PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAMES ULAR TANGGA DI KELAS 3 SD

Authors

  • Debora Tampi Universitas Negeri Manado
  • Juliana Margareta Sumilat Universitas Negeri Manado
  • Deysti Trifena Tarusu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20612

Keywords:

Media Pembelajaran, Games, Ular Tangga

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis games ular tangga dengan metode 3D pada siswa kelas 3 SD. Media pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika serta meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Langkah-langkah dalam model pengembangan 3D terdiri dari define, design, dan develop. Subjek penelitian terdiri dari 17 siswa kelas 3 SD yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan games ular tangga berbasis 3D mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Dalam media pembelajaran 3D memberikan pengalaman belajar yang lebih realistis bagi siswa, sehingga membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik. Oleh karena itu, disarankan agar guru-guru matematika di tingkat SD menggunakan media pembelajaran berbasis games ular tangga berbasis 3D untuk meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman konsep matematika siswa.

References

Nisa, R.& Faroh, N. (2021). Analisis Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Mahasiswa Universitas Qomaruddin Ditinjau Dari TPACK. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i1.2692

Pratama, R. A., & Waskitoningtyas, R. S. (2020). Game Android “Menalar” Berbasis Adobe Animation CC. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 617–630. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3027

Pratiwi, A. P., & Bernard, M. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Materi Satuan Panjang dalam Pembelajaran Menggunakan Media Scratch. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 891–898. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.891-898

Ratnamutia, S. A., Pujiastuti, H., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2),189–199. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4785

Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPPM: Jurnal Penelitian Dan PembelajaranMatematika,10(1),132–141. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1293

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan-Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2018)..

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Tampi, D. ., Sumilat, J. M. ., & Tarusu, D. T. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAMES ULAR TANGGA DI KELAS 3 SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 950–953. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20612