PENGARUH GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK KETINTANG SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29374Keywords:
Pembentukan Karakter, Pembelajaran Daring, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pembentukan karakter dan pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di SMK Ketintang Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan melibatkan 68 siswa sebagai responden. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi kalasi, uji hipotesis, uji regresi linier berganda dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari pembentukan karakter terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, pembelajaran daring juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Secara simultan pembentukan karakter dan pembelajaran daring juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa SMK Ketintang Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter dan pembelajaran daring memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Ketintang Surabaya. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya perhatian yang lebih besar terhadap pembentukan karakter dan penerapan pembelajaran daring dalam kurikulum pendidikan di SMK untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini memberikan pandangan yang berharga bagi pendidik, pemerintah, dan stakeholder pendidikan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan berfokus pada pembentukan karakter serta penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.References
Aras, A. (2021). Revitalisasi Kultur Sekolah dalam Pembangunan Karakter Peserta Didik. AL MA'ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 3(1), 26-34.
Budiani, B. B. (2020). Pengaruh Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Persamaan Dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2).
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.
Dewa, E., Mukin, M. U. J., & Pandango, O. (2020). Pengaruh pembelajaran daring berbantuan laboratorium virtual terhadap minat dan hasil belajar kognitif fisika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 351-359.
Dewi, F. (2023). Pembentukkan Kepribadian Muslim Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 2(1), 51-61.
Endawan, A. D., & Yati, D. D. (2021). Analisis Komunikasi Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Daring (E-Learning). JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(10), 1407-1420.
Farida, A. (2023). Pilar-pilar Pembangunan Karakter Remaja: Metode Pembelajaran Aplikatif untuk Guru Sekolah Menengah. Nuansa Cendekia.
Ibrohim, M. F. (2023). Meningkatkan Karakter Dan Kepribadian Anak Di Sekolah Dasar Melalui Pembelalajaran Digital Sebagai Solusi Di Era Society 5.0. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(4), 376-386.
Imron, H. A. (2017). Peran Sampling dan Distribusi Data dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif.
Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. 8(1), 91-104.
Laswadi, L. (2021). Pendidikan Karakter Jujur dalam Pembelajaran Matematika Jarak Jauh di SMPN 26 Kerinci: Tantangan dan Solusinya. Journal on Education, 3(4), 538-552.
Mandailina, V., Syaharuddin, S., Pramita, D., Ibrahim, I., & Haifaturrahmah, H. (2021). Pembelajaran daring dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik selama pandemi COVID-19: Sebuah meta-analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 120-129.
Mardiana, E. L. L. Y. S., & Sholeh, M. (2020). Pengaruh Iklim Sekolah dan Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Shafta Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(2).
Muhibi, A. R., & Arifin, C. W. (2023). Menciptakan Sekolah Berkarakter Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 70-78.
Nugraha, B. (2022). Pengembangan uji statistik: Implementasi metode regresi linier berganda dengan pertimbangan uji asumsi klasik. Pradina Pustaka.
Paksi, H. P., & Ariyanti, L. (2020). Sekolah dalam jaringan. Scopindo Media Pustaka.
Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). Meningkatkan kualitas pendidikan melalui kebijakan manajemen berbasis sekolah dan tantangannya. Jurnal manajemen pendidikan, 7(2), 800-807.
Perajaka, M. A., & Ngamal, Y. (2021). Pentingnya Manajemen Risiko dalam dunia Pendidikan (Sekolah) Selama dan Pasca Covid-19. Jurnal Manajemen Risiko, 2(1), 35-50.
Pratomo, C., & Gumantan, A. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Olahraga Pada Masa Pandemi Covid-19 SMK SMTI Bandarlampung. Journal Of Physical Education, 2(1), 26-31.
Putri, A. N., Melani, A. R., & Nabila, S. R. (2023). Peran Managemen Agar Meningkatkan Pendidikan Bermutu di Era Digital. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 149-161.
Rita, H. (2022). Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 pada Materi Percaya Diri dengan Model Problem Based-Learning di SMK Negeri 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 233-245.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.
Saputra, A. M. A., Tawil, M. R., Hartutik, H., Nazmi, R., La Abute, E., Husnita, L., ... & Haluti, F. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sepita, S. F., & Suryanti, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Education Chemistry, 2(2), 102-102.
Sitorus, M., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 828-835.
Sobri, M. (2020). Kontribusi kemandirian dan kedisiplinan terhadap hasil belajar. Guepedia.
Subroto, D. E., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473-480.
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.
Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Santo Gitakarma, M. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. KOMTEKS, 1(1).
Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi peran pengawasan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online di masa pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48.
Zheng, M., Bender, D., & Lyon, C. (2021). Online learning during COVID-19 produced equivalent or better student course performance as compared with pre-pandemic: empirical evidence from a school-wide comparative study. BMC medical education, 21, 1-11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adinda Mega Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.