UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA SISWA KELAS IX.3 SMP NEGERI 42 PALEMBANG

Authors

  • Darlina Darlina SMP Negeri 42 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i2.9419

Keywords:

Matematika, Hasil belajar,Model Pembelajaran Kooperatif tipe Tutor Sebaya

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan (inonvasi). Dengan adanya inovasi tersebut di atas dituntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya siswa kelas IX.3 SMP Negeri 42 Palembang?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya siswa kelas IX.3 SMP Negeri 42 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (classroom action research) sebanyak dua putaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 42 Palembang, dipilihnya sekolah ini sebagai tempat meneliti karena peneliti adalah sebagai guru matematika di SMP tersebut.Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2019. Subjek yang dimaksud tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 SMP Negeri 42 Palembang yang berjumlah 31 siswa.Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 SMP Negeri 42 Palembang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu pra siklus sebesar (35.48%), siklus I sebesar (51.61%) dan siklus II sebesar (90.32%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya berpengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.

References

Arjanggi,R dan Suprihatin,T.2010.Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi Diri. Makara Sosial Humaniora.

Dimiyati dan Mudjiono.2006. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Hamzah.B.Uno.2007.Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, M dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press

Made,Wena. 2009.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana.

Santrock, John W.2009. Perkembangan Anak. Edisi 11. Jakarta. Erlangga

Siregar,Eveline dan Hartini Nara.2010.Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor:Ghalia Indonesia

Slavin, Robert E.2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Slameto.2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:RinekaCipta.

Sudjana.1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Trianto.2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Darlina, D. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA SISWA KELAS IX.3 SMP NEGERI 42 PALEMBANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(2), 157–163. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i2.9419