WORKSHOP SMART SEARCH: PELATIHAN LITERASI MAHASISWA KEHUTANAN DALAM MENEMUKAN PUSTAKA OPEN-ACCESS UNTUK PENULISAN KARYA ILMIAH

Authors

  • Andi Ridha Yayank Wijayanti Universitas Sulawesi Barat
  • Ikawati Karim Universitas Sulwesi Barat
  • Andi Arafat Universitas Sulwesi Barat
  • Andi Mawaddah Zakiyah Universitas Sulwesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.40761

Keywords:

Literasi, Smart Search, Google Scholar, Open Knowledge Maps

Abstract

Kurangnya kemampuan mahasiswa kehutanan universitas sulawesi barat dalam memperoleh pustaka yang relevan untuk menyusun tugas akhir akan berdampak pada pemenuhan standar mutu perguruan tinggi. Pada kegiatan pengabdian Workshop Smart Search “menemukan pustaka ilmiah melalui laman google scholar dan open knowledge maps” merupakan salah satu solusi aplikatif untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pencarian pustaka kepada mahasiswa agar dapat menghasilkan karya ilmiah yang baik sesuai dengan standar mutu akademik. Workshop smart search juga mempraktekkan langsung terkait teknik pencarian pustaka dengan penggunaan kata kunci dan fitur untuk mempersempit pencarian yang relevan. Pemahaman terhadap dasar-dasar teknik pencarian telah terbagun dengan adanya pengabdian ini. Kedepannya dalam mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa perlu langkah-langkah mengintegrasikan literasi pustaka dan keterampilan digital ke dalam proses belajar mengajar tidak hanya pada saat penyusunan tugas akhir (skripsi).

References

Dacholfany, M. I., Sudyana, I. N., Roza, N., Bakri, A. A., Litamahuputty, J. V., & Haddar, G. Al. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 3784–3790.

Fitriyani, F., Zulfa, S. U., & Miswan, M. (2023). Transformasi pustakawan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa terhadap penelusuran informasi di dunia maya. Daluang: Journal of Library and Information Science, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.21580/daluang.v3i2.2023.17960

Jasiah, Kusumawati, I.R., Kusumawati, Sutiharni., Febrina, W., & Elfina , Y. (2023). Pelatihan Sistematika Penulisan Skripsi Bagi Mahasiswa. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 4(1), 58–64.

Kusumawati, R., Kurniati, L., Hidayati, D. W., & Wulandari, I. (2022). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian, Pencarian Kepustakaan Berbasis Internet dan Penguasaan Manajemen Kepustakaan. Manggali, 2(1), 47. https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.1959

Nurfidah, & Sastromiharjo, A. (2024). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Menulis: Tinjauan Pustaka. 13(2), 2252–4657. https://doi.org/10.22460/semantik.v13i2.p277-292

Rosalia, D. R., & Masruri, A. (2024). Peningkatan Literasi Informasi Melalui Seminar Pengenalan Artificial Intelligence dan Ragam Research Tools dalam Penulisan Karya Ilmiah di Perpustakaan STIPRAM Yogyakarta. Jurnal Adabiya, 26(1), 55. https://doi.org/10.22373/adabiya.v26i1.21328

Rosdiana, L. A., Damaianti, V. S., Mulyati, Y., & Sastromiharjo, A. (2024). Google Scholar Sebagai Sumber Literasi Digital Dalam Menulis Artikel Ilmiah Di Perguruan Tinggi. 13(2), 2252–4657. https://doi.org/10.22460/semantik.v13i2.p175-186

Sa’diyah, I., Hamid, A., Saidan, G. A. K., Zahirah, J. F., & Ramadhani, N. E. (2023). Pelatihan Guru di SMPN 2 Balongbendo Sidoarjo melalui Pendampingan Menulis Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Media Pendukung Google Scholar dan Mendeley (GSM). Sewagati, 7(6), 989–997. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i6.757

Saidin, Sudirman, F. A., H, L. O. H., Asriani, Yusuf, M., Abdullah, A., & Amin, H. (2023). Pemanfaatan Mendeley dan Google Scholar dalam Sitasi Karya Ilmiah. Kongga : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 24–29. https://doi.org/10.52423/kongga.v1i1.4

Sujianto, A. E., Hidayat, M. S., Indriyani, D., & Asyifyan, M. A. (2024). Bimbingan Teknis: Strategi Menemukan Novelty Berbasis IT. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 8(2), 424–435. https://doi.org/10.29407/ja.v8i2.21742

Susetyo, & Noermanzah. (2020). Kemampuan Dan Kesulitan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bengkulu Dalam Menulis Proposal Penelitian Skripsi. Silampari Bisa, 3(2), 182–201. http://www.ojs.stkippgrilubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISAURL:https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1071

Susetyo, S., & Sarwono, S. (2020). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Skripsi Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fkip Universitas Bengkulu. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v1i1.13565

Susila, M. N., & Wahidin, A. J. (2024). Edukasi Teknologi Internet Dan Media Sosial Guna Membangun Keterampilan Digital Bagi Yatim Dan Dhuafa Tarbiyyatul Qolbi Nusantara. 7(2), 318–326.

Tanjung, R., & Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Zahraeni, D.A., Sumardiyani, L., Utami, H.R., Ambarini, R. (2023). Optimasi Proses Penelitian: Penerapan Open Knowledge Maps dan Visualisasi VosViewers sebagai Solusi Terintegrasi. 4, 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Wijayanti, A. R. Y., Karim, I., Arafat, A., & Zakiyah, A. M. (2025). WORKSHOP SMART SEARCH: PELATIHAN LITERASI MAHASISWA KEHUTANAN DALAM MENEMUKAN PUSTAKA OPEN-ACCESS UNTUK PENULISAN KARYA ILMIAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 1831–1836. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.40761

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.