HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PERILAKU MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN BUNDA KECAMATAN CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Authors

  • Nurul Fadhilah YM Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Ria Novianti Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Hukmi Hukmi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.877

Keywords:

Kecerdasan Emosi, Perilaku Moral

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku moral anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bunda Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singing. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang anak. Metode yang dikunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi kuantitatif untuk melihat hubungan anatara variabel bebas dan terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan program IBM SPSS Statistick Ver. 23. Dari hasil penelitian diketahui tingkat kecerdasan emosi berada dalam kategori cukup dengan nilai persentase 61,83% dan tingkat perilaku moral anak berada pada kategori cukup dengan nilai persentase 63,67%. Berdasarkan hasil iji hipotesis yang diperoleh terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi terhadap perilaku moral anak usia 5-6 taun di TK Harapan Bunda Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singing. Hal ini dapat diketahui dengan nilai koefisien korelasi sebesar rxy = 0,683 dan nilai koefisien determinan yang dihasilkan sebesar KD = r2 x 100% = 46,70% memiliki makna bahwa kecerdasan emosi memberi pengaruh sebesar 46,70% terhadap perilaku moral.

Author Biographies

Nurul Fadhilah YM, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Ria Novianti, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Hukmi Hukmi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

References

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir .2001. Nuansa-nuansa Psikologi Islam. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ahmad Mulyana. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Alfabeta. Bandung.

Agustian, Ary Ginanjar. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spiritual ESQ. Penerbit Arga. Jakarta.

Azwar & Saifuddin. 2013. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Ethi Endah Ayuning Tyas. 2008. Cerdas emosional dengan musik. Arti bumi intaran. Yogyakarta.

Daniel Goleman. 2001. Working With Emotional Intelegence (Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terj. Alex Tri Kantjino Widodo. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Daniel Goleman. 2005. Emotional Intelegence (Mengapa EI lebih penting dari pada IQ). Terj. T. Hermaya. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Daniel Goleman. 2006. Kecerdasan emosional. PT. gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Indi Suhari Yati. 2017. Hubungan anatara kecerdasan emosional dengan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Al-Mujahadah kota pekanbaru. JOM FKIP. 4 (1): 1-12. UR.

Jonathan Sarwono. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS (Edisi Pertama). PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Luluk Asmawati, 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Maulidatul Istiqomah. 2017. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kompetensi Professional Guru TK Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. JOM FKIP. 4(2): 1-12. UR.

Mustaqim. 2004. Psikologi Pendidikan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Notoatmojo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Purwadarminto. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Depdiknas Edisi III Cetakan Kedua. Balai Pustaka. Jakarta.

Riana Mashar. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangan. Kencana. Jakarta.

Ria Novianti. 2012. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Pekanbaru: UR Press

Ria Novianti. 2019. Parent-Team. Yogyakarta: Stiletto Book

Ria Novianti., Ilga Maria. 2020. Pendidikan Keorangtuaan. Yogyakarta: Ellunar Publisher

Riduwan, & Sunarto. 2011. Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi Dan Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Rita Aryanti. 2018. Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Perilaku Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Atfhal Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi. JOM FKIP. 5(2): 1-13. UR.

Rohiat. 2008. Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah. Rafika Aditama 2. Jakarta.

Rose Mini. 2010. Perilaku Anak Usia Dini. Kanisius (Anggota IKAPI). Yogyakarta.

Shapiro, Lawrence E. 2003. Mengajarkan Emotional Intelegence Pada Anak. PT. Pustaka Utama. Jakarta.

Siregar & Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. Kencana. Jakarta.

Sjarkawi. 2008. Membentuk Kepribadian Anak “Peran Moral Intelektual, Emosional Dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Statistic Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suharsimi Arikunto, Dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Sutarjo Adisusilo, 2013. Pembelajran Nilai-Karakter. Rajawali Pers. Jakarta.

Syahidah. 2016. Hubugan Kecerdasan Emosional Dengan Keterampilan Mengelola Kelas Guru PAUD Dikecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir. JOM FKIP. 3(2): 1-11. UR.

Syamsu Yusuf. 2004. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Visvidya Husna Pratiwi. 2016. Analisis perilaku moral anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Insan Utama 2 kecamatan tampan kota pekanbaru. JOM FKIP. 3(2): 1-13. UR.

Wawan dan Dewi. 2010. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Nuha Medika. Yogyakarta.

Wina Sanjaya. 2008. Perencanaan Dan Desain System Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta

Yasin Mustofa. 2007. EQ Untuk Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Islam. Sketsa. Yogyakarta.

Yunika, N., Novianti, R., & N, Z. (2019). Hubungan Konsep Diri dengan Perilaku Moral Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(3), 73-80. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i3.36

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

YM, N. F., Novianti, R., & Hukmi, H. (2020). HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PERILAKU MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN BUNDA KECAMATAN CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 115–124. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.877