TRANSFORMASI NILAI-NILAI KEISLAMAN MAHASISWA: MENEROPONG EKSISTENSI MAHAD AL-JAMI’AH DALAM PENDIDIKAN IBADAH

Authors

  • Ahmad Riduan IAIN Palangka Raya
  • Saiful Lutfi IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21035

Keywords:

Transformasi Nilai, Nilai-Nilai Keislaman, Pendidikan Ibadah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk peranan kegiatan Bimbingan Amaliah dan Praktik Ibadah dalam pengembangan nilai-nilai keislaman pada mahasiswa. Artikel ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman nilai-nilai keislaman pada mahasiswa, maka perlu digali bagaimana kegiatan Bimbingan Amaliah dan Praktek Ibadah dapat mencegah kurangnya pemahaman nilai keislaman tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research). Data diperoleh dari literatur jurnal ilmiah, buku dan wawancara terhadap beberapa mahasiswa Pendidikan Agama Islam yang bermuqim di Mah’ad Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara Snowbal Sampling. Hasil penelitian ditemukan bahwa peranan kegiatan Bimbingan Amaliah dan Praktek Ibadah dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai keislaman pada mahasiswa terutama dalam nilai-nilai Islam dalam keseharian dan pengetahuan.  Kegiatan ini dianggap mampu memberikan pemahaman nilai-nilai keagamaan dengan pengenalan do’a-do’a hari dan wirid.

References

Abdul Jalil, M. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Al-Fikrah, 10(1), 1-15. https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i1.49

Al-Azwi, N. M., & Rohmah, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Spiritual terhadap Kedisiplinan Siswa di Lingkungan Sekolah. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 189–201. https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.32

Anwar, K., Surawan, S., & Saefulloh, A. (2023). Internalization of Islamic Moderation Values to Counter Radicalism and Terrorism. International Journal of Arts and Social Science, 6(10). https://www.ijassjournal.com/2023/V6I10/4146663647

Fuadudin, F., & Basri, C. H. (2002). Dinamika Pemikiran Islam Di Perguruan Tinggi, Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Hadiawati, L. (2018). Pembinaan Keagamaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa Melaksanakan Ibadah Shalat (Penelitian Di kelas X dan XI SMK Plus Qurrota `Ayun Kecamatan Samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut Hadiawati 2(1); 18-25. DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v2i1.13

Muslimah, H., Hartati, Z., Surawan, S., & Irawan, R. (2021, December). Metode Pembinaan Ibadah Mualaf dalam Perspektif Epistemologi. In Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS) (Vol. 1, No. 1). https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PICIS/article/view/620

Hakim, D. (2016). MONOTHEISME RADIKAL: Telaah atas Pemikiran Nurcholish Madjid. Jurnal Theologia, 25(2), 81-102. doi:https://doi.org/10.21580/teo.2014.25.2.383

Hasan, A. P. (2006). Psikologi Perkembangan Islam, Jakarta: Rajawali Pers.

Hasballah, J. (2008). Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Kurikulum. Tesis. Banda Aceh: PPs IAIN Ar-Raniry

Idris, M. (2013). Hubungan Antara Gaya Hidup Modern dan Prinsip Individualisme Terhadap Perilaku Belajar Fisika SMA Negeri 17 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1(2), 93-106. https://doi.org/10.24252/jpf.v1i2.1100

Jempa, N. (2017). Nilai-Nilai Agama Islam. Pedagogik, 4(2). DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v4i2.564

Madjid, N. (1997). Masyarakat Religius, Jakarta: Paramadina.

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Konsep Diri : Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice, and Research, 3(02), 65–69. Retrieved from https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/567

Mazrur, M., Surawan, S., & Malisi, M. (2023). Moral Education in Early Childhood: The Existence of TPA Darul Amin in Urban Communities. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2791-2800. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4492

Muhajir Ansori, R. A. (2017). STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PESERTA DIDIK. JURNAL PUSAKA, 4(2), 14–32. https://doi.org/10.35897/ps.v4i2.84

Munir, M. (2015). Nilai-Nilai Islam Dalam Bahan Ajar Tematik Makananku Sehat Dan Bergizi: Suatu Konsep Integratif Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah." Madrasah, 7(2). doi:10.18860/jt.v7i2.3326.

Nashuddin, N. (2020). Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Merevitalisasi Pemahaman Moderasi pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 9(1), 33–52. https://doi.org/10.20414/schemata.v9i1.2159

Norvia, L., Surawan, S., & Safitri, E. (2023). Pendampingan Remaja Suka Mulya dalam Meningkatkan Self Control di Era Digital. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i2.6773

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics And Engineering Applications 5(2). https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427

Nuwa, G. (2020). KEMEROSOTAN MORAL SISWA PADA MASA PANDEMIC COVID-19 : MENEROPONG EKSISTENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1-17. doi:https://doi.org/10.30863/attadib.v1i2.945

Putri, N., Jasmienti, J., Alimir, A., & Fauzan, F. (2022). Pembinaan Keagamaan Masyarakat Melalui Kegiatan MajelisTaklim di Kenagarian Salimpat Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 786–798. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3002

Ristianah, N. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Perspektif Sosial Kemasyarakatan. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1-13. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Darajat/article/view/437

Santi, K. (2021, June 6). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Akibat dari Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Dusun Batukol Kabupaten Barito Selatan. https://doi.org/10.31219/osf.io/f8k7b

Septiana, I. (2023). USHUL FIQIH DIALECTICS ON CHILDFREE IN INDONESIAN SOCIETY. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 22(02), 179-203. https://doi.org/10.21274/dinamika.2022.22.02.179-203

Sidiqe, U. M. D. (2006). Syariah Ibadah Pengalaman Rukun Islam dalam Al-Quran dan as-Sunnah. Jakarta: Al-Ghuraba.

Slamet Arofik. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Berbasis Pesantren Perspektif Sosial Kemasyarakatan. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 86-98. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Darajat/article/view/582

Surawan, S. (2019). Pola Internalisasi Nilai Keislaman Keluarga Muhammadiyah Dan Islam Abangan. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(2), 35–43. https://doi.org/10.33084/jhm.v6i2.1265

Surawan, S., & Sobari, R. T. Improving students' Spiritual Intelligence Through Compulsory Dormitory Program. DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v7i1.15527

Surawan, S., & Norvia, L. (2022). KONTRIBUSI PEMBINAAN AKHLAK DALAM MENANAMKAN SELF-CONTROL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 102–116. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.461

Surawan, S., Syahmidi, M. Redha Anshari, & Saiful Luthfi. (2023). PEMBINAAN KEAGAMAAN BAGI MAHASISWA MELALUI PPI (PRAKTIK PENGAMALAN IBADAH) DI IAIN PALANGKA RAYA. Jurnal Paris Langkis, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.37304/paris.v4i1.10944

Susilawati, S. (2009). Pembelajaran Moral Dan Pemahaman Nilai (Pendekatan Developmental – Kognitif Terhadap Pendidikan Moral)." Madrasah, doi:10.18860/jt.v1i2.1839.

Syahmidi, S., Surawan, S., Anshari, M. R., & Yusuf, M. (2023). PEMBINAAN REMAJA DALAM MELESTARIKAN KESENIAN HABSYI SEBAGAI MEDIA DAKWAH. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas 9(1). DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.12017

Tunru, M. I. (2018). Aktualisasi Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’ 3(2). DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v3i2.553

Yasyakur, M. (2017). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SHOLAT LIMA WAKTU. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 35. doi:http://dx.doi.org/10.30868/ei.v5i09.86

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Riduan, A. ., & Lutfi, S. . (2023). TRANSFORMASI NILAI-NILAI KEISLAMAN MAHASISWA: MENEROPONG EKSISTENSI MAHAD AL-JAMI’AH DALAM PENDIDIKAN IBADAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2621–2628. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21035

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.