PENGEMBANGAN PROGRAM PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS DALAM MENDUKUNG KEMANDIRIAN EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41300Keywords:
pelatihan kewirausahaan, mahasiswa, kemandirian ekonomi, inovasi, ekosistem kewirausahaan, Schumpeter.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa universitas dalam rangka mendukung kemandirian ekonomi. Program pelatihan ini diharapkan dapat memberikan keterampilan praktis dan pola pikir kewirausahaan yang inovatif, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk memulai usaha mereka sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam kepada mahasiswa peserta pelatihan, dosen, serta pelaku industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan kewirausahaan dapat meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa, mengembangkan kemampuan inovasi, serta memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai aspek-aspek penting dalam berwirausaha. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa dukungan ekosistem kewirausahaan kampus, seperti akses ke modal, inkubator bisnis, dan jaringan industri, sangat penting untuk keberhasilan program pelatihan. Penelitian ini mendukung teori kewirausahaan Schumpeter yang menekankan peran pengusaha sebagai agen perubahan yang membawa dinamika baru dalam sistem ekonomi. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar universitas memperkuat kurikulum pelatihan, memperluas kemitraan dengan industri, dan meningkatkan akses mahasiswa terhadap fasilitas pendukung kewirausahaan untuk mempercepat pencapaian kemandirian ekonomi.References
Ain, F.A. 2013. Pengaruh Pendidikan & Pelatihan, Prestasi Belajar Kewirausahaan terhadap Sikap Kewirausahaan Peserta didik SMK N 1 Cerme. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Vol. 1, No 2.
Alma, B. 2013. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Anwar. 2012. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. dan Jabar, C.S.A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teknis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Bumi Aksara.
Asmani, J.M. 2009. Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press.
Basrowi. dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Coombs, P.H. 1983. New Paths to Learning for the Rural Children and Youth. New York: International Council for Educational Development.
Dharma, A. 1998. Perencanaan Pelatihan. Bandung: Pusdiklat Pegawai Depdikbud.
Dimyati, dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Edi Silamat, Agus Sanjaya, Bastian Kawani, Tri Martial, Melinda Yusri Rizki, Rian Novita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.