OPTIMALISASI PEMANFAATAN UKS BERBASIS DIGITAL RELIGIOSITY DI SEKOLAH DDI AMMANI KABUPATEN PINRANG

Authors

  • Rusman Paewai Universitas Cokroaminoto Makassar
  • Andi Niartiningsinh Universitas Cokroaminoto Makassar
  • Syahrul Mubarak Abdullah Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

Teknologi Digital Religiosity, UKS, Sosialisasi, FGD, Ammani

Abstract

Sekolah DDI Ammani Kabupaten Pinrang merupakan salah satu sekolah swasta berbasis Islam yang berkomitmen pada pembinaan akhlak dan ilmu pengetahuan. Secara geografis, sekolah ini berdiri di wilayah yang memiliki risiko tinggi terhadap dampak perubahan iklim. Dampak perubahan iklim ini ditandai dengan terjadinya abrasi bahkan banjir dipemukiman warga akibat erosi pantai yang sering terjadi dan meresahkan warga. Kepercayaan masyarakat yang besar terhadap sekolah DDI ini mencerminkan adanya harapan kuat agar sekolah ini mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas, baik dalam aspek akademik, spiritual, maupun pembinaan karakter. Namun, di tengah besarnya harapan tersebut, kondisi sekolah masih menghadapi sejumlah kendala, terutama dari sisi ketersediaan sarana dan prasarana yang belum memadai. Salah satu unit penting yang sangat dibutuhkan tetapi kondisinya belum optimal adalah ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Keberadaan ruang UKS memiliki peranan vital dalam mendukung terciptanya lingkungan belajar yang sehat, aman, dan nyaman bagi seluruh peserta didik.Tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat sekolah terkait pentingnya pengadaan uks untuk menjaga Kesehatan siswa secara menyeluruh dan membentuk perilaku hidup bersih dan sehat (PBHS) dan menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. Dengan mudahnya mengakses teknologi di zaman ini maka tim pengabdi akan memadukan teknologi digital religiosity di uks agar memudahkan siswa siswa mengakses fitur-fitur Kesehatan. Metode awal pelaksanaan PkM ini adalah sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan sosialisasi ini di hadiri oleh kepala sekolah, para guru dan siswa. Banyaknya kelompok masyarakat sekolah yang hadir pada kegiatan sosialisasi ini, mencerminkan antusiasme mereka terhadap kegiatan PkM yang dilakukan. Setelah diadakannya sosialisasi, tim pengabdi melanjutkan tahapan kegiatan PkM dengan melaksanakan kegiatan FGD. Memastikan lokasi Ruangan UKS yang akan di bangun dan direnovasi merupakan hal yang sangat penting dibahas dalam FGD ini. Berdasarkan hasil FGD dapat disimpulkan bahwa kelompok masyarakat sekolah berkomitmen untuk bekerjasama dengan tim pengabdi dalam membangun dan memperbaiki ruang uks disertai dengan penggunaan aplikasi berbasis teknologi digital religiosity. Dengan adanya ruang uks ini diharapkan dapat mewujudkan lingkungan dan kehidupan masyarakat sekolah yang bersih dan sehat.

References

Aminah, S., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JKFT, 6(1), 18. https://doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5214

Djamal, J., Mayulu, C., Djenaan, M., Lakoro, R., Buntuan, L., & Kiatjili, C. (2024). Implementation Of The School Health Business (UKS) Program At Madrasah Aliyah Kiay Modjo Ikhwan. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Pengabmas Nusantara), 6(1), 16–19.

Kemendikbud RI. (2019). Buku Pembinaan dan Pengembangan UKS/M. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, k, 1–9.

Lisu, E. S., Takaeb, A. E. L., & Ndun, H. J. N. (2022). Study on Implementation of School Health Program (UKS). Journal of Health and Behavioral Science, 4(3), 379–394. https://doi.org/10.35508/jhbs.v4i3.5312

Mantali, M. F., Saputro, A., Sri, V., Gobel, U., Afriany, M., Posangi, S., Kangiras, G. M., Amalia, P., & Abjul, D. (2023). Peningkatan Peran Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) Di Madrasah Aliyah Al-Falah Tolutu Kecamatan Tomini Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Increasing The Role Of School Health Clinic ( UKS ) In Madrasah Aliyah Al-Falah Tolutu , Tomini District , South Bola. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia (JOUIPI), 1(3), 53–58.

Nafisah, L., Rizqi, Y. N. K., & Maryati, L. (2024). PROMOTIF : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan manajemen UKS dan pendidikan keterampilan hidup sehat untuk mendukung terwujudnya madrasah sehat Info Artikel Abstrak Salah satu upayanya adalah melalui program Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah ( . 4, 78–94.

Nurohmat, Toruan, S. A. L., & Putri, S. D. (2023). Pendekatan Teknologi Aplikasi Uks Cerdas Untuk Meningkatkan Keterampilan Usaha Kesehatan Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4427–4433.

Paewai, R. (2022). Implementasi Pembelajaran Baca Al-Quran Melalui Metode Al-Barqy. El-Fata: Journal of Sharia Economics and Islamic Education, 1(2), 146–160. https://doi.org/10.61169/el-fata.v1i2.24

Putri, C. A. O., Putera, R. E., & Yoserizal, Y. (2023). Manajemen Program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Oleh Pemerintah Kota Payakumbuh Dalam Mewujudkan Kota Sehat. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.69989/h74tkw87

Sultan, S., Paewai, R., & Damayanti, I. (2023). Merekonstruksi Konsep Dasar Dan Tujuan Pendidikan Islam. El-Fata: Journal of Sharia Economics and Islamic Education, 2(1), 62–76. https://doi.org/10.61169/el-fata.v2i1.61

Umakaapa, M., & Suradji, F. R. (2024). Pengaruh Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Merauke Papua Selatan. Jurnal Diskursus Ilmiah Kesehatan, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.56303/jdik.v2i1.243

Downloads

Published

2025-12-10

How to Cite

Paewai, R., Niartiningsinh, A., & Abdullah, S. M. (2025). OPTIMALISASI PEMANFAATAN UKS BERBASIS DIGITAL RELIGIOSITY DI SEKOLAH DDI AMMANI KABUPATEN PINRANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(6), 5967–5971. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/51075

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.