi Rempah The Banda Spice Route, Between Trade, Conquest. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 23(3).

Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 4(2), 5–6.

Daulay, S. H. P. P. D. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Pantai Bali Lestari. Creative Agung, 5(3), 248–253.

Dunggio, A. R., Setyowati, S. E., Inamah, I., & Pudiastuti, R. R. (2022). PELATIHAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN POTENSI STROKE BAGI MASYARAKAT PESISIR DI DESA PULAU HATTA KECAMATAN BANDA KABUPATEN MALUKU TENGAH. PELATIHAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN POTENSI STROKE BAGI MASYARAKAT PESISIR DI DESA PULAU HATTA KECAMATAN BANDA KABUPATEN MALUKU TENGAH.

Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75.

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39.

Farid, M. (2021). Tanabanda: Esai-esai tentang Mitos, Sejarah, Sosial, Budaya Pulau Banda Naira. Prenada Media.

HARAHAP, D. A. (2020). Pentingnya komunikasi pemasaran menciptakan kesadaran merek.

Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. (2021). Model Pemasaran Digital Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Kota Semarang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 45–48.

Manoban, G. V. A., Herdiansyah, D., Insani, F. R. N., Atilah, S., Sholeh, S., Nurjanah, S., Rozalina, A., & Robiurrahmah, A. (2022). Pendampingan bagi Kelompok Sadar Wisata NUSA IMPIAN Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Melalui Digital Marketing di Desa Wisata Pulau Lemukutan. Jurnal KARINOV, 5(3), 199–206.

Rofaida, R., Aryanti, A. N., & Perdana, Y. (2019). Strategi inovasi pada industri kreatif digital: Upaya memperoleh keunggulan bersaing pada era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 402–414.

Siahaya, R. A. (2023). Identifikasi Jenis-jenis Plankton di Perairian Pantai Gunung Api, Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah. JUSTE (Journal of Science and Technology), 3(2), 111–120.

Suhendro, I., Mutaqin, B. W., Sobaruddin, D. P., Agustiningtyas, L., Humaida, H., Marfai, M. A., & Hadmoko, D. S. (2022). Dynamics of Two Caldera-Forming Eruptions (Banda Besar and Naira) in the Marine Conservation Zone of Banda, Maluku, Indonesia. Geosciences, 12(11), 428.

TALAOHU, A. H. R. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tengah Dalam Mempromosikan Wisata Pantai Yang Ada Di Pulau Seram.

Tamaneha, T. S., Pesulima, M., & Pakniany, Y. (2023). Promosi Pariwisata Maluku Melalui Ajang Pemilihan Putri Pariwisata. JUPARITA: Jurnal Pariwisata Tawangmangu, 1(1), 54–68.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Bugis, M. ., Latuconsina, Z. ., Tutupoho, S. ., Matdoan, A. ., Laitupa, A. A. ., Basuki, F. H. ., Sijabat, A. ., Seleky, R. ., & Tamhe, E. R. . (2024). PENDAMPINGAN SADAR WISATA DAN PENGEMBANGAN WEBSITE DESA WISATA DI KECAMATAN BANDA KABUPATEN MALUKU TENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4706–4713. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29158