PELATIHAN PENGUSAAN KOSA KATA DAN PENGUCAPAN BAHASA INGGRIS DENGAN METODE BERNYANYI BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH MINGGU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12353Keywords:
Kosa Kata; Pengucapan, Anak Sekolah Minggu; PKM; Lagu bahasa Inggris; PelatihanAbstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah melaksanakan pelatihan kepada masyarakat khususnya anak-anak sekolah minggu dengan kisaran umur 6-12 tahun dalam berbahasa Inggris. Jumlah peserta pelatihan 20 orang yang semuanya masih duduk di sekolah dasar. Fokus pelatihan adalah penguasaan kosa kata bahasa Inggris dan pengucapan kata bahasa Inggris yang tepat. Metode pelatihan ini menggunakan teknik bernyanyi. Sebanyak 10 lagu bahasa Inggris disiapkan sebagai materi pelatihan. Pelaksanaan pelatihan ini dilakukan di Gereja Getsemane, Griya Martubung Medan. Waktu pelaksanaannya selama dua minggu, dengan 12 kali sesi pelatihan. Durasi setiap pelatihan berlangsung selama 90 menit, dilaksanalan di sore hari mulai pukul 15.00-16.30 WIB. Hasil penilaian PKM ini dilaksanakan melalui metode wawancara dan observasi langsung pada saat pelatihan. Fokus penilaian adalah melihat bagaiman penguasaan dan antusiasme para peserta untuk belajar dan penguasaan kosa kata dan pengucapan kata bahasa Inggris. Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan ditemukan bahwa semua peserta pelatihan sangat antusias dengan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan. Para peserta juga telah berhasil untuk menghapalkan 12 lirik lagu yang diberikan dengan pengucapan yang tepat. Berdasarkan hasil pelaksanaan PKM ini disimpulkan bahwa pelatihan kosa kata dan pengucapan bahasa Inggris dengan metode bernyanyi dan menghapal lagu bahasa Inggris sangat sesuai dilaksanakan untuk peserta anak-anak. Disarankan supaya pelatihan serupa dengan materi lagu yang lebih banyak dapat dilakukan untuk melatih penguasaan kosa kata dan pengucapan kata bahasa Inggris yang tepat.References
Al-efeshat, H., & Baniabdelrahman, A. (2020). The EFL Teachers’ and Students’ Attitudes towards the Use of Songs in Learning English. International Online Journal of Education and Teaching, 7(3), 844–858. https://iojet.org/index.php/IOJET/article/view/862
Albaladejo Albaladejo, S., Coyle, Y., & de Larios, J. R. (2018). Songs, stories, and vocabulary acquisition in preschool learners of English as a foreign language. System, 76(1), 116–128. https://doi.org/10.1016/j.system.2018.05.002
Davis, G. M. (2017). Songs in the young learner classroom: A critical review of evidence. ELT Journal, 71(4), 445–455. https://doi.org/10.1093/elt/ccw097
Demirci, C., & Yavaslar, E. (2018). Active learning: Let’s make them a song. Cypriot Journal of Educational Sciences, 13(3), 288–298. https://doi.org/10.18844/cjes.v13i3.3199
Fachraini, S. (2017). Using English Songs to Increase Early Students’ Vocabulary. Getsempena English Education Journal, 4(2), 185–195. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/geej.v4i2
Fridayanti, A., Tahrun, & Mulyadi. (2021). Increasing Kindergarten Students’ Vocabulary and Learning Interest Through English Kids Songs at Palembang Paramount School. Proceedings of the International Conference on Education Universitas PGRI Palembang (INCoEPP 2021), 565, 684–687. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210716.128
Muhamad, N., & Rahmat, N. H. (2020). Investigating Challenges for Learning English Through Songs. European Journal of English Language Teaching, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.46827/ejel.v6i1.3270
Pahlawan, U., Tambusai, T., Pasaribu, A. N., Sembiring, R. A., & Situmeang, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling Analysis Rhetoric Style In The Son g Lyrics Avicii ’ s. 4, 4434–4439.
Pasaribu, A N, Sibarani, A. S., Rangkuti, D. D., & ... (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Lagu Berbahasa Inggris Bagi Anak-Anak Sekolah Di Binjai Timur. Jurnal …, 413–418. https://jurnal.politap.ac.id/index.php/literasi/article/view/288%0Ahttps://jurnal.politap.ac.id/index.php/literasi/article/download/288/170
Pasaribu, Arsen Nahum, Manik, S., Sinambela, E., Pasaribu, T. K., Sihite, J. E., Rony Arahta Sembiring, Febrika Dwi Lestari, & Panggabean, A. J. (2021). Training Teachers To Use Action Research In The Classroom. International Journal Of Community Service, 1(2), 73–76. https://doi.org/10.51601/ijcs.v1i2.24
Passiatore, Y., Pirchio, S., Oliva, C., Panno, A., & Carrus, G. (2019). Self-efficacy and anxiety in learning English as a Foreign language: Singing in class helps speaking performance. Journal of Educational, Cultural and Psychological Studies, 2019(20), 121–138. https://doi.org/10.7358/ecps-2019-020-passi
Saefudin, D. P., Saleh, M., & Warsono, W. (2019). THE The Use of Music Background in Teaching Reading Comprehension for Negative and Positive Students’ Perception. English Education Journal, 9(4). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eej/article/view/30920
Silitonga, D. H., Sinambela, E., & Pasaribu, A. N. (2021). An Analysis of Batu Bara Malay Students ’ Pronunciation in English Consonant Cluster and. Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 4778(2009), 109–119.
Sweeney, R. (2019). Rhythm in Motion: developing English skills through music and creative movement. Creative Arts in Education and Therapy, 5(2), 134–142. https://doi.org/10.15212/caet/2019/5/26
Syafryadin, S., & Boulahnane, S. (2021). Immersing Japanese Students Into English Language Learning?: Songs , Games And Cultures. Cakrawala Pendidikan, 40(3), 554–563. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.37153
Downloads
Published
Versions
- 2023-02-17 (2)
- 2023-02-17 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arsen Nahum Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.