MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL REKA CERITA GAMBAR DI KELAS V SD NEGERI 2 TIAKUR

Authors

  • Dovila Johansz Universitas Pattimura
  • Marthen K Porsiana Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27215

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Model Reka Cerita Gambar, Sekolah Dasar.

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model reka cerita gambar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya. Penelitian ini menggunakan Tipe Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru dengan tujuan memperbaiki mutu praktek pembelajaran di kelasnya sendiri melalui refleksi diri, sehingga tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru, dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, dan hasil belajar siswa menigkat. Hasil tes pada siklus II menunjukan bahwa, jumlah siswa yang memiliki nilai di atas 65 sebanyak 12 orang siswa. Dengan demikian 12 orang siswa yang dijadikan subjek penelitian mencapai standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran reka cerita gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara bagi siswa kelas V SD Negeri 2 Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya.

References

Arbaidah. 2021. Penggunaan Media Puzzle untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa Tema Praja Muda Karana Kelas III UPT. SD Negeri 20 Baringin. Ensiklopedia of Journal.Vol 3, No 4, Edisi Juli 2021.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran. Bandung: Ombak.

Fitriah, Mahmudah & Ramlan A. Gani. 2010. Disiplin Berbahasa Indonesia. Jakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Hidayatullah.

Harianto, Erwin. 2020. Metode Bertukar Gagasan dalam pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Didatika, Vol19,No 4, November 2020.

Larosa, Ayu Saradina dan Rossi Iskandar. 2021. Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vo 5, No Tahun 2021.

Mardhani, Aida Neiswarei. 2014. Keefektifan Metode Twostay Twostray Untuk Meningkatkan keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Siswa III Negri 6 Yogyakarta. Skripsi Bahasa Dan Seni Universitas Negri Yogyakarta.

Martaulina, Sinta Diana. 2011. Bahasa Indonesia Terapan. Yogyakarta: Deepublish.

Nafi’ah, Siti Anisatun. 2014. Model-Model Pdembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rozak, Abd. 2010. Komplasi Undang-Undang dan Peraturan Bidang Pendidikan. Jakarta: FITK PRESS UIN syarif Hidayatullah.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pernada media.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Johansz, D. ., & Porsiana, M. K. . (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL REKA CERITA GAMBAR DI KELAS V SD NEGERI 2 TIAKUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4608–4617. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27215