MEMBANGUN LITERASI DAN KREATIVITAS DI MASA PANDEMI COVID 19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2586

Keywords:

Literasi, Kreativitas, Pandemi, Ketahanan Masyarakat

Abstract

Artikel ini menjelaskan kegiatan membangun literasi dan kreativitas warga kelurahan Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat di masa pandemi Covid 19. Program ini dilaksanakan dengan model penyuluhan literasi berkelanjutan. Artinya, kegiatan ini dilakukan dengan menyusun program dengan skema yang sistematis mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Di dalam program ini, ditentukan juga konsep penyuluhan literasi yang tepat sasaran dengan mempertimbangkan situasi, kondisi, dan tujuan program. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa dalam rangka program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) yang diselenggarakan IKIP Siliwangi tahun 2021. Literasi dan kreativitas diwujudkan dengan berbagai program pembangunan dan penguatan terutama pada warga yang masih sekolah di tingkat dasar dan menengah. Tujuan dari kegiatan ini adalah usaha dan upaya dalam memupuk kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi sehingga dapat menumbuhkembangkan sikap kreatif yang berujung pada kemampuan menghadapi pandemi Covid 19. Hasil Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) diharapkan menjadi tonggak awal terciptanya masyarakat yang literat, kreatif, dan berwawasan luas. Masyarakat yang literasi adalah masyarakat yang mampu mengenali kemampuan diri dan lingkungannya sehingga mereka bisa menghadapi pandemi dengan lebih bijak dan logis. Semoga manfaat PPM ini tidak hanya untuk masyarakat kelurahan Galanggang, tetapi untuk masyarakat umum yang memiliki kesadaran literasi yang tinggi.

Author Biographies

Heri Isnaini, IKIP Siliwangi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa, IKIP Siliwangi

Diena San Fauziya, IKIP Siliwangi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa, IKIP Siliwangi

R. Mekar Ismayani, IKIP Siliwangi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa, IKIP Siliwangi

References

Aprilianti, D., Herawati, M. N., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh Pemberian Hadiah terhadap Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Vol. 2 No.3, 427-432.

Arriany, I., Junadi, & Laksono, A. D. (2020). Pelatihan E-Learning untuk Tutor Pendidikan Kesetaraan. Community Development Journal, Vol. 1 No. 2, 118-124.

Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pembelajar yang Berdampak pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Seuneubok: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya, dan Kependidikan, Volume 5, No. 1, 153-166.

Depdikbud. (2015). KBBI Edisi V. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Herliani, Y., Isnaini, H., & Puspitasari, P. (2020). Penyuluhan Pentingnya Literasi di Masa Pandemik pada Siswa SMK Profita Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Community Development Journal, Vol. 1 No. 3, 277-283.

Isnaini, H. (2019, 8 Agustus 2019). Pembelajaran Memahami Karya Sastra Sebagai Bagian Pembelajaran Kritik Sastra pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Paper presented at the Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, Majalengka, Jawa Barat.

Isnaini, H., & Herliani, Y. (2020). Penyuluhuan Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Karakter di SMK Profita Kota Bandung Tahun Ajaran 2019-2020. Community Development Journal, Vol 1 No. 2, 78-83.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supini, P., Sudradjat, R. T., & Isnaini, H. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Drama dengan Menggunakan Metode Picture and Picture. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Vol. 4 No. 1, 16-23.

Taufani, G. K. (2008). Menginstal Minat Baca Peserta Didik. Bandung: PT Globalindo Universal Multikreasi.

Wikanengsih, Isnaini, H., & Kartiwi, Y. M. (2019a). Pembelajaran Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Video Animasi pada Siswa Kelas X SMK Profita Bandung 2018/2019. Onoma: Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Cokroaminoto, Palopo, Vol. 5 No. 2, 383-398.

Wikanengsih, Isnaini, H., & Kartiwi, Y. M. (2019b). Penyuluhan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia yang Inovatif Bagi Guru-Guru SMP di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Uniska Kediri, Vol. 1 No. 2, 52-58.

Downloads

Published

2021-10-28