KERJASAMA GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK NILAI RELIGIUS PADA ANAK (IMPLEMENTASI KEDUDUKAN TEORI DAN ANALISA FILSAFAT PADA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Nur Alifiyah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Rumsanah Rumsanah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Encep Syarifudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Fauzi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22286

Keywords:

Kerjasama Orang tua dan Guru, Membentuk Nilai Religius, Teori dan Analisa Filsafat.

Abstract

Di era saat ini pendidikan bukan hanya untuk mengembangkan intelektual tetapi pendidikan juga sebagai salah satu pengembangan akhlak mulia serta bernilai religius, dalam masyarakat maju pengembangan kepribadian manusia bukan hanya terjadi di dalam lembaga pendidikan saja, tetapi dalam keluarga maupun masyarakat. Keberhasilan dalam membentuk  anak memiliki nilai religius adalah hal terpenting yang harus dipertimbangkan oleh orang tua sebagai pendidik anak di rumah dan guru sebagai pendidik di sekolah.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk kerjasama yang dilakukan antara orang tua dengan guru, dan hambatan-hambatan dalam kerjasama antara orang tua dengan guru serta upaya yang dilakukan sekolah dalam mengatasi hambatan kerjsama membentuk nilai religius pada anak melalui impementasi kedudukan teori dan analisa filsafat pada manajemen pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan metode studi atau kajian pustaka. Dengan metode ini dilakukan pengkajian mengenai konsep dan teori yang digunakan berdasarkan literatur yang tersedia. Hasil studi pustaka menyimpulkan (1) Bentuk kerjasama orangtua dengan guru dalam membentuk nilai religius pada anak dapat dilakukan dengan cara melakukan Parenting education, Komunikasi, Volunteer, Keterlibatan orang tua di rumah. (2) Hambatan kerjasama orangtua dengan guru dalam membentuk nilai religius pada anak terjadi karena beberapa hal yaitu : Waktu; Pandangan orang tua tentang guru; Rasa percaya diri orang tua masih rendah; Masih terbatasnya kemampuan dan pemahaman guru dan orang tua tentang kerjasama. (3) Upaya Sekolah dalam mengatasi hambatan kerjasama antara orangtua dengan guru dalam membentukan nilai religius pada anak (Implementasi kedudukan teori dan analisa filsafat pada manajemen pendidikan Islam) berlandaskan pada aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi dapat dilakukan dengan analisa teori filsafat yaitu: Memberikan pemahaman kepada guru dan orang tua terkait kerjasama antara guru dan orang tua; Mengikutsertakan orang tua dalam perencanaan program; Metode yang tepat dan sesuai untuk berkomunikasi dengan orang tua.

References

Diana, Nur ilfi dan Heryanto Susilo. “Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelompok Bermain Mambaul Ulum”. J+Plus UNESA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, Vol 9, No 2 (2020): 87-93.

Epstein, J.L. “Building Bridges of Home, School, and Community: The Importance of Design”. Journal of Education for Student Placed at Risk: Vol 6, No 1 (2001). 161-168.

Grant, K. B. 2013. Home School and Community Collaboration. Los Angels: Sage Publication.

Maliki, Ilham Budi. 2023. Filsafat Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Nanat Fatah, dkk. “Mutu Pendidikan: Kerjasama Guru dan Orang Tua”. Jurnal Mudarrisun, Vol. 8 no 2 (2018).

Rianawati. 2017. Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Akhlak. Kalimantan Barat: TOP Indonesia Pontianak.

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, cet I.

Sugiyono, P.D. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suriansyah. 2014. Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Rajawali Pers.

Suryasubroto, B. 2006. Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat: Buku Pegangan. Yogyakarta: FIP UNY.

Taliwo, Oni, Shirley Y.V.I Goni, dan Jhon D. Zakarias. “Hubungan Kerjasama antara Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri Satu Atap 1 desa Buo kecamatan Loloda kabupaten Halmahera Barat-Maluku Utara”. Vol 12, No 4 (2019).

Trimuliana, Ifina, Nurbiana Dhien, dan Hapidin. “Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun pada Paud Model Karakter”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 2 (2019). 570-577.

Undang-undang RI no 20 tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Yamin, Martininis dan Maisah. 2012. Orientasi Baru Ilmu Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Alifiyah, N. ., Rumsanah, R., Syarifudin, E. ., & Fauzi, A. . (2023). KERJASAMA GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK NILAI RELIGIUS PADA ANAK (IMPLEMENTASI KEDUDUKAN TEORI DAN ANALISA FILSAFAT PADA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2893–2899. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22286