MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN SOCIAL SKILL TRAINING PADA PASIEN GANGGUAN SKIZOFRENIA PARANOID DI PSR-GPODGJ DINAS SOSIAL KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18393Keywords:
Social Skill Training, Keterampilan Sosial, Skizofrenia Paranoid, Psikologi Sosial, Psikologi Klinis, Dinas Sosial.Abstract
Kemunduran keterampilan sosial yang dialami oleh penderita gangguan skizofrenia paranoid menunjukkan bahwa mereka memerlukan latihan dalam keterampilan sosial. Dalam hal meningkatkan keterampilan sosial metode social skill training merupakan pilihan terbaik untuk mencapai tujuan peningkatan keterampilan sosial bagi penderita skizofrenia paranoid. UPTD-PSRGPODGJ yang berada dibawaha naungan Dinas Sosial Provinsi Sumatra Selatan Kota Palembang merupakan salah satu Lembaga Masyarakat yang menampung dan memberikan rehabilitasi bagi mereka yang terkena gangguan mental atau kejiwaan khususnya yang terkena skizofrenia. Metode Social Skill Training dengan tujuan melatih untuk berkomunikasi, menjalin persahabatan dan menghadapi situasi sulit dengan metode modelling, role play, feedback dan evaluasi memberikan hasil perubahan yang sangat signifikat pada subjek penderita skizofrenia paranoid. Pelaksanaan dilakukan selama masa magang, dan setelah kegiatan dilaksanakan untuk mendapatkan validitas perubahan pada subjek dilakukan wawancara dengan petugas kesehatan UPTD-PSRGPODJ. Hasil dari wawancara mengatakan bahwa ada perubahan signifikat dari subjek dalam aspek keterampilan sosial subjek yang sebelumnya tidak bisa dilakukan oleh subjek.References
Amran, S. R., & Widayat, I. W. (2020). Pengaruh Behavioral Social Skill Training Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Anak Disabilitas
Intelektual Ringan. 9(1).
Azzahra, F. (2020). Meningkatkan Keterampilan Sosial dengan Social Skill Training pada Anak Autis. Procedia?: Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 4(1).
Fauziyyah, A., & Ampuni, S. (2018). Depression Tendencies, Social Skills, And
Loneliness Among College Students In Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 45(2), 98.
Febrian Al Amin, M. (2019). Peran Social Skill Training dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Pasien Skizofrenia Katatonik. Jurnal Intervensi Psikologi (Jip), 11(2), 101–110.
Komang, I., Landra, G., Devi, K., & Anggelina, I. (2022). Skizofrenia Paranoid. Ganesha Medicina, 2.
Krissanti, A., & Asti, A. D. (2019, October). Penerapan Terapi Okupasi: Berkebun Untuk Meningkatkan Harga Diri Pada Pasien Harga Diri Rendah Di Wilayah Puskesmas Sruweng. In Prosiding University Research Colloquium (Pp. 630-636).
Liana, S. T., Astuti, K., Budiyani, K., Budiyani, D. K., Magister, P., Profesi, P., Mercu, U., & Yogyakarta, B. (2018). Social Skills Training (Sst) Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial pada Orang dengan Schizophrenia. Jurnal Psikologi, 14(1), 1–6.
Mashudi, S., Nasriati, R., & Octaviani, E. (2020). Terapi Okupasi Sebagai Sarana
Peningkatan Kesehatan Jiwa Penderita Skizofrenia. Jurnal Abdidas, 1(5), 313-317.
Rahmawati, M. (N.D.). Bab Ii Tinjauan Pustaka 2.1 Keterampilan Sosial(Social Skill) 2.1.1 Pengertian Keterampilan Sosial (Social Skill).
Rai, N. G. M. (2015). Social Skill Training (Sst) Sebagai Intervensi pada Anak dengan Gangguan Sikap Menentang. Jurnal Sosial Humaniora (Jsh), 8(1), 55-68.
Rizky, ), Hardhiyanti, S., Pandjaitan, L. N., & Arya, ) Lutfi. (2020). Efektivitas Social Skills Training (Sst) Untuk Mereduksi Intensitas Bullying pada Remaja. 9(1).
Teori, K., & Sosial, A. K. (N.D.). Bab II.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Buprayundira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.