RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN KLASTERISASI PENGADAAN BUKU PERPUSTAKAAN KABUPATEN SUBANG (SIPERSU) MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30324Keywords:
K-Means, Perpustakaan, Pengadaan, Pengujian, WaterfallAbstract
Perpustakaan adalah salah satu fasilitas lembaga pendidikan yang sangat berperan penting dalam menunjang pembelajaran. Perpustakaan Kabupaten Subang terdapat beberapa permasalahan, yaitu pencatatan transaksi masih menggunakan cara manual dengan mencatat di buku besar kemudian direkap di Microsoft Word dan terdapat permasalahan pada penentuan pengadaan rekomendasi buku. Banyak buku yang kurang diminati oleh pengunjung, sehingga jumlah peminjaman buku di perpustakaan menjadi berkurang dan menurun. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka dirancanglah sistem informasi perpustakaan dan menjadikan upaya proses pengadaan buku, mengklasterisasi buku berdasarkan proses transaksi peminjaman buku dengan memanfaatkan metode Algoritma Clustering K-Means dan kebutuhan minat baca pengunjung. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Metodologi tersebut digunakan karena pembuatan sistem dilakukan secara bertahap dan terstruktur, sistem yang akan dikembangkan tidak terlalu besar dan kebutuhan sistem sudah dipaparkan dengan jelas. Tahap terakhir pada metodologi Waterfall yaitu operasi dan pemeliharaan tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu pengerjaan, berikut tahapan penyelesaian dengan mengadaptasi metodologi Waterfall. Hasil pengujian Black Box menunjukkan nilai keberhasilan 100%, dan untuk penilaian User Acceptance Test (UAT) menunjukkan nilai total sebesar 89% yang berarti sistem sudah cukup layak untuk digunakan.References
A. B. Chaudhuri. (2020). Flowchart and Algorithm Basics The Art of Programming (F. Media (ed.); Revisi Fir). David Pallai.
Adinugroho, S. (2018). Implementasi Data Mining Menggunakan Weka (Pertama). UB Press.
Ali, E. (2019). Buku Ajar Perangkat Lunak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 190.
Anhar. (2018). Panduan Menguasai PHP & MySQL secara Otodidak (Sudarma S (ed.); Pertama). Mediakita.
Heru Sulistiono, S.Kom., M. K. (2018). Coding Mudah dengan CodeIgniter, JQuery, Bootstrap, dan Datatable (Pertama). Elex Media Komputindo. Lima, L., Tavares, A., & Nogueira, S. C. (2020). A framework for verifying deadlock and nondeterminism in UML activity diagrams based on CSP. Science of Computer Programming, 197, 102497. https://doi.org/10.1016/j.scico.2020. 102497
Meisa Bayu Putra, T., Lugis Purwanto, H., & Seby Dwanoko, Y. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Untuk Menunjang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Malang. Seminar Nasional FST, 2, 718–725.
Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (November 2). Informatika Bandung.
Nordeen, A. (2020). Software Testing Learn In 24 Hours.
Prabowo, M. (2020). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi (A. Wimar (ed.); Pertama). LP2M.
Rosa, & Shalahuddin. (2017). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. In Informatika Bandung. Informatika Bandung.
Sommerville, I. (2016). Software engineering (10th edition). In M. Goldstein (Ed.), Pearson Education Limited (Binita Roy). Pearson Education Limited.
Sudirman Anwar. (2019). Manajemen Perppustakaan (S. Kamariah (ed.); pertama). PT Indragiri.
Wahyudi, M. (2022). Data Mining:
Penerapan Algoritma K-Means Clustering dan K-Medoids Clustering (Janner Simarmarta (ed.); Pertama). Yayasan Kita Menulis.
Wiendhyra, T. (2020). Panduan Pembuatan Dan Penggunaan Aplikasi Penilaian Penampilan Dan Perilaku Karyawan Frontliners Menggunakan Metode Profile Matching (N. Hanum (ed.); Pertama). Kreatif Industri Nusantara.
Wijoyo, H. (2021). Sistem Informasi Manajemen (M. F. Akbar (ed.); Pertama). ICM Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohammad Iqbal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.