PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PRODUK LOKAL UNTUK DUKUNGAN DESA WISATA DI KABUPATEN KONAWE UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26616Keywords:
Desa Wisata; Kewirausahaan; Pelatihan; Produk Lokal.Abstract
Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan masyarakat Desa Wisata di Kabupaten Konawe Utara melalui pelatihan berbasis produk lokal. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan PKM ini adalah pelatihan dan pendampingan, dimana peserta diajarkan tentang pengembangan produk, pemasaran digital, serta strategi berkelanjutan dalam bisnis. Data awal menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan peserta dalam kewirausahaan meningkat signifikan, yang diukur melalui pre-test dan post-test. Selanjutnya, inisiatif ini juga berkontribusi pada peningkatan pendapatan peserta dan promosi produk lokal, yang pada gilirannya mendukung keberlanjutan desa wisata. Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan kewirausahaan berbasis produk lokal dapat menjadi strategi efektif untuk pengembangan ekonomi desa dan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini memberikan wawasan baru dalam pengembangan desa wisata melalui pemberdayaan kewirausahaan, serta memperkuat model kolaborasi antara universitas, komunitas lokal, dan pemerintah daerah dalam mendukung inisiatif pembangunan berkelanjutan.References
Agustina, Y., Wijijayanti, T., Winarno, A., & Rahayu, W. P. (2023). The Economarketing Model: Development of Productive and Sustainable Tourism Area. International Journal of Professional Business Review, 8(2), e01017. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i2.1017
Berger, E. S. C., & Blanka, C. (2024). Comprehensive and multifaceted perspectives on sustainability, urban studies, and entrepreneurship. Small Business Economics, 62(2), 471–501.
Dias, Á., & Silva, G. M. (2021). Lifestyle Entrepreneurship and Innovation in Rural Areas: The Case of Tourism Entrepreneurs. Journal of Small Business Strategy, 31(4).
Halim, B. N., Sa’diyah, A., Fauzi, N. I., Fauzi, U. S., Al Khadziq, M. F., Amalia, M., Solikhah, K., Faqih, A., Awaliyah, S. M., Irawati, W., & Sibyan, H. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK LOKAL UMKM DI DESA GADINGREJO. Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 609–615.
Malik, A., & Mulyono, S. E. (2017). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 87–101.
Muzaqi, A. H., & Hanum, F. (2020). Model Quadruple Helix dalam Pemberdayaan Perekonomian Lokal Berbasis Desa Wisata di Desa Duren Sari Kabupaten Trenggalek. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 673–691.
Osin, R. F., & Purwaningsih, N. K. (2020). PERAN GENERASI MILENIAL DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL. 5(2).
Pugra, I. W., Oka, I. M. D., Politeknik Negeri Bali, Indonesia, Suparta, I. K., & Politeknik Negeri Bali, Indonesia. (2021). Kolaborasi Pentahelix Untuk Pengembangan Desa Timpag Menuju Desa Wisata Berbasis Green Tourism. Bhakti Persada, 7(2), 111–120. https://doi.org/10.31940/bp.v7i2.111-120
Rosalina, P. D., Dupre, K., Wang, Y., Putra, I. N. D., & Jin, X. (2023). Rural tourism resource management strategies: A case study of two tourism villages in Bali. Tourism Management Perspectives, 49, 101194.
Suwendi, Abdul, B., & Jarot, W. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam
Utami, D. D., Dhewanto, W., & Lestari, Y. D. (2023). Rural Tourism Entrepreneurship: A Systematic Literature Review on Resources and Challenges. Tourism and Leisure, 12.
Yuardani, A. M., Heriyanto, H., Qadri, U., Rinaldi, H., Wana, D., Tandra, R., Sulaiman, S., & Prestoroika, E. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendampingan untuk Pengembangan Pariwisata pada Desa Sungai Kupah. Jurnal Abdidas, 2(2), 176–185.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muh Nur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.