PERAN WORD OF MOUTH MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada Produk Lipstik Wardah di Kota Denpasar)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29727Keywords:
Word Of Mouth, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Dewasa ini industri kosmetik dunia mengalami perkembangan yang sangat pesat termasuk di Indonesia, salah satunya yaitu produk lipstik. Lipstik adalah salah satu kosmetik yang sangat populer pada wanita yang berfungsi memberi warna bibir agar terwujud riasan yang segar. Oleh karena itu untuk dapat bersaing di pasar wajib bagi perusahaan memiliki strategi yang dapat meningkatkan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran word of mouth dalam memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel 100 responden dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis inferensial meliputi analisis faktor konfirmatori, analisis jalur, uji sobel, dan uji VAF. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth. Word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Word of mouth secara parsial memediasi kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen lipstik Wardah di kota Denpasar.References
Abdullah, T., & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38-51.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Precesses, 179 – 211.
Alamri, N., Wolok, T., & Kango, U. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah Pada Toko Erby Shop. YUME: Journal of Management, 6(2), 1-11.
Ali, K. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Wedding Organizer (Studi Pada Konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah). Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 1(2), 11–24.
Arthur A. Thompson, M. A. (2016). Crafting and executing strategy: the quest for competitive advantage, concepts and readings. New York: McGraw-Hill Education.
Asri, I. G. A. M., & Putri, D. (2016). Kemampuan Profitabilitas memediasi pengaruh Likuiditas Dan Leverage Terhadap Financial Distress. Jurnal Riset Akuntansi, 2, 1–9.
Darmajaya, I. B. D., & Sukawati, T. G. R. (2018). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 7(12), 6391-6419, https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i12.p01.
Deviyanti, D., Latief, F., & Zaeni, N. (2023). Pengaruh Label halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Kosmetik Wardah Di Citra Kosmetik Sungguminasa. Jurnal Malomo: Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 103-113.
Dewi, N. N. K. A., & Warmika, I. G. K. (2017). Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, Dan Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali AluS. E-Jurnal Manajemen Udayana, 6(10), 5580–5606.
Dewi, W. W. A., Febriani, N., Destrity, N. A., Tamitiadini, D., Illahi, A. K., Syauki, W. R., ... & Prasetyo, B. D. (2022). Teori Perilaku Konsumen. Universitas Brawijaya Press.
Dwipayana, Made Krisna; Mandala, Kastawan (2022). Nowadays Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kewajaran Harga Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(5), 887-906.
Dzian, M., Triznova, M., Kaputa, V., & Supin, M. (2016). The Analysis of WOM in Slovak Republic and Impact of WOM on Consumers’ The analysis of WOM in Slovak Republic and impact of WOM on consumers’ purchasing decision. Procedia Economics and Finance, 26(January), 975–981. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(15)00919-3
Fahmi, F., Dewi, M., & Amilia, S. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahraga Futsal Di Kota Langsa (Studi Kasus pada Produk Sepatu Specs terhadap Mahasiswa di Kota Langsa). JIM: Manajerial Terapan, 1(1),37–42. http://jim.unsam.ac.id/index.php/JMT/article/view/109.
Fakhrudin, A., Yudianto, K., & AD, Y. S. M. (2021). Word of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah. In Forum Ekonomi (Vol. 23, No. 4, pp. 648-657).
Fishbein, M, & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Reading, MA: Addison-Wesley.
Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goodsstas. (2022) 7 Merek Kosmetik Lokal Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2022 https://goodstats.id/article/7-merek-kosmetik-lokal-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-2022-36qU3. Diakses pada 15 Oktober 2023.
Goodsstas. (2022) Berbagai Produk Bibir Favorit Masyarakat Indonesia 2021 https://goodstats.id/article/berbagai-produk-bibir-favorit-masyarakatindonesia-2021-AeZvP. Diakses pada 1 April 2023.
Halim, N.R., & Iskandar, D.A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan Terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 4(3), 415-424.
Haryono, T., & Marniyati, S. (2018). Pengaruh Market Orientation, inovasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersiang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 17(2). https://doi.org/10.20961/jbm.v17i2.17174
Herawati, Prajanti, S. D. W., & Kardoyo. (2019). Predicted Purchasing Decisions from Lifestyle, Product Quality, and Price through Purchase Motivation
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putu Wanda Maha Rani Andika D, Ni Made Wulandari Kusumadewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.