KEMAMPUAN GURU PKN DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Authors

  • Berkat Persada Lase IKIP Gunungsitoli

Keywords:

Peran Komite Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah

Abstract

Dalam hal ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran komite sekolah dalam mewujudkan manajemen berbasis sekolah dalam rangka mengenali hambatan guru dalam revolusi mental siswa melalui kegiatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tahun pelajaran di SMP Negeri 6 Gunungsitoli 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rekaman menggunakan alat perekam ponsel (merekam semua percakapan) hasil gambar sebagai bukti nyata, kemudian buku catatan yang berfungsi untuk merekam semua percakapan dengan sumber data. Hasil penelitian menemukan bahwa peran komite sekolah cukup baik. Sebagai bahan pertimbangan, komite sekolah memberikan masukan dalam hal pengelolaan pendidikan sekolah. Komite sekolah juga memberikan pertimbangan kepada sekolah mengenai tenaga kependidikan yang diperbantukan ke sekolah. Dalam meningkatkan kualitas guru, komite sekolah mengarahkan perbandingan guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam melakukan pelatihan. Sebagai lembaga pendukung, panitia telah melakukan upaya peningkatan perlengkapan sarana penunjang sekolah, salah satunya pengadaan gedung laboratorium dan lapangan basket serta pembiayaan bagi guru untuk meningkatkan kompetensi mengikuti workshop dan pelatihan. Sedangkan sebagai badan pengendali, komite sekolah setiap bulan selalu memantau dana anggaran yang digunakan untuk alokasi dana pendidikan dan juga memantau hasil belajar siswa. Namun proses KBM tidak dilakukan oleh panitia karena bukan kewenangan panitia. Sebagai lembaga mediator, komite sekolah masih belum optimal dalam menjalankan perannya. Dikatakan demikian karena belum mampu menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri. Sehingga sumber dana yang diperoleh masih menggunakan bantuan dari orang tua siswa dengan cara penarikan uang komite sekolah atau uang SPP rutin orang tua siswa. Selain itu, sebagian besar masyarakat belum berperan aktif dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Sebagian besar orang tua siswa kurang memahami tugas komite sekolah.

References

Danim, Sudarwan (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Erna (2015). Peran komite sekolah dalam mendukung peningkatan mutu SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015.Jurnal Pendidikan.

Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik. Jurnal Pendidikan 21 (1), 51-63. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.746.2020

Falconer. 2014. The Role Of Active Parent Community School committees In Achieving Strong Relative School Performance In Zambian Community Schools. Southern AfricanReview of Education, 20(2): 59-79.

Hasbullah (2019). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan; Edisi Revisi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Jalal, Supriadi, Dedi. (2013). Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Jakarta: Adicipta Karya Nusa.

Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 2 Padang. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran , 12 (1), 12-25.

Misbah. 2009. Peran dan Fungsi Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. Insania Vol. 14 No. 1 Jan-Apr 200 hal 68-91

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa (2012). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rina Novalinda, Oskah Dakhi, Melda Fajra, Azmil Azman, Mardhiah Masril, Ambiyar,Unung Verawadina (2020). Learning Model Team Assisted Individualization Assisted Module to Improve Social Interaction and Student Learning Achievement. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7974 -7980. DOI: 10.13189/ujer.2020.082585.

Renani, S dkk. (2010). Komite Sekolah: Sejarah dan Prospeknya di Masa Depan. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Timor, A. R., Ambiyar, A., Dakhi, O., Verawardina, U., & Zagoto, M. M. (2020). Effectiveness of problem-based model learning on learning outcomes and student learning motivation in basic electronic subjects. International journal of multi science, 1(10), 1-8

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Downloads

Published

2022-01-05