TRANSFORMASI NILAI-NILAI KEISLAMAN MAHASISWA: MENEROPONG EKSISTENSI MAHAD AL-JAMI’AH DALAM PENDIDIKAN IBADAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21035Keywords:
Transformasi Nilai, Nilai-Nilai Keislaman, Pendidikan IbadahAbstract
Artikel ini bertujuan untuk peranan kegiatan Bimbingan Amaliah dan Praktik Ibadah dalam pengembangan nilai-nilai keislaman pada mahasiswa. Artikel ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman nilai-nilai keislaman pada mahasiswa, maka perlu digali bagaimana kegiatan Bimbingan Amaliah dan Praktek Ibadah dapat mencegah kurangnya pemahaman nilai keislaman tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research). Data diperoleh dari literatur jurnal ilmiah, buku dan wawancara terhadap beberapa mahasiswa Pendidikan Agama Islam yang bermuqim di Mah’ad Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara Snowbal Sampling. Hasil penelitian ditemukan bahwa peranan kegiatan Bimbingan Amaliah dan Praktek Ibadah dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai keislaman pada mahasiswa terutama dalam nilai-nilai Islam dalam keseharian dan pengetahuan. Kegiatan ini dianggap mampu memberikan pemahaman nilai-nilai keagamaan dengan pengenalan do’a-do’a hari dan wirid.References
Abdul Jalil, M. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Al-Fikrah, 10(1), 1-15. https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i1.49
Al-Azwi, N. M., & Rohmah, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Spiritual terhadap Kedisiplinan Siswa di Lingkungan Sekolah. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 189–201. https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.32
Anwar, K., Surawan, S., & Saefulloh, A. (2023). Internalization of Islamic Moderation Values to Counter Radicalism and Terrorism. International Journal of Arts and Social Science, 6(10). https://www.ijassjournal.com/2023/V6I10/4146663647
Fuadudin, F., & Basri, C. H. (2002). Dinamika Pemikiran Islam Di Perguruan Tinggi, Jakarta: Logos Wacana Ilmu
Hadiawati, L. (2018). Pembinaan Keagamaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa Melaksanakan Ibadah Shalat (Penelitian Di kelas X dan XI SMK Plus Qurrota `Ayun Kecamatan Samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut Hadiawati 2(1); 18-25. DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v2i1.13
Muslimah, H., Hartati, Z., Surawan, S., & Irawan, R. (2021, December). Metode Pembinaan Ibadah Mualaf dalam Perspektif Epistemologi. In Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS) (Vol. 1, No. 1). https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PICIS/article/view/620
Hakim, D. (2016). MONOTHEISME RADIKAL: Telaah atas Pemikiran Nurcholish Madjid. Jurnal Theologia, 25(2), 81-102. doi:https://doi.org/10.21580/teo.2014.25.2.383
Hasan, A. P. (2006). Psikologi Perkembangan Islam, Jakarta: Rajawali Pers.
Hasballah, J. (2008). Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Kurikulum. Tesis. Banda Aceh: PPs IAIN Ar-Raniry
Idris, M. (2013). Hubungan Antara Gaya Hidup Modern dan Prinsip Individualisme Terhadap Perilaku Belajar Fisika SMA Negeri 17 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1(2), 93-106. https://doi.org/10.24252/jpf.v1i2.1100
Jempa, N. (2017). Nilai-Nilai Agama Islam. Pedagogik, 4(2). DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v4i2.564
Madjid, N. (1997). Masyarakat Religius, Jakarta: Paramadina.
Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Konsep Diri : Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice, and Research, 3(02), 65–69. Retrieved from https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/567
Mazrur, M., Surawan, S., & Malisi, M. (2023). Moral Education in Early Childhood: The Existence of TPA Darul Amin in Urban Communities. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2791-2800. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4492
Muhajir Ansori, R. A. (2017). STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PESERTA DIDIK. JURNAL PUSAKA, 4(2), 14–32. https://doi.org/10.35897/ps.v4i2.84
Munir, M. (2015). Nilai-Nilai Islam Dalam Bahan Ajar Tematik Makananku Sehat Dan Bergizi: Suatu Konsep Integratif Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah." Madrasah, 7(2). doi:10.18860/jt.v7i2.3326.
Nashuddin, N. (2020). Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Merevitalisasi Pemahaman Moderasi pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 9(1), 33–52. https://doi.org/10.20414/schemata.v9i1.2159
Norvia, L., Surawan, S., & Safitri, E. (2023). Pendampingan Remaja Suka Mulya dalam Meningkatkan Self Control di Era Digital. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i2.6773
Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics And Engineering Applications 5(2). https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427
Nuwa, G. (2020). KEMEROSOTAN MORAL SISWA PADA MASA PANDEMIC COVID-19 : MENEROPONG EKSISTENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1-17. doi:https://doi.org/10.30863/attadib.v1i2.945
Putri, N., Jasmienti, J., Alimir, A., & Fauzan, F. (2022). Pembinaan Keagamaan Masyarakat Melalui Kegiatan MajelisTaklim di Kenagarian Salimpat Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 786–798. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3002
Ristianah, N. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Perspektif Sosial Kemasyarakatan. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1-13. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Darajat/article/view/437
Santi, K. (2021, June 6). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Akibat dari Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Dusun Batukol Kabupaten Barito Selatan. https://doi.org/10.31219/osf.io/f8k7b
Septiana, I. (2023). USHUL FIQIH DIALECTICS ON CHILDFREE IN INDONESIAN SOCIETY. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 22(02), 179-203. https://doi.org/10.21274/dinamika.2022.22.02.179-203
Sidiqe, U. M. D. (2006). Syariah Ibadah Pengalaman Rukun Islam dalam Al-Quran dan as-Sunnah. Jakarta: Al-Ghuraba.
Slamet Arofik. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Berbasis Pesantren Perspektif Sosial Kemasyarakatan. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 86-98. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Darajat/article/view/582
Surawan, S. (2019). Pola Internalisasi Nilai Keislaman Keluarga Muhammadiyah Dan Islam Abangan. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(2), 35–43. https://doi.org/10.33084/jhm.v6i2.1265
Surawan, S., & Sobari, R. T. Improving students' Spiritual Intelligence Through Compulsory Dormitory Program. DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v7i1.15527
Surawan, S., & Norvia, L. (2022). KONTRIBUSI PEMBINAAN AKHLAK DALAM MENANAMKAN SELF-CONTROL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 102–116. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.461
Surawan, S., Syahmidi, M. Redha Anshari, & Saiful Luthfi. (2023). PEMBINAAN KEAGAMAAN BAGI MAHASISWA MELALUI PPI (PRAKTIK PENGAMALAN IBADAH) DI IAIN PALANGKA RAYA. Jurnal Paris Langkis, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.37304/paris.v4i1.10944
Susilawati, S. (2009). Pembelajaran Moral Dan Pemahaman Nilai (Pendekatan Developmental – Kognitif Terhadap Pendidikan Moral)." Madrasah, doi:10.18860/jt.v1i2.1839.
Syahmidi, S., Surawan, S., Anshari, M. R., & Yusuf, M. (2023). PEMBINAAN REMAJA DALAM MELESTARIKAN KESENIAN HABSYI SEBAGAI MEDIA DAKWAH. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas 9(1). DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.12017
Tunru, M. I. (2018). Aktualisasi Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’ 3(2). DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v3i2.553
Yasyakur, M. (2017). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SHOLAT LIMA WAKTU. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 35. doi:http://dx.doi.org/10.30868/ei.v5i09.86
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Saiful Lutfi, Ahmad Riduan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




