IMPLEMENTASI MODEL GIVE THE INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fathul Jannah Universitas Lambung Mangkurat
  • Reja Fahlevi Universitas Lambung Mangkurat
  • Mariatul Jannah Universitas Lambung Mangkurat
  • Yogi Prihandoko Universitas Lambung Mangkurat
  • Raihanah Sari Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27679

Keywords:

Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar, Give The Instruction

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang dilakukan masih konvensional, siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang termotivasi dan berakibat pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis PTK. Data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas siswa dan angket motivasi belajar. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa pada pertemuan setiap pertemuan selalu mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase capaian aktivitas siswa yang awalnya pada pertemuan I memperoleh 42,85% terus mengalami peningkatan hingga pada pertemuan IV mampu mencapai 85,71%. Motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan di setiap pertemuannya, hal ini dapat dilihat dari persentasi capaian pertemuan I memperoleh 42,85% terus mengalami peningkatan hingga pada pertemuan IV mencapai 85,71%. Demikian pula dengan hasil belajar siswa, yang awalnya ketuntasan klasikal hasil hanya memperoleh 28,57% berhasil mencapai 100% di pertemuan IV. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Give The Instruction dapat meningkatkan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa. Model ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa.

References

Amberansyah & Marhamah. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PKN Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Means-Ends Analysis (MEA) Dan Word Banjarmasin. Banjarmasin: Prosiding Seminar Nasional PS2DMP Vol.3 No.1.

Amberansyah & Norlisnani, S. (2018). Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran PKN Pada Materi Keputusan Bersama Melalui Model Student Achievement Division (STAD) Dikombinasikan Dengan Numbered Head Together (NHT) Dengan Scramble Pada Kelas VB SDN Pelambuan 7 Banjarmasin Barat. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan Vol.4 No.1 , 31.

Arlinda, R., Noorhapizah, & Agusta, A. R. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Muatan PPKN Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), Dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Banjarmasin: Porsiding Seminar Nasional PS2DMP ULM Vol.5 No.1.

Arikunto, S. d. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aslamiah, & Pratiwi, D. A. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Keputusan Bersama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Variasi Dengan Model Snowball Throwing Dan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin . Jurnal Paradigma Vol.8 No.1 , 15.

Azahra, N., & Jannah, F. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Hasil Belajar Muatan PPKn Kelas IV A Menggunakan Model Pesat Di SDN Manarap Lama 1. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(4), 299-315.

Darmiyati, & Hasanah, R. N. (2017). Penerapan Model Explicit Instruction Dikombinasikan dengan Model Probling Prompting dan Media Realita Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Vidya Karya Vol.3 No.2 , 139.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif : Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Jannah, F., & Fahlevi, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Dikombinasikan Dengan Group Investigation Dalam Hasil Belajar Siswa Pada Materi Organisasi Pemerintahan Pusat Di Kelas IV SDN 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM Vol. 5 No. 1 (p. 73). Hulu Sungai Tengah: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Kasdiyanti, Annisa, Mahmud Alpusari, Eva Astuti Mulyani, and Neni Hermita. "Hubungan Motivasi Ekstrinsik Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Se-Gugus I Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru." Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 3, no. 1 (2019): 1-5.

Lombu, P. H. J., Zega, N. A., Gulo, H., & Telaumbanua, D. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK PADA RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER SMA NEGERI 2 ONOHAZUMBA. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4109-411

Mujahaddah & Dkk. (2021). Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Menggunakan Model Demonstration, Model Numbered Head Together Dan Permainan Tradisional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini Vol.1 No.1 , 1.

Mutia, D. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah Vol.1, No. 1, 332-333.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2013). Srategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Susanto, A. (2014). Teori Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Grup.

Suyatno. (2009). Menjelalah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.

Sadirman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas .

Titu, M. A., Resi, B. B. F., Liwun, R. S., Wulogini, M. A. L., & Koten, M. E. S. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PASAR KELAS X SMA PGRI LARANTUKA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4093-4101.

Uno, H. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-05-18

How to Cite

Jannah, F. ., Fahlevi, R. ., Jannah, M., Prihandoko, Y. ., & Sari, R. . (2024). IMPLEMENTASI MODEL GIVE THE INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5977–5983. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27679