PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI

Authors

  • Lutfi Rohmawati Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Poy Saefullah Zevender Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27741

Keywords:

Kampus mengajar, Literacy, Numeracy

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan kampus mengajar yang merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Pelaksanaan program kampus mengajar Angkatan 4 ini memfokuskan pada belajar berdampak atau berdampak belajar serta bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi pada peserta didik tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia, salah satunya SD Negeri Plawad IV yang bertempat di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Adapun pendekatan yang digunakan pada pengabdian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif, terjun langsung ke sekolah sasaran. Hasil akhir dari pelaksanaan program kampus mengajar ini menunjukkan adanya dampak positif bagi siswa dan juga sekolah dalam segi peningkatan kemampuan literasi dan numerasi yang menjadi focus sasaran dalam program tersebut. Dampak dari Kampus Mengajar ini juga membantu pemerintah dalam pemerataan pendidikan di seluruh pelosok daerah Indonesia..

References

Ariani, M. (2022). IMPLEMENTATION OF MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) ON THE INTEREST OF MOESTOPO UNIVERSITY STUDENTS. Moestopo International Review on Social, Humanities, and Sciences, 2(2), 94–107.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116.

Hadiyati, H., Fatkhurahman, F., & Suroto, B. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 122–128.

Kamalia, P. U., & Andriansyah, E. H. (2021). Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 857. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.4031

Kemendikbud. (2019, December 4). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Khoiriah, K. (2022). Assessment for Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skills untuk Menstimulus Kecakapan Literasi Numerasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 127–144.

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541.

Setiawan, F., & Sukamto, S. (2021). Implementasi kampus mengajar perintis (KMP) sebagai cikal bakal penggerak pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah dasar. IMPLEMENTASI KAMPUS MENGAJAR PERINTIS (KMP) SEBAGAI CIKAL BAKAL PENGGERAK PEMBELAJARAN LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR, 10(2), 339–345.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan kampus mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924.

Siahaan, M., Lumbansiantar, R., Manullang, D. T., & Sianipar, V. M. B. (2023). Pengaruh program kampus mengajar angkatan IV dalam meningkatkan kompetensi literasi dan kompetensi numerasi siswa SMP Terpadu Al-Bukhari Muslim Medan tahun ajaran 2022/2023. Journal on Education, 5(4), 14834–14849.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Rohmawati, L. ., & Zevender, P. S. . (2024). PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 4055–4062. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27741