PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE GASING MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN KELAS 5

Authors

  • Vanni Kanal Universitas Negeri Manado
  • Juliana Margareta Sumilat Universitas Negeri Manado
  • Deysti Trifena Tarusu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20615

Keywords:

Problem Based Learning, Metode Gasing.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan dan evaluasi perangkat pembelajaran yang mengadopsi pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan memanfaatkan metode Gasing dalam mengajar materi perkalian dan pembagian pecahan pada siswa kelas 5. Proses pengembangan perangkat pembelajaran melibatkan analisis kebutuhan, perancangan alat, pengembangan materi, hingga validasi oleh para ahli. Setelah itu, perangkat pembelajaran diujicobakan dalam konteks pembelajaran kelas untuk mengukur tingkat efektivitasnya. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran yang dirancang berhasil memperbaiki pemahaman siswa terhadap materi perkalian dan pembagian pecahan serta pemanfaatan metode Gasing berkontribusi dalam memfasilitasi siswa untuk memvisualisasikan serta memahami aspek-aspek konseptual dalam matematika dengan lebih mendalam. Penelitian ini menegaskan keefektifan penerapan pendekatan PBL dengan metode Gasing dalam memperdalam pemahaman siswa terhadap materi perkalian dan pembagian pecahan. Oleh karena itu, rekomendasi diberikan untuk mengintegrasikan pendekatan ini dalam konteks pembelajaran di kelas 5, dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan matematika.

References

Shanty, N.O., &Wijaya s. (2012) Rectangular Array Model Supporting Students Spatial Structuring in Learning Multiplication. Jurnal on Mathemathics Education (IndoMS-JME), 3(2), 174-186

Sintong Djampang, Muhammad Ilyas. 2019. Efektivitas Model Problem Based Learning.

Firmansyah, Dani. 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/arti cle/view/119

Ria Prastiwi, Bagus Ardi Saputro.2022. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pecahan Kelas 5 SD.

Dinkes Sulteng.2023 https://dinkes.sultengprov.go.id/4-tahapan-perkembangan-kognitif-si-kecil-dalam-teori-piaget/

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Kanal, V. ., Sumilat, J. M. ., & Tarusu, D. T. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE GASING MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN KELAS 5. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 964–969. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20615