FASILITASI USAHA PRODUK ABON IKAN NILA DI DESA MONDORETNO KECAMATAN BULU KABUPATEN TEMANGGUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.42196Keywords:
Pendampingan, Produk, Abon Ikan NilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam pengembangan usaha produk abon ikan nila di Desa Mondoretno, Kecamatan Bulu, Temanggung. Meskipun ikan nila memiliki potensi besar sebagai bahan baku produk olahan, usaha abon ikan nila di desa ini masih terkendala dalam hal pengolahan dan pemasaran yang efektif. Kegiatan pendampingan ini meliputi pelatihan pengolahan abon ikan nila yang baik dan benar, peningkatan manajemen usaha, serta strategi pemasaran yang dapat meningkatkan daya saing produk. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah partisipatif, dengan melibatkan masyarakat setempat dalam setiap tahap pelaksanaan. Hasil pendampingan ini menunjukkan dapat meningkatkan kualitas produk abon ikan nila, memperluas pasar, serta menciptakan peluang usaha baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa. Dengan demikian, usaha abon ikan nila di Desa Mondoretno diharapkan dapat berkembang secara berkelanjutan dan memberikan kontribusi terhadap perekonomian lokalReferences
ACarvalho, N. A. R. de, Melo, S. S. e. S., Gouveia, M. T. de O., de Moraes, L. M. V., Santos, J. D. M., & Silva, R. S. de S. (2019). Quality of nursing care in a maternal intensive care unit. Enfermeria Global, 18(3), 83–126. https://doi.org/10.6018/eglobal.18.3.342741
Cherni, H., Métayer, N., & Souliman, N. (2020). Literature review of locomotion techniques in virtual reality. International Journal of Virtual Reality, 20(1), 1–20. https://doi.org/10.20870/ijvr.2020.20.1.3183
Dewi, E. N., Ratna, I., & Yuaniva, N. (2011). Daya Simpan Abon Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus Trewavas) Yang Diproses Dengan Metoda Penggorengan Berbeda. Jurnal Saintek Perikanan, 6(1), 6–12.
Hadiwijaya, H., & Prasetya, D. (2023). Meningkatkan Kualitas Produk dan Daya Saing melalui Inovasi dan Pemasaran Digital Pada Pengrajin Sangkar Burung di Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(5), 289–295. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i5.142
Hariyanto, S. (2016). Analisis Penentuan Sektor Unggulan dan Klasifikasi Pertumbuhan Ekonomi Daerah di Kabupaten Temanggung Tahun 2011-2014. Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta., 1–120.
Hendarmin, R., & Sari, R. (2024). Pengembangan Branding dan Identitas Bisnis Untuk UMKM Desa Petanang. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 7(1), 19–23. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i1.2803
JASMINE, K. (2014). “Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran.” In Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.
Jumini, S., Suyud El Syam, R., Suwondo, A., & Guspul, A. (2023). The Role Of Higher Education In Fostering The Creativity And Innovation Of Students, College Students, And Business Actors. Perspektif Ilmu Pendidikan, 37(1), 77–87. https://doi.org/10.21009/pip.371.10
Lesmana, N., Hakim, I., Sanjaya, A., Marsin, I. S., Prasetyo, E., Witiyastuty, H., & Jamal, I. (n.d.). Manajemen Pemasaran.
Mandhaputri, H. A., Aribowo, & Riasih, T. (2023). Pengembangan Ekonomi Lokal Sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat di Desa Karamatwangi. LINDAYASOS: Jurnal Ilmiah Perlindungan Dan Pemberdayaan Sosial, 5(2), 115–134.
Matović, N., & Ovesni, K. (2023). Interaction of quantitative and qualitative methodology in mixed methods research: integration and/or combination. International Journal of Social Research Methodology, 26(1), 51–65. https://doi.org/10.1080/13645579.2021.1964857
Nurmalina, R., Yulianti, C., Fitri, Utami, A. D., Sari, R. M., Risenasari, H., Siwang, R. S., Khotimah, H., Rosiana, N., Rachman, A., & Hasibuan, M. (2015). Pemasaran : Konsep dan Aplikasi.
Oliveira, L. B., Marvila, M. T., Fediuk, R., Vieira, C. M. F., & Azevedo, A. R. G. (2023). Development of a complementary precursor based on flue gas desulfurization (FGD) for geopolymeric pastes produced with metakaolin. Journal of Materials Research and Technology, 22, 3489–3501. https://doi.org/10.1016/j.jmrt.2023.01.017
Saefullah, M., & Syam, R. S. El. (2022). Asistensi Penanganan Dan Pencegahan Stunting Di Desa Damarkasiyan Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. NUSANTARA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 43–50. https://doi.org/10.55606/nusantara.v1i2.303
Stuchlý, P., Hennyeyová, K., Janšto, E., Šilerová, E., & Vaněk, J. (2023). Marketing Management of Electronic Commerce in the Process of Current Marketing Management. Agris On-Line Papers in Economics and Informatics, 15(2), 105–103. https://doi.org/10.7160/aol.2023.150209
Sulistiyani, S., Pratama, A., & Setiyanto, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 31–39. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4029
Syahnita, R. (2021). Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran Dan Proses Penyusunannya. Modul Biokimia Materi Metabolisme Lemak, Daur Asam Sitrat, Fosforilasi Oksidatif Dan Jalur Pentosa Fosfat, 5(2), 6.
Yang, J., & Lee, J. (2019). Application of sensory descriptive analysis and consumer studies to investigate traditional and authentic foods: A review. Foods, 8(2), 1–17. https://doi.org/10.3390/foods8020054
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Robingun Suyud El Syam, Ika Nur Hanifah, Khofifah Yuliarti, Ida Fania, Mellyana Mellyana, Husnul Khatimah, Idvina Ayu Nabila, Ika Yuliana Prastica

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.