PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Debora Caronika Agustria Rajagukguk Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Christa Voni Roulina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Lois Oinike Tambunan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21140

Keywords:

Model Pembelajar, Auditoy Intellectually Repetition, Hasil Belajar

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pematang Siantar tahun ajaran 2023/2024. Pengaruh positif itu ditunjukkan melalui persamaan regresi Y= 0,649 + 0,564X dimana nilai b adalah 0,564. Pengaruh tersebut melalui uji-t, yaitu thitung > ttabel (8,759 > 2,048) atau (sig.) < 0,05 (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan SPLDV. Sumbangan varians variabel X (model pembelajaran auditory intellectually repetition) terhadap variabel Y (hasil belajar matematika) sebesar 73,3%.

References

Andra, T.S.T.P. (2022) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Anak Hebat Indonesia

Aprila, A. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Sd Islam Al-Amanah Cinunuk Kabupaten Bandung . Doctoral Dissertation, Fkip Unpas.

Ashar, A. F., & Waldi, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Dengan Model Kooperatif Tipe Auditory, Intellectually, Repetition Di Kelas V Sd. Urnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), Vol 5, 116-122.

Badan Standar Nasional (Bsnp), (2006). Model Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Biantoro, R. N. (2022). Pengaruh Tingkat Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Era New Normal. Doctoral Dissertation, Stkip Pgri Pacitan.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 9(2), 321-334.

Hadi Kusmanto, I. M. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas Vii Semester Genap Smp Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. Eduma Vol.3 No.2 Desember 2014, 62.

Hayyun, M., & Duri, B. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar (Sd). Jurnal Ilmiah Pgsd, Iii.

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (Air) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, Vol 7 No 1, 252-259.

Huda, Miftahul. (2015). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juwita Refani, D. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Ragam Aplikasi Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Struktur Hewan. Diss. Uin Ar-Raniry.

Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Kemendikbud. 2019 Hasil Pisa Indonesia 2018. Jakarta

Manullang, M. T., Silaban, P., & Sitepu, A. (2020). Pengaruh Model Auditory, Intellectualy, Repetition Terhadap Hasil Belajar Di Kelas Iv Sd. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(2), 469-474.

Martina Fitriana, Dkk Dan Ismah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2 No. 1.

Maria Luthfiana, R. W. (2019). 2. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Ketuntasan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri Selangit Setelah Diterapkan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air). Metode Penelitian, Merupakan Pen. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, Vol 2 No 1.

Mulia, E., Zakir, S., Rinjani, C., & Annisa, S. (2021). Kajian Konseptual Hasil Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 137-156.

Nanang. (2022). Metode Pembelajaran Di Era 4.0. Padang: Pt Global Eksekutif Teknologi.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 265-276.

Pramudya, R., Wirevenska, I., & Sitepu, D. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Dan Relasi Dengan Mnggunakan Alat Peraga Di Kelas X Smk Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika, 2, 1-12.

Pujiastutik, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectualy, Repetition) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Belajar Pembelajaran. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, And Learning, Vol. 13, 515-518.

Purnamasari, Y. I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Prestasi Balajar Matematika Pada Materi Aljabar Kelas Vii Smp Muhammadiyah 3 Jetis. Jurnal. Universitas Uhammadiyah Ponorogo.

Riadi, Muchlisin. (2020). Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectually, Repetition). Diakses Pada 8/8/2022, Dari Https://Www.Kajianpustaka.Com/2020/10/Modelpembelajaran-Air.Html

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (The Impacts Of Students’ Learning Interest And Motivation On Their Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79-92.

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siti Khadijah, R. Ati Sukmawati. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition Dalam Pengajaran Matematika Di Kelas Vii Mts. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1, 68-75.

Sogianor Sogianor, S. S. (2022). Model Pembelajaran Pai Di Sekolah Sebelum, Saat, Dan Sesudah Pandemi. Educational Journal: General And Specific Research, Vol 2. No 1, 113-124.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, M. M. (2019). Perbedaan Persepsi Guru Sekolah Dasar Berdasarkan Lama Mengajar Tentang Kurikulum 2013. Elementary, 12–21.

Susanto, A. (2016). Konsep, Strategi, Dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wijaya, A. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ppkn Melalui Pembelajaran Model Auditory Intellectually Repetition (Air) Dengan Media Powerpoint Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, Vol 1.

Wijaya, T. U. U., Destiniar, D., & Mulbasari, A. S. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Yanti, I. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas Vii Mts Swasta Al-Hikmah Marihat Bandar Tahun Pelajaran 2017/2018. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Rajagukguk, D. C. A. ., Sinaga, C. V. R. ., & Tambunan, L. O. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PEMATANG SIANTAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1567–1582. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21140