PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DI SD NO.091421 EMPL. BAH BUTONG

Authors

  • Christina N. Saragi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Siska A. Sianturi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Widya Y. Malau Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rini T. Ginting Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tio V.A.P Sibarani Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Fransiskalona Br Kaban Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Kiristi Manullang Universitas HKBP Nommensen Medan

Keywords:

Model Pembelajaran PAIKEM GEMBROT, Inovasi, Strategi

Abstract

Pendekatan yang tepat merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan dapat membantu peserta didik meningkatkan hasil belajarnya. Karena itu setiap pengajar atau guru perlu menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran. Namun, dalam penerapan model pembelajaran tersebut, sering terjadi masalah yaitu rendahnya daya serap peserta didik. Untuk itu pentingnya strategi dari guru supaya proses pembelajaran tidak membosankan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya inovasi atau perubahan dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, pemilihan model pembelajaran Paikem Gembrot merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. PAIKEM GEMBROT adalah singkatan dari pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot.

References

Afrih Lia, N. F., & Sekar Sari, S. (2021). Paikem Model Pembelajaran Alternatif Bagi Anak Usia Dini. Journal Of Early Childhood And Character Education, 1(1), 19–34. Https://Doi.Org/10.21580/Joecce.V1i1.6612

Bagiarta, I. M. (2021). Penerapan Paikem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal Of Education Action Research, 5(2), 285–293. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V5i2.33268

Budiyono, S. (2021). Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Utbk Tahun 2021. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unsiq, 8(3), 291–299. Https://Doi.Org/10.32699/Ppkm.V8i3.1870

Dengah, A. (2021). Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Di Perbatasan Negara Menurut Hak Asasi Manusia Di Indonesia. Lex Administratum, 9(3).

Effendi, M. R., Nurparatiwi, S., Narulita, S., Tsaqila, D. F., & Nurhidayat, M. (2021). Penguatan Softskill Guru Dalam Upaya Peningkatan Etos Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Sivitas?: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 41–51. Https://Doi.Org/10.52593/Svs.01.2.01

Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal Of Primary Education, 2(1), 27–33. Https://Doi.Org/10.30605/Cjpe.212019.105

Lestari, W. I. S., Hermita, N., & Kurniaman, O. (2019). Application Of Paikem Gembrot Learning Model To Improve Fifth Graders’ Science Learning Motivation. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (Jtlee), 2(2), 164–173.

Magdalena, I., Septianti, N., Barlianty, L., & Farawansya, S. A. (2020). Penerapan Model Pembelajan Paikem Gembrot Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sdn Kedaung Barat Iv. Edisi, 2(2), 348–365. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36088/Edisi.V2i2.1026

Napitupulu, F. D., Sitorus, S., & Mita, L. (2022). Penerapan Model Pakem Pada Kursus Bimbingan Belajar Gratis Dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Sd Negeri 106447 Durian Kec. Pantai Labu. Citra Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 12–16. Https://Doi.Org/Https://Publisher.Yccm.Or.Id/Index.Php/Cab/Article/View/68

Nur Agus Salim. (2021). Workshop Penerapan Model Pembelajaran Pakem Di Smp Pgri I Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (Jpkpm), 1(1), 20–25. Https://Doi.Org/10.24903/Jpkpm.V1i1.722

Prajnamitra, T., & Uriptiningsih, A. L. (2021). Penerapan Paikem Gembrot Berdasi Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Didasko: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 163–174. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52879/Didasko.V1i2.19

Rahayuningtyas, E., & Istiqlal, M. (2019). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Materi Segiempat Dan Segitiga Menggunakan Model Pembelajaran (Paikem Gembrot) Pada Peserta Didik Kelas Vii-D Mts Negeri Salatiga. Hipotenusa?: Journal Of Mathematical Society, 1(1), 22–26. Https://Doi.Org/10.18326/Hipotenusa.V1i1.22-26

Sabihi, M. (2019). Penerapan Paikem Gembrot Untuk Menignkatkan Hasil Belajar Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2144–2158. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36088/Edisi.V2i2.1026

Sarly, S. M. (2020). Penerapan Model Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Kreativitas Karya Kolase Siswa Pada Mata Pelajaran Sbdp (Penelitian Tindakan Kelas Dalam Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas Iv-E Sd Islam Nabilah Tahun Pelajaran 2018/2019). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Http://Repository.Universitaspahlawan.Ac.Id/Id/Eprint/339

Sarly, S. M., & Pebriana, P. H. (2020). Penerapan Model Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Kreativitas Karya Kolase Siswa Pada Mata Pelajaran Sbdp. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 2(2), 156–160. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V2i2.1029

Setia Ningsih, D., Iskandar, I., & Syahbani, N. (2020). Penerapan Model Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas Vii A Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi. Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Http://Repository.Uinjambi.Ac.Id/Id/Eprint/5687

Siang, N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 99–107. Https://Doi.Org/10.24252/Khidmah.V1i1.23623

Silahudin, A., Hidayah, N., & Faruqi, D. (2020). Pelatihan Penerapan Pembelajaran “Paikem” Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Di Desa Sidogede Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur. Jepkm (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 251–284. Https://Doi.Org/Https://Jurnal.Stitmugu.Ac.Id/Index.Php/Mengabdi/Article/View/65

Sumardani, S. (2021). Meningkatkan Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran Paikem Melalui Penerapan Supervisi Akademik Individual Dengan Pendekatan Non Directif. Journal Of Education And Technology, 1(2), 119–123.

Utami, N., & Basir, M. D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 68–76. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36706/Jp.V2i1.5536

Wulan, R., Saputra, E., & Ali, N. (2017). Implementasi Sistem Aplikasi Dan Metode Pembelajaran Paikem Gembrot Berjas (Berbasis Jaringan Sosial). String (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.30998/String.V2i1.1718

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Saragi, C. N. ., Sianturi, S. A. ., Malau, W. Y. ., Ginting, R. T. ., Sibarani, T. V. ., Kaban, F. B. ., & Manullang, K. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DI SD NO.091421 EMPL. BAH BUTONG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1191–1196. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13002