PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DAN MODEL HYBRID PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PROJECT 1 (STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI D3 SISTEM INFORMASI, POLITEKNIK NEGERI SUBANG)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.29603Keywords:
E-learning, Hybrid Learning, Moodle, Project Based Learning, R&DAbstract
Dalam era global yang terus berubah dan di tengah langkah digitalisasi, institusi pendidikan tinggi seperti Polsub dihadapkan pada kebutuhan akan solusi pembelajaran yang fleksibel dan adaptif, terutama dengan pergeseran menuju pembelajaran daring. Melalui metode pembelajaran hybrid yang menggabungkan e-learning dan pendekatan Project Based Learning (PBL), penelitian bertujuan untuk meningkatkan interaksi aktif mahasiswa, memotivasi pengembangan keterampilan praktis, dan meningkatkan efektivitas pembelajaran secara keseluruhan. Penelitian ini mengikuti model Research & Development (R&D), dari penelitian informasi hingga diseminasi dan implementasi. Hasilnya menunjukkan respons positif dari mahasiswa terhadap model pembelajaran yang diusulkan, dengan mayoritas responden menilai model tersebut sangat kuat atau baik/setuju. Implikasinya, penerapan e-learning berbasis Moodle pada mata kuliah Project 1 di Polsub berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran dan memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan. Penelitian juga menekankan pentingnya metode pengumpulan data yang tepat, seperti angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, dalam memvalidasi efektivitas model pembelajaran. Analisis mendalam dari respons mahasiswa membantu mengevaluasi dan memperbaiki model pembelajaran untuk meningkatkan pengalaman belajar mereka. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan tinggi yang adaptif terhadap perubahan, serta memperkaya pemahaman tentang integrasi e-learning berbasis Moodle dalam konteks pembelajaran hybrid dengan pendekatan PBLReferences
Alfaro, L., Rivera, C., & Luna-Urquizo, J. 2019. Using Project-based Learning in a Hybrid e-Learning System Model. International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), 10(10).
Anggraini, D. P., & Sani, R. A. 2015. Analisis Model Pembelajaran Scientific Inquiry dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 47–54.
Andayani, T., Sitompul, H., & Situmoran, J. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Hybrid Learning dengan Pendekatan Problem Based Learning pada Matakuliah Pengantar Sosiologi. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 12, 506.
Ilie, G., & Ciocoiu, C. N. 2010. Application of Fishbone Diagram to Determine the Risk of an Event with Multiple Causes. Management Research and Practice Journal (Volume 2 Issue 1). Romania: Academy of Economic Studies.
Kataria, D., Sanchez, G., & Govindasamy, S. 2020, May. Fundamentals of Automation Engineering: A hybrid project-based learning approach. The International Journal of Electrical Engineering & Education.
Magnus, D. d. M., Carbonera, L. F. B., Pfitscher, L. L., Farret, F. A., Bernardon, D. P., & Tavares, A. A. 2020. An Educational Laboratory Approach for Hybrid Project-Based Learning of Synchronous Machine Stability and Control: A Case Study. IEEE Transactions on Education, 63(1), 48-55.
Sidik, M. 2019. Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode Research and Development. Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), 4(1), 99–107.
Simbolon, D. H. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Moodle Sebagai Sarana Pendukung Blended Learning Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 60–67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurfitria Khoirunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




