PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENDIDIKAN: TINJAUAN LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22138Keywords:
Model Pembelajaran; Pembelajaran berbasis Proyek; PendidikanAbstract
Artikel ini merupakan tinjauan literatur tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam konteks pendidikan. Model ini menawarkan pendekatan yang aktif, berpusat pada siswa, dan berfokus pada pembelajaran melalui pengalaman praktis dan proyek-proyek nyata. Dalam artikel ini, kami menjelaskan konsep dasar dari model pembelajaran berbasis proyek, mengidentifikasi manfaat utama yang diperoleh oleh siswa dalam bentuk pengembangan keterampilan praktis, pemahaman konsep yang mendalam, dan motivasi belajar yang tinggi. Namun, penerapan model ini juga menimbulkan berbagai tantangan, termasuk persiapan materi dan kurikulum yang relevan, manajemen waktu yang efisien, serta penilaian yang komprehensif. Tantangan-tantangan ini dapat diatasi melalui perencanaan yang cermat, pelatihan pendidik, dan strategi penilaian yang jelas. Dalam kesimpulan, penerapan model pembelajaran berbasis proyek memiliki potensi besar untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan mempersiapkan mereka untuk tantangan dunia nyata. Dengan pemahaman yang mendalam tentang konsep dasar, manfaat, dan strategi mengatasi tantangan, pendidik dapat merancang pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan bagi siswa mereka. Model pembelajaran berbasis proyek adalah alat yang kuat untuk membantu siswa mencapai potensi penuh mereka dalam pendidikan.References
Adinugraha, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1).
Fauziningrum, E., Sari, M. N., Rahmani, S. F., Riztya, R., Syafruni, S., & Purba, P. M. (2023). Strategies Used By English Teachers In Teaching Vocabulary. Journal On Education, 6(1), 674-679.
Ilmudinulloh, R. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital.
Jusita, M. L. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips, 4(2), 90-95.
Munawaroh, A., & Christijanti, W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pencernaan Smp. Journal Of Biology Education, 2(1).
Na’imah, N. J., Supartono, S., & Wardani, S. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2).
Ningsih, P. E. A., & Sari, M. N. (2021). Are Learning Media Effective In English Online Learning?: The Students' And Teachers' Perceptions. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 173-183.
Nuryadi, N., & Rahmawati, P. (2018). Persepsi Siswa Tentang Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau Dari Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53-62.
Patmanthara, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Tekno, 26(2).
Rahmawati, Y., & Haryani, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2).
Rusmiyanto, R., Huriati, N., Fitriani, N., Tyas, N. K., Rofi’i, A., & Sari, M. N. (2023). The Role Of Artificial Intelligence (Ai) In Developing English Language Learner's Communication Skills. Journal On Education, 6(1), 750-757.
Sari, L. I., Satrijono, H., & Sihono, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Va Sdn Ajung 03. Jurnal Edukasi, 2(1), 11-14.
Sari, M. N. (2021). Shaping Young Learners’character Through Teacher Questioning In English Classroom Activities. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 14-19.
Sari, M. N. (2022). Teachers’ Perceptions On Students’ Learning Styles On Learning English At Sma Negeri 10 Kerinci. Jurnal Pendidikan, Keguruan, Dan Pengajaran, 1(1), 32-43.
Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2022). An Analysis Of Students’motivation And Anxiety On Learning English At Sma Negeri 6 Kerinci. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(3), 181-188.
Sari, M. N., Ningsih, P. E. A., & Novita, A. (2023). An Analysis Of English Classroom Interaction Pattern At Eleventh Grade Of Smkn 4 Kerinci Based On El Hanafi Theory. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 105-115.
Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pbp) Dan Penerapannya Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. Deepublish.
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247-254.
Wulantari, N. P., Rachman, A., Sari, M. N., Uktolseja, L. J., & Rofi'i, A. (2023). The Role Of Gamification In English Language Teaching: A Literature Review. Journal On Education, 6(1), 2847-2856.
Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17-25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ilham Kamaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.