PENGARUH PROFIL GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Berkat Persada Lase IKIP Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.3283

Keywords:

Profil Guru, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profil guru terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gunungsitoli dan jumlah siswa kelas XI adalah 25 siswa. Berdasarkan uji validitas variabel (x) diperoleh rhitung (0,752) > rtabel (0,396) hasilnya valid dan variabel (y) mendapat rhitung (0,669) > rtabel (0,396) hasilnya valid, berdasarkan variabel uji reliabilitas (x) diperoleh rhitung (0,785) > rtabel (0,396) dan hasil reliabilitas variabel (y) diperoleh rhitung (0,836 >rtabel (0,396) hasil reliabel, berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, selanjutnya diperoleh hasil 95% diperoleh berdasarkan korelasi data instrumen penelitian maka diperoleh rhitung = 0,831 > rtabel 0,396 dikategorikan tinggi. Hasil uji hipotesis atau uji t diketahui bahwa nilai dk = n-2 (25-2=23) dengan keyakinan taraf 0,05% yaitu thitung (3,304) > ttabel (1,714).

References

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik. Jurnal Pendidikan 21 (1), 51-63. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.746.2020

Imran (2010). Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta : Pustaka Jaya.

Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 2 Padang. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran , 12 (1), 12-25.

Mujtahid (2011). Pengembangan Profesi Guru. Malang : UIN Maliki Press.

Rina Novalinda, Oskah Dakhi, Melda Fajra, Azmil Azman, Mardhiah Masril, Ambiyar,Unung Verawadina (2020). Learning Model Team Assisted Individualization Assisted Module to Improve Social Interaction and Student Learning Achievement. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7974 -7980. DOI: 10.13189/ujer.2020.082585.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Timor, A. R., Ambiyar, A., Dakhi, O., Verawardina, U., & Zagoto, M. M. (2020). Effectiveness of problem-based model learning on learning outcomes and student learning motivation in basic electronic subjects. International journal of multi science, 1(10), 1-8

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Downloads

Published

2021-06-24

How to Cite

Lase, B. P. . (2021). PENGARUH PROFIL GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 242–246. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.3283