PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN, GEMBIRA DAN BERBOBOT) DI SDN O64004 BELAWAN BAHARI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14014Keywords:
Literasi, Numerasi, Paikem GembrotAbstract
Peningkatan literasi dan numerasi sangat penting dalam proses pembelajaran siswa. Di sekolah SDN 064004 Belawan Bahari, masih banyak siswa-siswi yang belum bisa membaca dan beberhitung. Kegiatan PKM yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan sarana bagi mahasiswa untuk berperan sebagai mediator dan inovator dalam proses belajar mengajar di sekolah. Peningkatan literasi dan numerasi ini menggunakan metode PAIKEM GEMROT (Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot). Kegiatan PKM ini dilakukan di desa Belawan Bahari tepatnya di sekolah SDN 064004. Sekolah terdiri dari kelas 1-6. Tiap kelas dibagi menjadi 2 grup, jadi totalnya ada 12 kelas. Mahasiswa memberikan pelajaran tambahan berupa belajar membaca, menghitung, cerita, memberikan bimbingan, les bahasa Inggris untuk siswa. Melalui kegiatan PkM ini, siswa menjadi lebih bersemangat untuk belajar, kemampuan literasi dan numerasi juga meningkat.References
Indrawati. 2009. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar Untuk Guru SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.
Subroto, Trisno Hadi dan Ida Siti Herawati. 2003. Pembelajaran Terpadu. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rani Farida Sinaga, Niken Sitorus, Cici Suzana Saragih, Afrilia Lumban Batu, Tegar T W Siahaan, Lilis Laura Manik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.