PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PERPUSTAKAAN DIGITAL iPUSNAS DI PERPUSTAKAAN DAN MUSEUM KEBUDAYAAN MANDAILING NATAL

Authors

  • Muhammad Ikhwan Universitas Negeri Padang
  • Elva Rahmah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42555

Keywords:

Persepsi Pemustaka, Aplikasi iPusnas, Teori TAM, Perpustakaan Umum, Mandailing Natal.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan melihat adanya pengembangan aplikasi digital di Perpustakaan yang dapat dipakai oleh setiap pemustaka dimanapun dan kapanpun akan tetapi sebagian orang berpendapat aplikasi ini mudah untuk digunakan namun ada juga yang menyebutkan bahwa aplikasi ini susah untuk digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana persepsi pemustaka terhadap aplikasi iPusnas di Perpustakaan dan Museum Kebudayaan Kab. Mandailing Natal yang diukur dengan menggunakan teori TAM oleh Fred Davis tahun 1986.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deksriptif. Penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu persepsi pemustaka. Populasi penelitian ini berjumlah 190 orang, dan sampel yang digunakan sebesar 65 orang dengan menggunakan tingkat kesalahan 10%. Teknik penganalisisan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, menyederhanakan, mengolah hingga menyajikan data.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa persepsi pemustaka terhadap aplikasi iPusnas di Perpustakaan dan Museum Kebudayaan Mandailing Natal yaitu: Pertama, persepsi kegunaan aplikasi (1) Mempercepat pekerjaan terhitung dengan nilai rata-rata sebesar 3,22, (2) Meningkatkan kinerja dengan nilai rata-rata 3,16, (3) Meningkatkan produktifitas dengan nilai rata-rata 3,01, (4) Efektifitas dengan nilai rata-rata 3,11, (5) Mempermudah pekerjaan dengan nilai rata-rata 3,17 dan (6) Bermanfaat dengan nilai rata-rata sebesar 3,17. Kedua, persepsi kemudahan penggunaan aplikasi iPusnas yaitu (1) Mudah dipelajari memiliki nilai rata-rata sebesar 3,07, (2) Dapat dikontrol dengan nilai rata-rata 3,12, (3) Jelas dan dapat dipahami dengan nilai rata-rata 3,15, (4) Fleksibel 3,20, (5) Mudah untuk menjadi terampil/mahir 3,01 dan (6) Mudah digunakan memiliki nilai rata-rata 3,08.

References

Choirinisa, A. A., & Ikhwan, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Digital Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai. TRANSEKONOMIKA: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan, 491.

Fauzan, F., & Suwanto, S. A. (2018). Analisis pemanfaatan aplikasi iPusnas berbasis android di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), 11-20.

Fahlevi, P., & Dewi, A. O. (2019). Analisis Aplikasi iJateng dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1.

Mailasari, M., & Sikumbang, E. D. (2019). Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal SIKFOKOM, 1.

Prasetiyo, S. M., Gustiawan, R., & Albani, F. R. (2024). Analisis Pertumbuhan Pengguna Internet Di Indonesia. 2(1).

Putri, A. C., & Dewi, A. O. (2020). Analisis Penerimaan Aplikasi ISalatiga untuk Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1.

Sa’diyah, L., & Adli, M. F. (2019). Perpustakaan Di Era Teknologi Informasi. 4(2).

Savira, R. P., Firdaus, J. E., Rochmanila, K., Saputra, R. D., Zukhri, Z., & Budi, C. .. (2021). eduFarm: Aplikasi Petani Milenial untuk Meningkatkan Produktivitas di Bidang Pertanian . Repository UII Yogyakart.

Setyorini, E., & Sos, S. (t.t.). Peran Pustakawan di Era Informasi.

Susanti, S., dkk. (2024). Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Literasi Digital di Kalangan Remaja Lingkungan Jalan Hm. Joni Medan. Jurnal Pendidikan Non formal, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i3.328

Sutanti, A., MZ, M. K., Mustika, & Damayanti, P. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan Keliling Menggunakan Pendekatan Terstruktur. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA).

Tyas, Z. W. (2023). Transformasi Peran Pustakawan Dalam Mengelola Koleksi Digital Di Perpustakaan Kabupaten Bandung: Transformasi Peran Pustakawan. Jurnal Pustaka Budaya, 10(1), 10–20. https://doi.org/10.31849/pb.v10i1.11257

Wulandari, E. R. (2021). Inovasi Layanan Administrasi Perpustakaan dan Layanan Referensi Online di Masa Pandemi Covid-19. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 97.

Downloads

Published

2025-02-11

How to Cite

Ikhwan, M., & Rahmah, E. (2025). PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PERPUSTAKAAN DIGITAL iPUSNAS DI PERPUSTAKAAN DAN MUSEUM KEBUDAYAAN MANDAILING NATAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2444–2458. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42555

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.